25 May 2018

Menurunkan Berat Badan dengan Juicing

Menurunkan Berat Badan dengan Juicing

Halodoc, Jakarta – Salah satu cara untuk menurunkan berat badan adalah mengonsumsi jus atau diet dengan jus. Selain mudah didapatkan, diet dengan mengonsumsi jus setiap hari dirasa bisa menurunkan berat badan dengan lebih cepat sekaligus membersihkan tubuh dari racun-racun yang ada dalam tubuh kita.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diingat dalam proses diet dengan mengonsumsi jus. Kamu tetap harus memperhatikan asupan nutrisi dan gizi yang diterima oleh tubuh. Jika kamu mengonsumsi jus buah atau sayuran saja, tubuh kamu bisa merasa lemas karena kekurangan nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh, apalagi jika kamu memiliki aktivitas yang cukup padat.

Buah dan sayuran memang sangat baik untuk dikonsumsi karena kaya akan vitamin dan juga mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, jika sepanjang hari kamu hanya mengonsumsi jus buah atau sayuran, tubuh kamu akan kekurangan nutrisi lain seperti protein atau lemak yang dibutuhkan oleh tubuh kamu. Sehingga, sangat dibutuhkan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat atau nutrisi lainnya. Lakukan kombinasi diet sehat dengan gizi yang seimbang untuk kesehatan tubuh kamu.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Akan Mengonsumsi Jus Buah

Jus buah dan sayuran nyatanya juga memiliki banyak kandungan antioksidan yang diperlukan oleh tubuh, sehingga dapat menangkal radikal bebas. Selain itu, saat mengonsumsi jus buah kamu juga bisa menghemat waktu karena tidak perlu memotong atau mengupas buah. Selain itu, dengan mengonsumsi jus buah kamu juga merasakan kesegaran pada tubuh kamu.

Kamu perlu memperhatikan beberapa hal saat akan membuat jus buah yang kamu gunakan untuk menjalani proses menurunkan berat badan.

1. Perhatikan Penambahan Gula atau Susu

Terkadang saat membuat jus, penambahan gula atau susu dilakukan cukup banyak dengan tujuan menambah cita rasa dan kesegaran buah. Jus buah yang dikonsumsi tidak menggunakan gula atau susu sebenarnya lebih baik untuk membantu kamu menurunkan berat badan. Sebaiknya jika kamu mau menambahkan gula atau susu, usahakan jangan terlalu banyak.

2. Perhatikan Komposisi

Jika kamu membeli jus buah dalam kemasan, sebaiknya perhatikan komposisi yang tertera pada kemasan. Jangan sampai jus buah yang kamu konsumsi malah akan menimbulkan penyakit untuk kamu karena komposisi yang terkandung pada jus buah kemasan tersebut. Pastikan kamu harus menghabiskan jus buah kemasan yang telah kamu konsumsi agar kesegaran dan nutrisinya tetap terjaga.

3. Hindari Mengupas Buah dengan Kulit Tipis

Jika kamu ingin mengonsumsi jus buah dengan jenis buah yang memiliki kulit tipis, sebaiknya jangan dikupas kulitnya untuk memastikan nutrisi dalam buah bisa kamu dapatkan dengan optimal. Namun, pastikan bahwa kamu telah mencuci buahnya sampai bersih.

4. Perhatikan Kesegaran Buah dan Sayuran

Perhatikan kesegaran buah dan sayuran yang kamu gunakan sebagai bahan utama untuk membuat jus. Jangan jadikan buah yang sudah terlihat layu atau busuk sebagai bahan utama jus buah atau sayuran kamu. Sebaiknya pilih buah atau sayuran organik agar terhindar dari bahan-bahan kimia seperti pestisida, sehingga aman untuk dikonsumsi.

(Baca juga: Langsing dengan Diet Flexitarian)

Nah, jika kamu memiliki pertanyaan seputar masalah berat badan, kamu bisa tanya dokter melalui aplikasi Halodoc. Dengan fitur Contact Doctor kamu bisa langsung tanya dokter melalui Video Call, Voice Call atau Chat kapan pun dan di mana pun. Yuk, langsung download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play.