12 April 2018

Meski Ada Faktor Gen, Risiko Penyakit Jantung Bisa Diturunkan

Meski Ada Faktor Gen, Risiko Penyakit Jantung Bisa Diturunkan

Halodoc, Jakarta – Penyakit jantung adalah salah satu jenis penyakit yang bisa diturunkan. Artinya, risiko penyakit ini cukup mengintai bagi seseorang dengan ayah atau ibu yang memiliki riwayat penyakit jantung.  

Jika salah satu anggota keluarga memiliki penyakit jantung, kamu harus lebih meningkatkan kewaspadaan. Namun bukan berarti hal ini sama sekali tidak bisa dicegah. Meski kamu memiliki faktor gen, ada tips yang bisa diterapkan untuk menurunkan risiko penyakit jantung, lho.

(Baca juga: Gaya Hidup Enggak Sehat, Waspada Penyakit Jantung Turunan)

Meski tergolong penyakit yang bisa ditularkan dari genetik, sebenarnya penyakit jantung juga bisa menyerang seseorang yang tak memiliki riwayat sakit. Salah satunya adalah menyerang orang yang memiliki gaya hidup yang tidak sehat, makan sembarangan dan tidak pernah berolahraga.

Sebaliknya, dengan menjaga gaya hidup tetap sehat ternyata bisa menurunkan risiko penyakit jantung menyerang. Sekalipun kamu memiliki garis keturunan dan faktor risiko pemicu sakit jantung. Sebuah penelitian menemukan penurunan risiko penyakit jantung hingga 46 persen pada seseorang yang memiliki faktor gen penyakit jantung.

Kuncinya adalah dengan mengubah pola makan, menjalankan gaya hidup sehat dan rutin berolahraga. Menerapkan pola hidup sehat juga berguna untuk memperlambat perkembangannya jika kamu sudah terlanjut memiliki penyakit jantung. Upaya yang bisa dilakukan untuk menekan risiko serangan jantunng adalah dengan berhenti merokok, menjaga berat badan sehat, makan makanan sehat dan tetap aktif.

Selain itu, ada beberapa tips sederhana yang juga bisa diterapkan untuk menjaga kesehatan jantung. Apa saja?

  1. Berjalan Kaki

Pernahkah kamu merasa terlalu malas untuk sekadar pergi ke supermarket yang ada di dekat rumah? Alih-alih berjalan kaki, kamu memutuskan untuk menggunakan kendaraan bermotor untuk sampai di tempat yang tidak terlalu jauh.

Padahal dengan membiasakan hal itu kamu sudah kehilangan kesempatan untuk jadi leih sehat, lho. Berjalan kaki adalah satu cara yang bisa diterpkan untuk membantu meningkatkan pernapasan dan detak jantung. Nah kalau tempat yang mau dituju tidak terlalu jauh, tak ada salahnya untuk berjalan kaki, bukan?

  1. Makanan Sehat

Membiasakan untuk mengonsumsi makanan sehat juga bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Jenis makanan yang disarankan adalah sayur dan buah-buahan. Selain kaya akan nutrisi, mengonsumsi sayur dan buah yang bervariasi bisa membantu menjaga kesehatan jantung.

  1. Kurangi Gula Tambahan

Pria disarankan untuk membatasi asupan gula tambahan hanya sekitar 36 gram dalam satu hari. sementara pada wanita, asupan gula tambahan yang aman untuk dikonsumsi dalam satu hari adalah sekitar 25 gram.

Nyatanya jumlah gula tambahan yang dikonsumsi sangat berkontribusi terhadap bergabagi penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes dan obesitas. Maka semakin sedikit asupan gula yang masuk ke dalam tubuh, semakin menurun risiko penyakit menyerang.

  1. Cukup Tidur

Memiliki tidur yang cukup dan berkualitas adalah hal yang penting dalam menjaga kesehatan jantung. Sering begadang disebut berkaitan dengan naiknya tekanan darah, semantara saat tidur tekanan darah cenderung menurun. Artinya semakin sering begadang, tekanan darah menjadi lebih tinggi dan dalam jangka panjang bisa menyebabkan penyakit jantung.

Pastikan juga untuk selalu berolahraga agar tubuh tetap bugar. Jaga pula kesehatan dengan rutin mengonsumsi vitamin tambahan. Semakin mudah belanja vitamin dan produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Ayo, download sekarang di App Store dan Google Play!