• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Minum Air Putih Sebelum Makan Bisa Turunkan Berat Badan?

Minum Air Putih Sebelum Makan Bisa Turunkan Berat Badan?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Minumlah segelas air 30 menit sebelum makan dapat membantu memaksimalkan pencernaan dalam menyerap nutrisi. Selama ini kita sudah sering mendengar, mengonsumsi delapan gelas air per hari sangat penting untuk tubuh. 

Namun, ternyata tidak hanya berhenti disitu, ada juga waktu optimal mengonsumsi air putih yang direkomendasikan. Informasi lebih lengkap mengenai manfaat minum air putih sebelum makan bisa dibaca di bawah ini!

Efektif Menurunkan Berat Badan?

Minum lebih banyak air putih akan membantu menurunkan berat badan. Ini dikarenakan air membantu meningkatkan metabolisme, membersihkan tubuh dari limbah, dan bertindak sebagai penekan nafsu makan. 

Selain itu, minum lebih banyak air dapat membantu tubuh berhenti menahan air, sehingga membantu menurunkan berat badan ekstra. Terlepas dari itu, minum air di waktu-waktu tertentu justru akan lebih mengoptimalkan manfaat air. Kapan sajakah?

  1. Sebelum Makan

Oleh karena air adalah penekan nafsu makan, meminumnya sebelum makan dapat membuat kamu merasa lebih kenyang, sehingga mengurangi jumlah makanan yang dimakan. Dilansir dari WebMD, disebutkan kalau minum air sebelum makan dapat menurunkan rata-rata 75 kalori. 

  1. Minum Setiap saat

Mengganti soda dan jus dan ganti dengan konsumsi air dapat membantu kamu menurunkan berat badan. Jika kamu merasa air putih terasa membosankan, tambahkan seiris lemon. Segelas air dengan lemon adalah opsi resep untuk menurunkan berat badan karena pektin dalam lemon membantu mengurangi keinginan untuk makan. 

  1. Minum Air Dingin

Minum air dingin dapat membantu meningkatkan metabolisme karena tubuh harus bekerja lebih keras untuk menghangatkan air, sehingga membakar lebih banyak kalori dan membantu menurunkan berat badan. Plus, air dingin jauh lebih menyegarkan daripada air yang bersuhu ruangan. 

  1. Saat Olahraga

Minum air putih saat olahraga akan membantu mencegah kram otot dan membuat sendi terlumas. Kombinasi olahraga dan hidrasi adalah upaya terbaik untuk melakukan penurunan berat badan. Dengan berolahraga, kamu secara tidak langsung menjaga perputaran sirkulasi air di tubuhmu dengan baik.

  1. Pastikan Cukup Minum Air

Jika kamu benar-benar ingin mengonsumsi air dapat benar-benar membantu menurunkan berat badan, kamu harus mengikuti aturan "8x8" yang direkomendasikan oleh sebagian besar ahli gizi. Minumlah delapan gelas air per hari untuk menurunkan dan mempertahankan berat badan ideal. 

Kamu juga diharuskan untuk minum lebih banyak air jika banyak berolahraga atau berkeringat banyak, atau mengonsumsi minuman berperasa. Jumlah air yang kamu butuhkan sebenarnya tergantung pada ukuran, berat, dan tingkat aktivitasmu. 

Bagaimana kamu tahu kalau asupan minummu sudah cukup? Aturan umumnya adalah memeriksa warna urine, jika urine jernih itu artinya hidrasimu baik. Semakin gelap warna urine, maka semakin banyak air yang perlu kamu minum, terutama jika penurunan berat badan adalah tujuanmu.

Butuh informasi lebih lengkap mengenai konsumsi air putih dan kaitannya dengan penurunan berat badan, bisa ditanyakan langsung di HalodocDokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu.  Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat kapan dan di mana saja. 

Selain aturan konsumsi air putih, tentu saja kalau mau memangkas berat badan, kamu perlu memotong jumlah kalori yang kamu konsumsi. Kemudian, tak lupa juga mengonsumsi serat yang efektif mengurangi lingkar pinggangmu menjadi lebih kecil. 

Referensi:
Gaiam. Diakses pada 2020. HOW DRINKING MORE WATER CAN HELP YOU LOSE WEIGHT.
HEALTHXCHANGE.SG. Diakses pada 2020. ​​Drinking Water at the Right Time.
Healthline. Diakses pada 2020. The 30 Best Ways to Get a Flat Stomach.