03 May 2018

Minuman yang Sebaiknya Dihindari Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Minuman yang Sebaiknya Dihindari Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Halodoc, Jakarta – Apa yang kamu konsumsi ketika sahur dan berbuka puasa akan memengaruhi ketahanan kamu saat berpuasa. Tidak semua yang kamu konsumsi dianjurkan saat menjalani puasa. Beberapa diantaranya justru malah bisa membuat kamu tambah haus dan bikin lemas, lho.

Supaya puasa tetap lancar dan tidak mengganggu kesehatan, berikut adalah minuman yang sebaiknya dihindari saat sahur dan berbuka puasa.

  1. Minuman Bersoda

Minuman bersoda dingin memang menyegarkan di tenggorokan. Sensasi soda yang membasuh tenggorokan terasa melegakan sesaat. Tapi jangan sampai tertipu, perasaan segar dan dahaga terlepas tersebut hanya datang sekejap saja. Justru minuman bersoda malah bikin kamu tambah haus. Selain itu, minum minuman bersoda saat perut masih kosong dapat meningkatkan asam lambung jadinya bikin perut kembung.

  1. Kopi

Kopi termasuk minuman yang sebaiknya dihindari saat sahur dan berbuka puasa. Pasalnya, kandungan kafein pada kopi dapat membuat lambung terasa nyeri karena perut dalam keadaan kosong. Pun, kopi hitam justru malah menambah lapar. Meski begitu, bukan berarti kopi adalah pantangan selamanya saat menjalani puasa, hanya saja lihat-lihat waktunya. Misalnya nih ketika sahur, sebaiknya kopi diminum sebagai penutup yang diakhiri dengan air putih.

Kopi paling pantang diminum saat berbuka puasa. Sebaiknya minum kopi setelah perut terisi dan berikan jeda yang cukup panjang. Misalnya sekira pukul delapan malam, saat santai selepas tarawih. Usahakan jangan meminum kopi hitam, cappuccino ataupun kopi jahe.

  1. Air Lemon

Kalau kamu minum air lemon saat berbuka puasa, namanya cari masalah. Kandungan asam pada air lemon bakal bikin perut kamu perih karena kamu belum makan apapun. Memang akan berasa segar, apalagi kalau dicampur gula. Tapi sebenarnya kamu punya beberapa pilihan minuman lain untuk mendapatkan sensasi kesegaran, seperti air mentimun yang bikin perut kamu lebih nyaman dan dingin ketimbang air lemon. (Baca juga: 6 Alasan Harus Sering Makan Buah Bit)

  1. Air Dingin

Ternyata walaupun namanya sama-sama air putih, tetapi kalau diminum dalam kondisi dingin saat berbuka puasa tidak baik untuk kesehatan. Penjelasannya karena kondisi dingin dapat membuat perut terkejut dan kembung. Memang yang paling baik untuk diminum saat berbuka puasa adalah teh manis hangat. Minuman hangat lebih cepat beradaptasi dengan kondisi perut yang masih kosong. Kalau setelah perut terisi kamu minum air dingin tidak masalah, hanya saja jangan dilakukan ketika perut belum terisi dengan makanan berat.

Kalau kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai dampak air dingin pada perut kosong terutama saat sedang menjalani puasa, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

  1. Susu

Susu memang baik untuk kesehatan dan pencernaan namun tidak selamanya minum susu aman dilakoni, apalagi kalau kamu minum susu sebagai minuman saat berbuka puasa. Dalam kondisi perut kosong seharian baru kemudian minum susu malah akan bikin kamu mual dan bukan tak mungkin menyebabkan muntah parah.

Minuman yang paling pas untuk berbuka adalah minuman tanpa rasa atau kalau mau sekalinya berasa yang paling direkomendasikan adalah teh manis hangat. Kamu tetap bisa minum susu kok saat puasa, tapi diminum saat sahur ataupun sebelum tidur. Minum susu saat sahur akan memberikan energi untukmu menjalani puasa seharian. Sedangkan minum susu sebelum tidur bakal bikin tidur lebih nyenyak.