15 February 2018

Mood Swing di Kantor Bikin Semangat Kerja Turun? Ini 6 Cara Atasinya

Mood Swing di Kantor Bikin Semangat Kerja Turun? Ini 6 Cara Atasinya

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu merasakan mood swing yang membuat suasana hati jadi enggak karuan? Hal ini memang sering dialami banyak orang. Namun, masalahnya mood swing terkadang datang di waktu dan tempat yang enggak tepat. Misalnya saja saat kamu harus beraktivitas menyelesaikan deadline pekerjaan. Mood swing bisa buat kamu enggak fokus kerja sulit fokus pada pekerjaan.

Nah, kalau enggak diatasi dengan baik, kondisi ini juga bisa merusak hubungan kamu dengan rekan kerja, lho. Supaya hal itu enggak terjadi, yuk lakukan beberapa cara untuk atasi mood swing ini:

  1. Peregangan atau Olahraga Ringan

Aktivitas fisik ringan bisa menjadi cara untuk meningkatkan mood kamu di kantor. Beberapa peregangan yang bisa kamu lakukan seperti pada bagian leher, kaki, atau tangan. Misalnya dengan meluruskan kaki dalam garis lurus selama beberapa detik, lalu diikuti dengan peregangan lengan. Hal ini bisa membantu meringankan ketegangan dalam tubuh kamu. Selain itu, peregangan juga bisa memberikan energi baru untuk bekerja, lho.

Menurut ahli dari University of Vermont seperti dilansir The Huffington Post, berolahraga hanya 20 menit bisa membuat suasana hati lebih baik selama 12 jam. Alasannya, olahraga mampu meningkatkan hormon endorfin yang dikenal dengan hormon kebahagian. Selain peregangan, kamu juga bisa mencoba gerakan yoga yang bisa meningkatkan mood dengan cepat

  1. Camilan Sehat

Nyamil di sini bukan sembarang camilan. Sebab menurut Nutritional Neuroscience makanan yang kamu konsumsi amat berkaitan dengan suasana hatimu sendiri. Oleh sebab itu, kamu sebaiknya mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan mood, seperti cokelat. Meneurut penelitian, beberapa potong cokelat, khususnya dark chocolate, bisa menurunkan tingkat kecemasan seseorang. Untuk wanita, cokelat bisa meredakan efek remenstural syndrome (PMS) yang kadang bikin senewen.

Selain cokelat, ada juga es krim yang bisa membuat mood membaik. Kok bisa? Pasalnya, es krim mengandung banyak asam amino tryptophan yang dapat menenangkan otak sehingga bisa mengurangi stres. Selain kedua makanan itu, ada juga salmon yang mengandung lemak tak jenuh yang mampu meningkatkan hormon endorfin dalam tubuhmu.

  1. Mendengarkan musik

Jika kamu memiliki lagu-lagu favorit di ponsel atau laptop kerja, kamu sudah memiliki suatu cara untuk mengatasi mood swing yang sedang berlangsung. Menurut penelitian yang dimuat dalam Nature Neuroscience, mendengarkan musik yang kamu sukai bisa merangsang tubuh untuk mengeluarkan hormon dopamin.

  1. Berjalan keluar dan tenangkan diri

Mungkin saja mood swing di kantor yang bikin semangat kerja turun karena kamu sedang merasa bosan. Jadi enggak ada salahnya pergi keluar kantor untuk menenangkan diri. Ambillah waktu selama beberapa menit untuk meningkatkan mood kamu. Pilih tempat favorit di kantor, seperti kantin, halaman, atau tempat lainnya. Tarik napas secara perlahan sambil memejamkan mata selama beberapa detik.

  1. Relaksasi

Efek relaksasi sudah diakui keistimewaannya oleh banyak ahli untuk menenangkan hati. Kamu bisa mencoba latihan pernapasan yang menjadi salah satu bentuk relaksasi. Cara ini akan meningkatkan aliran oksigen untuk masuk ke dalam sistem tubuh yang bisa membawa segudang manfaat, termasuk menenangkan suasana hati.

  1. Tertawa

Boleh dibilang, inilah cara termudah untuk menghilangkan mood swing di kantor yang bikin semangat kerja turun. Percaya atau enggak, ternyata cara ini bisa mengurangi hormon kortisol (hormon stres) di dalam tubuh kamu. Menariknya lagi, tertawa akan menggantikan hormon kortisol dengan hormon endorfin yang akan membuat kamu makin bahagia.

 

Yuk, cari tahu lebih lanjut mengenai mood swing langsung pada ahlinya melalui aplikasi Halodoc. Kamu juga bisa membicarakan masalah kesehatan mental pada dokter Halodoc melalui Video/Voice Call dan Chat. Halodoc juga memudahkan kamu untuk mendapatkan produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan. Tinggal order melalui aplikasi dan pesanan akan diantar dalam satu jam. Ingin melakukan tes kesehatan? Halodoc kini memiliki fitur Lab Service yang memudahkan kamu melakukan berbagai macam tes kesehatan. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.