07 March 2018

Mudah Lelah saat di Bawah Sinar Matahari, Mengapa?

Mudah Lelah saat di Bawah Sinar Matahari, Mengapa?

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu merasa sangat lelah saat beraktivitas di luar ruangan? Padahal, pekerjaan yang dilakukan mungkin tidak terlalu berat, kamu pun sudah memiliki istirahat yang cukup dan sarapan makanan sehat. Lantas apa yang salah?

Terlalu lama berada di bawah sinar matahari nyatanya memang dapat membuat tubuh merasa super lelah. Alasannya sederhana, pada saat cuaca panas tubuh akan bekerja lebih keras untuk dapat mempertahankan suhu tubuh. Rasa lelah yang muncul merupakan respon dari tubuh yang telah “dipaksa” bekerja keras mempertahankan suhu badan tetap sejuk.

Selain alasan itu, mudah merasa lelah meski baru sebentar berada di bawah terik ternyata bisa terjadi karena hal lain, lho. Apa saja?

  1. Perubahan Suhu Tubuh

Saat berada di bawah sinar matahari, suhu tubuh akan mengalami perubahan yaitu menjadi lebih hangat atau panas. Dan pada saat yang bersamaan, tubuh akan berusaha untuk menjaga suhu tetap stabil. Kondisi ini membutuhkan banyak energi dan kemudian memicu tubuh jadi mudah merasa lelah dan mengantuk.

Rasa lelah nyatanya tak hanya terjadi saat kamu melakukan banyak aktivitas di bawah sinar matahari. Pasalnya, duduk diam saja pun bisa membuat tubuh menjadi lebih lelah jika dilakukan di titik yang cukup panas, karena pancaran sinar matahari.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa memilih kapan waktu untuk melakukan aktivitas di bawah sinar matahari. Sebaiknya hindari beraktivitas tinggi di luar ruangan setelah pukul 10.00 WIB sampai 15.00 WIB, karena keadaan matahari pada jam tersebut lebih panas dan dapat memengaruhi tubuh.

  1. Aliran Darah Terganggu

Saat berada di bawah sinar matahari, tubuh akan mengalami vasodilatasi. Yaitu satu respon tubuh dengan cara melebarkan pembuluh darah untuk menjaga suhu tubuh. Tentu hal ini akan memengaruhi aliran darah sehingga memicu terjadinya gangguan.

Salah satu yang mungkin terjadi adalah pembuluh darah kesulitan mengisi biliki jantung, sehingga asupan darah untuk sirkulasi menjadi terganggu. Salah satu organ yang bisa terpengaruh adalah otak. Saat otak tidak mendapat aliran darah yang cukup, tubuh akan menjadi lebih cepat lemas dan lelah. Bahkan pada tingkat yang lebih lanjut bisa menyebabkan kehilangan kesadaran (pingsan).

  1. Dehidrasi

Dehidrasi alias kekurangan cairan dalam tubuh bisa memicu tubuh menjadi lebih cepat lelah. Karena tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air, maka kurang asupan ini tentunya bisa menyebabkan beberapa kondisi termasuk mudah lelah.

Berita buruknya, dehidrasi akan semakin parah saat seseorang terlalu  lama berada di bawah terik matahari. Sebab saat tubuh berusaha menjaga suhu, saat itu pula ia akan kehilangan banyak cairan. Untuk menghindari hal ini, pastikan kamu untuk selalu memenuhi kebutuhan air minum pada tubuh yaitu minimal 2 liter dalam satu hati. Tapi harus menghindari konsumsi minuman yang mengandung kafein dan alkohol, karena kedua jenis minuman tersebut malah akan membuat dehidrasi semakin buruk.

  1. Kulit terbakar

Lama berada di bawah sinar matahari, apalagi tanpa perlindungan tertentu bisa menyebabkan kulit terbakar. Kulit yang terbakar sinar matahari ternyata tak hanya akan terasa sangat menyakitkan,  juga dapat membuat tubuh menjadi lebih lelah.

Karena kulit yang terbakar matahari juga mengacaukan suhu tubuh dan memicu dehidrasi. Hal itu adalah penyebab terbesar dari kelelahan. Pastikan untuk selalu memakai baju yang sesuai dan melindungi kulit dengan tabir surya. Selain menghindari kulit terbakar, pengaplikasian tabir surya juga bisa mencegah kanker kulit dan masalah lain.

Lebih mudah mendapatkan sunblock dan produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan akan diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download segera di App Store dan Google Play!