11 February 2018

Musim Hujan Bisa Menyebabkan Pilek? Hoax atau Fakta?

Musim Hujan Bisa Menyebabkan Pilek? Hoax atau Fakta?

Halodoc, Jakarta — Pilek adalah gangguan pernafasan yang paling umum dan biasanya disebabkan oleh berbagai macam virus. Penyakit ini menular melalui udara atau melalui kontak langsung dengan pengidap. Pilek ini merupakan salah satu penyebab hidung meler yang biasa dirasakan banyak orang di musim hujan. Namun, hoax atau fakta kah musim hujan bisa menyebabkan pilek?

 

Bertentangan dengan kepercayaan masyarakat luas, pilek tidak selalu disebabkan oleh cuaca dingin. Infeksi pernafasan ini disebabkan oleh virus seperti Human Rhinovirus (HRV), adenovirus, human parainfluenza dan respiratory syncytial. Banyak sekali virus yang dapat menyebabkan pilek, apalagi bila ditambah dengan virus baru yang bermunculan. Karenanya, tubuh tidak bisa kebal terhadap virus-virus ini dan pilekpun menjadi penyakit yang rutin datang.

 

Data statistik menunjukkan bahwa anak-anak di bangku TK dan SD mengidap pilek sekitar enam sampai dua belas kali dalam setahun, sementara anak muda dan orang dewasa mengidap pilek sekitar dua sampai empat per-tahunnya. Bayi dan anak kecil memiliki risiko lebih tinggi untuk terjangkit pilek karena sistem imun mereka belum terbentuk secara sempurna untuk melindungi mereka dari berbagai macam virus. Berikan vitamin pada anak, bisa dijadikan pencegahan tahap awal agar bisa terhindar dari pilek dengan membelinya di sini.

 

Penyakit ini tak menutup kemungkinan bisa terjadi pada orang dewasa, lho! Penyebab pilek yang sering terjadi di musim hujan adalah berada di dalam satu ruangan dengan seseorang yang sudah terjangkit virus HRV memudahkan penularan penyakit ini.

 

Faktor lainnya yaitu sistem imun tubuh yang lemah. Saat seseorang kelelahan, kurang tidur atau mengalami stres, sistem imun tubuh biasanya menjadi lebih lemah dari biasanya. Sistem imun yang rendah ini memberi celah untuk virus masuk ke dalam tubuh.

 

Selain bisa membeli vitamin dan obat, kamu juga bisa hubungi dokter favorit melalui pilihan voice/video call dan chat, serta cek lab untuk pencegahan sejak dini menggunakan aplikasi Halodoc. Ayo! Unduh aplikasi Halodoc di Play Store atau App Store sekarang.