11 February 2018

Musim Hujan, Ketahui Penyebab Hidung Meler

Musim Hujan, Ketahui Penyebab Hidung Meler

Halodoc, Jakarta — Siapa sih yang tidak pernah mengalami hidung meler, terutama di masa pergantian musim atau di musim hujan? Namun, apakah kamu tahu apa saja penyebab hidung meler yang mengganggu ini?.

 

Hidung meler adalah dampak dari pembuangan cairan yang diproduksi oleh pembuluh darah dan jaringan-jaringan yang ada di dalam hidung. Pembuangan cairan ini bisa berbentuk cairan bening atau ingus yang kental. Pembuangan cairan hidung meler berlangsung di sepanjang saluran hidung tapi bisa juga berlangsung di belakang tenggorokan atau bisa terjadi di kedua tempat tersebut.

 

Istilah “rhinorrhea” dan “rhinitis” sering digunakan untuk merujuk pada hidung meler tersebut. Pada hakekatnya, rhinorrhea adalah pembuangan cairan hidung yang biasanya berbentuk cairan transparan. Sementara rhinitis mengacu pada radang yang terjadi di jaringan-jaringan yang ada di hidung, yang disebabkan oleh berbagai macam hal yang ditandai dengan gejala kompleks seperti hidung tersumbat dan hidung gatal. Radang ini biasanya yang menyebabkan hidung meler.

 

Penyebab hidung meler umum lainnya adalah infeksi seperti pilek atau influenza ataupun alergi. Beberapa orang mungkin mengalami kondisi yang disebut vasomotor rhinitis (VMR), dimana pengidap mengalami hidung meler tanpa sebab yang jelas. Sinusitis, penggunaan obat terlarang, udara yang kering, efek obat-obat tertentu, asma, kehamilan, ataupun merokok juga bisa memicu munculnya hidung meler.

 

Hidung meler memang mengganggu dan membuatmu tidak nyaman, tapi biasanya kondisi ini akan menghilang dengan sendirinya setelah beberapa hari. Penyebab hidung meler dapat berupa adanya gejala hidung meler disertai demam tinggi, rasa sakit di area hidung, dan ingus yang keluar berwarna kekuningan atau hijau, serta berlangsung lebih dari 10 hari, segera hubungi dokter karena gejala ini bisa mengindikasikan infeksi bakteri melalui voice/video call dan chat di aplikasi Halodoc.

 

Selain itu, di Halodoc kamu bisa membeli obat/vitamin yang langsung diantar ke tempat tujuan serta cek lab dengan petugas yang akan langsung datang langsung ke rumah. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Play Store.