Glucophage XR 500 mg 15 TabletGlucophage XR 500 mg 15 Tablet

Glucophage XR 500 mg 15 Tablet

Rp25.200 - Rp57.600
Per Strip
*Harga berbeda di tiap apotik
safepackaging

Kemasan aman & personal

24x7Delivery

Siap diantar 24 jam

authStores

Dikirim dari apotek resmi


Deskripsi
GLUCOPHAGE XR 500 MG merupakan obat dengan kandungan Metformin dalam bentuk extended release atau tablet lepas lambat yang digunakan untuk mengontrol dan menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Metformin termasuk ke dalam obat antidiabetes golongan Biguanide, yang bekerja dengan cara menghambat produksi glukosa (glukoneogenesis) di hati. Penghambatan tersebut mengakibatkan terjadinya penundaan absorbsi atau penyerapan glukosa di usus, sehingga menurunkan glukosa plasma baik basal maupun postprandial (setelah makan). Selain itu, Metformin juga bekerja dengan memperbaiki sensitivitas insulin dengan cara meningkatkan ambilan dan penggunaan glukosa di jaringan perifer. Dengan demikian, maka akan terjadi perbaikan toleransi glukosa pada pasien diabetes tipe 2. Obat ini dapat dikonsumsi secara tunggal, dikombinasikan dengan obat antidiabetes lain, atau diberikan bersama insulin. Selain itu, GLUCOPHAGE XR juga digunakan sebagai terapi prediabetek, yaitu pencegahan bagi orang-orang yang bersiko terkena diabetes tipe 2. Dalam penggunaan obat ini HARUS SESUAI DENGAN PETUNJUK DOKTER.
Indikasi Umum
INFORMASI OBAT INI HANYA UNTUK KALANGAN MEDIS. Terapi awal untuk diabetes dewasa dengan keadaan kelebihan berat badan serta kadar gula darah yang tidak dapat dikendalikan hanya dengan diet saja. Terapi kombinasi untuk kegagalan terapi Sulfonilurea primer atau sekunder. Terapi tambahan pada insulin-dependent diabetes mellitus (IDDM) atau diabetes tipe 1 untuk mengurangi dosis insulin.
Komposisi
Tiap tablet lepas lambat mengandung: Metformin Hydrochloride 500 mg
Dosis
PENGGUNAAN OBAT INI HARUS SESUAI DENGAN PETUNJUK DOKTER. 1. Pengurangan risiko atau penundaan awitan DM tipe 2: - Awal 1 tab 500 mg 1 x sehari dengan makan malam. Sesudah 10-15 hari, sesuaikan dosis berdasarkan pengukuran glukosa darah. Maks: 2.000 mg 1 x sehari. 2. Monoterapi: - Awalnya 1 tab 500 mg 1 x sehari, dapat disesuaikan berdasarkan pengukuran glukosa darah sesudah 10-15 hari. Maks: 2.000 mg 1 x sehari. Jika kontrol glikemik tidak tercapai pada 2.000 mg 1 x sehari, pertimbangkan Glucophage XR 1.000 mg 2 x sehari. Jika kontrol glikemik masih belum tercapai, dpt dialihkan ke metformin tab IR hingga maks: 3.000 mg x sehari. 3. Pasien sudah diobati dengan metformin: - Dosis awal metformin tab IR yang sama setiap hari. 4. Transfer dari obat antidiabetik oral lain: - Hentikan agen lain & mulai sesuai indikasi. 5. Kombinasi dengan insulin: - Awal 500 1 x sehari, sesuaikan insulin berdasarkan pengukuran glukosa darah. 6. Pasien dengan bersihan kreatinin atau LFG 45-59 mL/mnt: - Awal 500 mg atau 750 mg 1 x sehari. Maks: 1.000 mg/hr, bersihan kreatinin atau LFG 30-44 mL/menit Maks: 1.000 mg/hari.
Aturan Pakai
Sebaiknya diminum bersama makanan, untuk dosis 1 x sehari diberikan bersama makan malam. Telan utuh, jangan dipotong, dikunyah, atau dihancurkan.
Perhatian
HARUS DENGAN RESEP DOKTER. Obat ini dapat mengganggu absorpsi Vitamin B12. Hati-hati penggunaan obat ini pada pasien dengan gangguan hati dan ginjal, konsumsi alkohol yang berlebihan, pasien lanjut usia, pasien dalam kondisi lemah dan malnutrisi, serta wanita hamil. Kategori Kehamilan : Kategori B: Mungkin dapat digunakan oleh wanita hamil. Penelitian pada hewan uji tidak memperlihatkan ada nya risiko terhadap janin, namun belum ada bukti penelitian langsung terhadap wanita hamil.
Kontra Indikasi
Hipersensitivitas. Asidosis metabolik misalnya asidosis laktat, ketoasidosis diabetikum. pra-koma diabetes. Kondisi akut dg potensi perubahan fungsi ginjal spt dehidrasi, infeksi berat, syok, pemberian zat kontras beryodium secara intravaskular. Penyakit yang menyebabkan hipoksia jaringan misalnya gagal jantung kongestif tidak stabil, gagal napas, infark miokard yg blm lama terjadi, atau syok. Keracunan alkohol akut, alkoholisme. Operasi besar elektif. Gagal atau disfungsi ginjal berat (bersihan kreatinin atau LFG <30 mL/menit); insufisiensi hati.
Efek Samping
Pemakaian obat umumnya memiliki efek samping tertentu dan sesuai dengan masing-masing individu. Jika terjadi efek samping yang berlebih dan berbahaya, harap konsultasikan kepada tenaga medis. Efek samping yang mungkin terjadi dalam penggunaan obat adalah: Gangguan saluran cerna yang bersifat sementara, namun dapat dihindari dengan cara konsumsi Metformin HCl bersamaan dengan makanan. Anoreksia, mual, muntah, daire. Berkurangnya absorpsi vitamin B12. Mialgia, kepala terasa ringan. Ruam kulit. Keringat berlebihan, dan gangguan daya pengecapan.
Golongan Produk
Obat Keras (Merah)
Kemasan
Dus, 8 Blister @ 15 Tablet Pelepasan lambat
Manufaktur
Merck Indonesia
No. Registrasi
BPOM: DKI1701600214A1