VENTOLIN EXPECTORANT SIRUP 100 ML

VENTOLIN EXPECTORANT SIRUP 100 ML
Indikasi Umum
Meredakan bronkospasme pada bronkial asma, bronkitis kronis, & emfisema, pada pasien dengan coexisting penyakit jantung atau hipertensi.
Deskripsi
-
Kategori
Komposisi
Per 5 mL: Salbutamol sulfate 1 mg, guaiphenesin 50 mg
Dosis
PENGGUNAAN OBAT INI HARUS SESUAI DENGAN PETUNJUK DOKTER. Dewasa : 10 mL, 3-4 kali sehari.Anak >12 tahun : 5-10 mL, 3-4 kali sehari.Anak 6-12 tahun : 5 mL sir, 3-4 kali sehari.Anak 2-6 tahun : 2.5-5 mL, 3-4 kali sehari.
Aturan Pakai
Sebaiknya diberikan pada saat perut kosong : Berikan 1 jam sblm atau 2 jam sesudah makan.
Kemasan
Botol 100 ml
Efek Samping
-
Kontra Indikasi
Pasien yang memiliki riwayat hipersensitif pada salbutamol atau obat agonis adrenoreseptor beta-2 lainnya.
Perhatian
HARUS DENGAN RESEP DOKTER. Tirotoksikosis, hipokalemia. Monitor keseimbangan cairan & fungsi kardiorespirasi. Hamil & laktasi.
Interaksi Obat
Pemberian bersamaan dengan bronkodilatator simpatomimetik kerja pendek lain tidak boleh dilakukan karena bisa memberikan efek yang sangat buruk pada sistem kardiovaskular. Obat-obat beta-2 antagonis menghambat kerja ventolin (salbutamol). Obat-obat golongan beta-blocker non-selektif seperti propranolol, tidak bisa diberikan bersamaan dengan ventolin (salbutamol), karena obat beta bloker sering menyebabkan bronkospasme parah pada pasien asma. Monoamine oksidase inhibitor atau antidepresan trisiklik dapat memperkuat efek ventolin (salbutamol) pada sistem kardiovaskular. Diantaranya bisa memicu hipertensi berat. Bila diberikan bersama atomoksetin, resiko efek samping pada sistem kardiovaskular meningkat. Ventolin (salbutamol) dapat menurunkan konsentrasi digoksin dalam plasma. Pemberian bersamaan dengan metildiopa dapat menyebabkan hipotensi akut.
Segmentasi
Red
Manufaktur
GlaxoSmithKline Indonesia