05 June 2018

Olahraga Bisa Tingkatkan Suasana Hati, Kok Bisa?

Olahraga Bisa Tingkatkan Suasana Hati, Kok Bisa?

Halodoc, Jakarta – Menjaga tubuh agar tetap bugar tidak hanya dapat ditempuh dengan menjaga pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi. Salah satu cara ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh dan menguatkan sistem imun adalah dengan olahraga secara rutin. Selain itu, manfaat olahraga juga tidak hanya membuat tubuhmu menjadi lebih berotot, tetapi juga akan menjaga emosimu menjadi lebih stabil bahkan merasa lebih bahagia.

Setelah bekerja keras selama lima hari dalam seminggu, masalah di kantor membuatmu merasa lebih lelah secara fisik maupun emosional. Nah, pada kondisi seperti inilah olahraga dapat dijadikan sebagai saluran sehat untuk menyingkirkan pikiran negatif tentang kehidupan kantor atau masalah lain yang menganggu pikiranmu.

Hal ini berkaitan dengan peningkatan kinerja sistem saraf yang mengatur keseimbangan zat seperti serotonin, norepinefrin, dan dopamin dalam otak. Ketiga zat tersebut disebut-sebut sebagai hormon pencipta rasa bahagia dan dapat dihasilkan apabila kamu rajin berolahraga.

Sebuah penelitian yang dilakukan Alison Woolery, seorang pakar kesehatan dari University of California, Los Angeles  pun menunjukkan bahwa tiga belas dari 28 orang yang diteliti mengalami penurunan depresi secara signifikan berkat olahraga. Hormon serotonin menjadi bertambah karena mereka melakukan beberapa gerakan yoga secara teratur. Sementara lima belas orang sisanya, tidak mendapatkan efek sama sekali karena mereka tidak melakukan olahraga apapun. Jika kamu masih bingung, inilah manfaat olahraga untuk meningkatkan suasana hatimu:

Mengurangi Kecemasan

Setelah berolahraga, otot pun akan melakukan relaksasi secara alami, terutama pada bagian leher dan bahu. Apabila kamu sedang banyak pikiran dan stres, kedua titik tersebut akan mengalami ketegangan. Nah, dengan berolahraga, kedua titik tersebut akan terasa lebih rileks sehingga suasana hatimu pun membaik.

(Baca juga: 5 Gerakan Yoga Tingkatkan Mood Seharian)

Membuat Tidur Semakin Nyenyak

Olahraga yang dilakukan rutin selama 150 menit dalam satu minggu diyakini akan meningkatkan kualitas tidur malam hingga 65 persen. Ini akibat dari telah hilangnya pikiran yang mengganggu, sehingga tidurmu akan semakin nyenyak dan berkualitas.

Meningkatkan Fokus

Manfaat olahraga rutin juga ternyata mampu meningkatkan keterampilan memori dan konsentrasi. Peningkatan hormon dopamin, norepinefrin, dan serotonin yang akan meningkatkan fokus seseorang, terutama saat sedang bekerja. Dengan fokus yang terjaga selama bekerja ini, maka bukan tidak mungkin semua pekerjaanmu pasti dapat terselesaikan dengan baik dan kecemasanmu akibat hal ini pun berkurang.

Meningkatkan Kadar Oksigen Ke Otak

Salah satu penyebab emosi menjadi tidak stabil ialah karena kamu sulit memproses suatu masalah secara mendalam. Hal ini ternyata berkaitan dengan kinerja otak yang kurang maksimal akibat kurangnya pasokan oksigen dalam tubuh. Nah, dengan rajin berolahraga, maka kinerja paru-paru akan meningkat dan pasokan oksigen pun pasti akan terpenuhi dengan baik untuk diedarkan ke seluruh bagian tubuh, salah satunya otak.

Selain itu, terdapat beberapa cara yang dapat kamu lakukan saat olahraga agar suasana hati semakin baik, yaitu:

  • Berolahraga di tempat terbuka

Kamu dapat melakukan olahraga seperti bersepeda, joging, renang, yoga, atau pun pilates di tempat terbuka karena suasananya akan jauh lebih menyenangkan.

  • Olahraga Bersama Pasangan

Bukan rahasia lagi bahwa apapun kegiatan yang dilakukan bersama pasangan akan terasa lebih menyenangkan. Coba ajak pasanganmu untuk berolahraga bersama seperti lari, bersepeda, atau yoga.

  • Sambil Mendengarkan Musik

Musik akan membuat kamu semakin bersemangat menjalani olahraga. Selain itu, dengan mendengarkan musik pun olahraga tidak akan lagi terasa berat.

(Baca juga: Musik Pengaruhi Mood, Kok Bisa?)

Jika kamu sudah rajin olahraga tapi masih mengalami gangguan kesehatan, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk bicara dengan dokter. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!