27 March 2018

Olahraga Pernapasan Baik Untuk Mental, Masa Sih?

Olahraga Pernapasan Baik Untuk Mental, Masa Sih?

Halodoc, Jakarta – Selain menyehatkan fisik, tentunya olahraga juga bisa membuat emosi atau mental kian terjaga kesehatannya. Manfaat olahraga pernapasan seperti yoga, chikung, atau taichi mampu meningkatkan konsentrasi dan mengendalikan nafas dengan baik. Nah, dengan begitu beban atau pikiran yang penat karena berbagai tekanan yang menumpuk bakal berkurang. Kok bisa?

Menurut para ahli, olahraga pernapasan ini bisa membuat tarikan napas jadi teratur sehingga membuat oksigen yang mengalir ke otak kian lancar. Jangan lupa, otak membutuhkan banyak oksigen untuk menjalankan fungsinya. Melansir Mayo Clinic, meskipun komposisi otak hanya dua persen dari total massa tubuh, tapi organ yang satu ini “rakus” akan oksigen. Otak setidaknya menghabiskan total 20 persen kebutuhan oksigen bagi tubuh. Dengan kata lain, seperlima oksigen yang kamu hirup saat bernapas akan langsung lari ke otak. Nah, kekurangan oksigen ini pastinya akan menimbulkan rentetan masalah bagi tubuh, salah satunya kesehatan mental.

Kurangi Kecemasan Hingga Depresi

Menerapkan pola hidup sehat melalui makanan memang terbukti bisa meningkatkan jumlah oksigen dalam tubuh. Namun, peran olahraga pernapasan juga enggak kalah baiknya. Olahraga jenis ini akan meningkatkan kapasitas tubuh untuk mengangkut oksigen ke dalam darah. Alasannya, latihan pernapasan menggunakan diafragma sehingga memungkinkan kamu untuk menghirup napas lebih panjang, dibandingkan dengan napas melalui dada. Nah, teknik inilah yang bisa meningkatkan jumlah oksigen yang masuk ke dalam sistem tubuh. (Baca Juga: Tips Menghilangkan Stres Dalam Waktu Singkat)

Bicara mengenai olahraga pernapasan, yoga telah menjadi jenis olahraga pernafasan yang dipilih banyak orang. Ada studi menarik mengenai hubungan yoga dengan kesehatan mental yang patut kamu simak. Studi (2016) yang dilakukan di University of Pennsylvania meneliti orang-orang dengan gangguan depresi berat yang tidak sepenuhnya menjalani pengobatan. Dalam studi itu para peneliti menemukan, bahwa orang-orang tersebut mengalami penurunan depresi dan kecemasan setelah berlatih yoga Sudarshan Kriya. Pose joga jenis itu merupakan latihan pernapasan yang dikendalikan secara teratur.  

Selain itu, ada juga manfaat lain dari yoga  menurut para ahli:

  • Mengurangi Kecemasan.
  • Ingatan lebih kuat.
  • Percaya diri lebih tinggi.
  • Meningkatkan mood.
  • Menurunkan perasaan benci.
  • Lebih mampu menerima diri.
  • Meningkatkan kemampuan bersosialisasi.
  • Mengurangi depresi dan kelelahan.

Meredakan Stres

Menurut para ahli, dengan rutin melakukan olahraga pernapasan, maka kamu bisa melatih tubuh untuk meningkatkan jumlah oksigen yang masuk ke darah. Menariknya lagi, olahraga ini juga bisa meredakan stres yang kamu alami. Misalnya, lewat olahraga pernapasan seperti tai chi. Olahraga ini mempraktikkan prinsip pernapasan melalui gerakan yang lembut, lambat, dan berirama. Nah, kata ahli tai chi bisa membuat pikiran lebih tenang sehingga dapat meredakan strees.

Olahraga pernafasan juga bisa menjadi salah satu cara untuk membuat tubuh kamu jadi lebih rileks. Caranya mudah, tentunya dengan berkonsentrasi pada pernafasan. Kata ahli, selain bisa meredakan sakit kepala, teknik relaksasi pernapasan juga bisa membantu kamu  untuk mengelola stres. Yang perlu kamu perhatikan, fokuslah pada menghilangkan ketegangan dengan bernapas melalui diafragma, mengisi perut dengan udara.

Selain meredakan stres, manfaat olahraga pernapasan juga bisa membuat kualitas tidurmu meningkatkan. Nah, ketika tidur lebih lelap dan berkualitas, tentunya pikiran akan jauh lebih tenang. Menurut ahli kualitas tidur yang buruk jadi biang keladi dari banyaknya masalah mental. Contohnya, mudah tersinggung, tidak fokus, mudah terserang stres, hingga depresi.

Manfaat olahraga pernapasan memang baik bagi mental, tapi akan makin efektif bila kamu mengimbanginya dengan mengonsumsi makan sehat dan istirahat yang cukup.

Nah, kalau kamu mau tahu lebih jauh mengenai manfaat olahraga pernapasan,   kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc untuk berdiskusi mengenai masalah ini. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.