20 July 2017

Olahraga Ringan Punya Efek Setara Pijat

Olahraga Ringan Punya Efek Setara Pijat

Halodoc, Jakarta - Saat tubuh terasa nyeri dan pegal tak ada yang lebih nikmat selain mendapatkan pijatan. Dengan melakukan pijatan pada bagian tubuh yang terasa pegal maka akan dapat membuat tubuh terasa lebih rileks dan nyaman.

Umumnya, pijat bisa dilakukan di tempat-tempat yang memberikan fasilitas spa. Kamu akan diberi pijatan oleh terapis profesional yang tentu takkan mencederai tubuh saat memijat. Namun bagaimana jika pegal menyerang tapi kamu tidak bisa pergi ke tempat spa terdekat?

Tidak perlu khawatir, karena mendapatkan pijatan tidak melulu harus pergi ke tempat spa, kok. Kamu bisa mulai memberikan pijatan pada tubuh dengan cara melakukan latihan kardio ringan. Kegunaan latihan kardio ringan ini adalah untuk membantu merilekskan bagian tubuh yang terasa pegal. Perlu kamu tahu, kalau hasil latihan ini akan sama efektifnya dengan pijatan untuk melegakan sendi yang sakit, lho.

Umumnya setelah melakukan olahraga berat persendian seringkali merasa pegal. Kondisi ini juga biasa disebut dengan delayed onset muscle soreness (DOMS). Apa itu DOMS? Yakni sebuah kondisi dimana jaringan otot meregang setelah melakukan gerakan-gerakan ketika berolahraga.

Dari sebuah studi terhadap 20 wanita sehat berusia 30an ditemukan bahwa olahraga ringan dapat memberikan rasa nyaman terhadap persendian. Dalam studi ini, jenis olahraga yang dibandingkan adalah latihan menggunakan pita elastis (resistance band) dan pijatan di leher dan punggung.

Olahraga Dengan Efek Pijat
Ada beberapa gerakan olahraga ringan yang bisa kamu lakukan di rumah saat tubuh terasa pegal. Lebih tepatnya latihan ini masuk dalam kategori senam yang bisa kamu lakukan dimana saja dan kapan saja.

Beberapa jenisnya yang bisa kamu lakukan di rumah adalah dengan melakukan sit up, push up, dan squat. Idealnya, kamu bisa melakukan olahraga ringan ini sebelum tidur atau di sela jam kerja jika memungkinakn. Gerakan sit up dan push up keduanya memiliki pengaruh pada punggung. Sedangkan squat memberikan pengaruh pada paha dan pinggul. Gerakan olahraga ringan ini dapat membuat tubuh terasa lebih rileks apabila dilakukan secara teratur.

Nah kini jika otot leher dan punggung terasa pegal, tak usah ragu menggerakkan tubuh sejenak, ya. Cukup olahraga ringan saja kok untuk memberikan rasa nyaman pada persendian. Lagi pula selain baik untuk persendian, olahraga yang dilakukan sebelum tidur juga bisa membuat tidur jadi lebih nyenyak.

Untuk menentukan latihan ringan yang tepat untuk kamu, tak ada salahnya jika kamu meminta bantuan dari dokter atau fisioterapis andalan kamu. Gerakan olahraga yang tepat bisa membantu tubuh jadi lebih rileks. Namun jika asal-asalan bergerak justru bisa membuat tubuh jadi lebih rentan terhadap cedera.

Jika kamu butuh saran dari dokter maupun ahli fisioterapis yang tepat, tak ada salahnya jika kamu menggunakan aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter pilihan melalui Video/Voice Call dan Chat. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.