27 June 2018

Olahraga Ternyata Bisa Mempercantik Kulit, Kok Bisa?

olahraga untuk mempercantik kulit, olahraga mengurangi stres, manfaat olahraga

Halodoc, Jakarta – Banyak manfaat yang bisa kamu rasakan dengan berolahraga. Selain tubuh yang menjadi sehat dan bugar, olahraga juga memiliki efek untuk meremajakan tubuh. Selain itu, olahraga juga dapat memberikan dampak positif lainnya untuk tubuh kamu seperti meningkatkan kemampuan sistem sirkulasi dan pernapasan yang artinya mampu meningkatkan kadar oksigen dan darah dalam tubuh.

Baca juga: Ini Perawatan Kulit yang Tepat Usai Berlibur

Olahraga nyatanya juga berfungsi untuk mengurangi tingkat stres pada seseorang. Dengan mengurangi tingkat stres, maka masalah pada kulit juga akan semakin berkurang dan kulit kamu semakin sehat. Hal ini akan terasa manfaatnya jika kamu rutin melakukan olahraga.

Berikut adalah beberapa alasan olahraga bisa membuat kulit kamu semakin sehat dan bersinar.

 

  • Olahraga Bisa Menutrisi Kulit

 

Lakukan olahraga seperti aerobik atau joging, sehingga bisa meningkatkan denyut jantung yang bisa membantu masalah sirkulasi darah dan mengantarkan nutrisi lebih banyak ke sel-sel kulit kamu. Dengan begitu, kulit akan semakin sehat dan asupan nutrisi untuk kulit kamu akan tercukupi. The American College of Sport Medicine merekomendasikan setiap orang untuk melakukan olahraga selama 30 menit dalam 5 hari setiap minggunya.

 

  • Berkeringat saat Olahraga Membuat Kulit Lebih Bersih

 

Tidak perlu merasa jijik atau aneh jika kamu berkeringat saat berolahraga. Sebab, keringat yang keluar dari tubuh kamu saat olahraga akan membantu kamu untuk mengeluarkan kotoran yang tersumbat pada pori-pori dan membuat kulit kamu lebih bersih dan bersinar. Namun perlu kamu ingat, setelah kamu berolahraga dan mengeluarkan keringat cukup banyak, jika keringat kamu sudah kering, sebaiknya segera mandi agar tubuh kamu bisa kembali bersih dan kotoran tidak menumpuk kembali pada kulit kamu.

 

  • Olahraga Bisa Membuat Otak dan Tubuh Menjadi Lebih Rileks

 

Munculnya jerawat tidak hanya karena masalah kotoran yang menumpuk pada kulit saja, tetapi masalah psikologi seperti stres atau masalah pola makan juga bisa membuat seseorang memiliki jerawat. Biasanya saat seseorang mengalami stres, produksi hormon dan minyak pada tubuh menjadi tidak terkendali. Nah, olahraga merupakan salah satu cara untuk mengurangi jerawat yang disebabkan oleh masalah psikologi seperti stres. Olahraga akan memberikan efek rileks dan tenang pada tubuh, sehingga bisa membantu kamu untuk mengurangi perasaan stres. Dengan olahraga, tubuh kamu mengeluarkan hormon yang bisa membuat kamu merasa senang.

 

  • Olahraga Membuat Kulit Kamu Semakin Kencang

 

Kamu bisa melakukan olahraga yang memang ditujukan untuk mengembalikan massa otot tubuh kamu, sehingga akan mengurangi kulit kamu terlihat kendor. Otot-otot yang terlatih karena olahraga tidak hanya membuat kulit kamu terlihat sehat dan tidak kendor, olahraga seperti itu juga bisa membakar kalori dan lemak yang ada pada tubuh kamu, sehingga terlihat kencang dan sehat. Kamu bisa melakukan beberapa olahraga, salah satunya adalah yoga. Beberapa penelitian menunjukan bahwa berolahraga yoga akan membuat kulit kamu lebih kencang jika kamu rutin melakukannya.

Baca juga: 6 Tips Perawatan Kulit di Malam Hari

Berbagai olahraga bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kulit yang semakin sehat dan cantik, seperti yoga, bersepeda, joging, atau angkat beban. Selain itu, jangan lupa untuk mengonsumsi air putih yang cukup agar kulit kamu semakin sehat. Jika kamu memiliki masalah pada kesehatan kulit kamu, kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya pada dokter seputar keluhanmu. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!