07 August 2018

Olahraga Tim atau Individu, Mana yang Lebih Baik untuk Anak?

olahraga, olahraga individu, olahraga tim

Halodoc, Jakarta - Olahraga selalu memiliki dampak baik untuk kesehatan, baik fisik maupun mental. Tidak masalah olahraga apa yang kamu lakukan, apakah olahraga sendiri, atau pun bersama-sama atau olahraga tim, karena masing-masing memang memiliki manfaatnya. Lalu, mana olahraga yang baik untuk anak? Apakah olahraga individu, ataukah olahraga tim?

Manfaat Melakukan Olahraga Individu

Dibandingkan dengan olahraga tim, olahraga individu memang memiliki pilihan yang lebih beragam, seperti jogging, berjalan kaki, bersepeda, berenang, dan masih banyak lagi. Olahraga ini pun tidak pernah salah untuk diajarkan pada anak. Dari olahraga individu, anak bisa belajar bagaimana menjadi pribadi yang mandiri dan tidak bergantung pada orang lain.

Melalui olahraga individu pula, orang tua akan membentuk karakter anak yang selalu bersemangat dan tidak pantang menyerah. Pasalnya, olahraga sendiri kerap kali menghadirkan rasa malas, sehingga dibutuhkan semangat dan motivasi untuk tetap konsisten melakukannya. Perlu diketahui, motivasi yang hadir dalam diri sendiri ternyata memiliki dampak yang lebih kuat dibandingkan dengan motivasi dari orang lain.

Percaya diri juga menjadi efek selanjutnya yang akan dirasakan anak. Berolahraga sendiri berarti anak akan melakukannya tanpa teman, sehingga ia akan siap menjadi sorotan mata orang lain yang melintasinya. Ini sangat baik untuk tumbuh kembangnya, karena menjauhkan diri dari sikap minder.

Baca juga: Ter-Update! Ini 6 Pilihan Olahraga Anak Muda Zaman Now

Manfaat Melakukan Olahraga Tim

Dilakukan bersama-sama, tentu olahraga tim mengajarkan anak berbagai pelajaran hidup lain yang tidak pernah ia dapatkan di bangku sekolah. Seperti misalnya mempelajari bagaimana karakteristik orang lain yang berada dalam tim yang sama, sehingga bisa menentukan bagaimana sikap yang harus diberikan kepada orang tersebut. Tentunya, beda karakter, beda pula sikap yang harus diberikan.

Tak hanya itu, hal penting yang akan diperoleh anak dengan aktif ikut serta dalam olahraga tim adalah kerja sama. Bersama rekannya, ia akan belajar bagaimana mencari dan menemukan strategi terbaik untuk bisa memperoleh kemenangan, bagaimana menurunkan egoisme dan idealisme untuk kepentingan bersama, dan pastinya, belajar saling menghormati dan mengisi kekurangan masing-masing anggota tim, karena setiap orang memang terlahir dengan kemampuan yang berbeda.

Dari permainan tim, anak pun akan belajar bagaimana tak selamanya ia akan selalu menang, tak selamanya apa yang ia inginkan akan tersampaikan. Permainan adalah kalah dan menang, dan ketika ia mendapatkan kekalahan, ia akan tahu bagaimana rasanya dan menyikapinya. Baiknya, ia tidak menghadapinya sendirian, karena ada rekan satu tim yang turut menanggung beban yang sama dengannya.

Baca juga: Memilih Jenis Pakaian Olahraga Terbaik

Apa pun olahraga yang ia lakukan, semua baik untuk menunjang tumbuh kembangnya. Setiap olahraga mengajarkan pembelajaran hidup yang sangat berguna sebagai bekal ketika ia tumbuh dewasa nantinya. Ibu dan ayah hanya perlu memberikan dukungan dan pendampingan di setiap aktivitas yang ia pilih, baik sendiri maupun bersama teman-teman terbaiknya.

Selain itu, jangan lupa juga penuhi asupan nutrisi harian anak dengan memberinya makanan bergizi setiap hari. Jika diperlukan, ibu juga bisa memberinya vitamin untuk menunjang daya tahan tubuhnya. Tak harus keluar rumah, ibu bisa membeli berbagai multivitamin anak di Halodoc. Ibu hanya perlu download aplikasi Halodoc dan pilih layanan Apotek Antar. Masukkan vitamin yang ibu cari, dan ketik alamat tujuan. Tak lama, semua pesanan pun akan tiba di tangan. Yuk, sehat bersama Halodoc!