05 June 2018

Operasi, Solusi Bagi Bisul yang Selalu Kembali

Operasi, Solusi Bagi Bisul yang Selalu Kembali

Halodoc, Jakarta – Bagi penyakit hidradenitis supurativa atau yang biasa dikenal sebagai bisul, yang tidak mau sembuh dan selalu datang kembali, mungkin pembedahan bisa menawarkan kelegaan. Penyakit kulit jangka panjang yang menyebabkan benjolan di bawah kulit di bagian intim tubuh ini, tentu sangat membuat tidak nyaman. Penyebab hidradenitis supurativa adalah pembengkakan akibat penyumbatan kelenjar keringat dan folikel-folikel rambut.

(Baca juga: Apakah Saya Berisiko Terkena Hidradenitis Supurativa?)

Pengobatan Hidradinitis Supurativa

Saat bisul atau hidradenitis supurativa tidak bisa disembuhkan dengan pengobatan andalan seperti pemberian antibiotik dan hormon, pun perubahan gaya hidup, pembedahan mungkin pilihan terbaik yang bisa kamu lakukan. Apalagi gangguan sudah meradang dan menjadi benjolan keras (nodul) di dalam kulit. Ada beberapa pilihan pembedahan yang perlu kamu ketahui.

Dokter atau ahli bedah dapat menggunakan beberapa prosedur berbeda untuk menghilangkan nodul, lesi dan saluran di bawah kulit dan membantu mengendalikan peradangan. Apa saja pilihan pembedahannya?

Insisi dan Drainase

Dokter akan memotong kulit dan mengeluarkan cairan dari lesi. Efeknya tidak untuk jangka panjang dan tidak mencegah munculnya lesi kembali. Namun prosedur ini membantu memberikan kelegaan dan menghilangkan rasa sakit tak tertahankan akibat hidradenitis supurativa.

Punch Debriment

Biasa juga disebut mini-unroofing, adalah operasi minor untuk menghilangkan nodul atau lesi tunggal. Ini adalah operasi kecil dengan mengeluarkan folikel yang menyebabkan nodul atau lesi. Prosedur ini efektif mencegah pertumbuhan kembali nodul dan lesi.

Unroofing

Disebut juga deroofing, ini adalah operasi umum untuk mengobati hidradenitis lanjutan supurativa. Prosedurnya dengan memotong kulit dan daging yang mengandung bisul yang terhubung lewat terowongan di bawah kulit. Dokter mungkin menggunakan laser karbon dioksida untuk menghilangkan area kulit yang terkena.

Pemotongan

Ini adalah teknik bedah yang agresif untuk memberikan kelegaan bagi orang-orang dengan hidradenitis supurativa yang tidak dapat disembuhkan dengan jenis terapi atau pembedahan lainnya. Dokter bedah akan menghilangkan lesi dan jaringan lunak di sekitarnya, mengeluarkan jaringan yang meradang, serta jaringan parut lainnya. Pada prosedur operasi ini, bagian kulit sehat mungkin akan digunakan untuk mengganti jaringan parut (cangkok kulit) dan menutupi area operasi untuk membantu penyembuhan luka.

Setelah operasi selesai, perawatan dengan perubahan gaya hidup masih diperlukan. Entah dengan antibiotik, biologis, atau terapi hormonal. Terapi ini bertujuan mencegah hidradenitis suppurativa datang kembali kembali.

(Baca juga: Mengobati Hidradenitis Supurativa dengan Antibiotik dan Hormon)

Sayangnya, operasi besar untuk menghilangkan terowongan dan nodul di bawah kulit dapat menyebabkan bekas luka yang tidak rata. Jadi, sebelum memutuskan menjalani pembedahan, pastikan kamu memahami tingkat jaringan parut yang kamu alami dan proses penyembuhan di masa depan.

Kalau kamu ingin tahu lebih banyak tentang penyebab hidradenitis supurativa dan perawatannya, kamu bisa bertanya kepada dokter di aplikasi Halodoc melalui layanan video/voice call atau chat. Selain itu, di aplikasi Halodoc kamu juga bisa membeli obat dan vitamin lewat layanan Apotek Antar lho. Serta cek lab tanpa harus keluar rumah. Ayo download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang.