30 May 2017

Pahami Gejala Diabetes & Cara Mengobatinya

Pahami Gejala Diabetes & Cara Mengobatinya

Halodoc, Jakarta - Dewasa ini, penyakit semakin banyak saja jenisnya. Banyak diantara penyakit-penyakit tersebut bahkan tak bisa diremehkan, karena akan berbahaya jika dibiarkan begitu saja. Salah satunya adalah diabetes. Diabetes merupakan penyakit kronis yang disebabkan oleh meningkatnya kadar gula darah. Seperti apa kadar gula darah itu?

Kadar gula darah atau glukosa sendiri memiliki peran yang sangat penting bagi kesehatan, yakni sebagai sumber utama penghasil energi bagi otak maupun sel-sel yang membentuk otot serta jaringan pada tubuh manusia. Namun jika berlebih, glukosa akan menimbulkan penyakit seperti infeksi pada gigi dan gusi, masalah kulit, osteoporosis, gagal ginjal, kerusakan saraf, kebutaan, dan diabetes ini.

Gejala Diabetes

Diabetes terdiri dari tipe 1 dan tipe 2. Umumnya diabetes tipe 1 berkembang lebih cepat dalam hitungan minggu. Sedangkan pengidap diabetes tipe 2 sering kali tak menyadari mereka mengidap penyakit tersebut, karena gejala diabetes yang dirasakan kurang spesifik. Selain glukosa yang melebihi angka 200 mg/dL (hiperglikemia), berikut adalah gejala diabetes dari kedua tipe yang paling umum dialami pengidapnya:

  1. Sering merasa haus.
  2. Turunnya berat badan tanpa sebab.
  3. Massa otot yang berkurang.
  4. Penglihatan terganggu.
  5. Merasa mudah lelah.
  6. Luka yang sulit sembuh.
  7. Sering terinfeksi.
  8. Terdapat keton dalam air seni. Keton merupakan produk sampingan dari metabolisme otot dan lemak yang terjadi ketika produksi insulin tidak cukup.

Cobalah Pengobatan Diabetes Ini

Jika kamu mengalami sebagian besar gejala diabetes di atas, segeralah diskusikan ke dokter spesialis penyakit dalam. Untuk menyembuhkan diabetes selain melalui jalur medis, kamu bisa mencoba beberapa pengobatan alami berikut ini:

1.  Akupuntur
Akupuntur adalah pengobatan yang banyak dilakukan di Negara China. Perawatan dilakukan dengan menusuk jarum kecil ke bagian titik tertentu untuk mengurangi rasa sakit pada pengidap diabetes. Akupuntur dilakukan untuk mengatasi keluhan syaraf yang sering terjadi pada pengidap diabetes. Efek dari pengobatan ini adalah untuk mengatasi kadar gula darah yang terlalu tinggi.

2.  Jus Mengkudu
Buah mengkudu banyak mengandung Proxeroni yang merupakan zat yang dapat membentuk alkaloid yang berfungsi untuk membuka pori-pori sel, sehingga nutrisi akan mudah menyerap ke dalam tubuh. Kemampuan inilah yang membuat mengkudu cukup baik untuk dijadikan obat diabetes alami. Mengkudu bisa kamu konsumsi dalam bentuk jus. Jangan kanget dengan rasanya yang kurang enak, namun ingatlah manfaat besarnya untuk sembuhkan diabetes.

3.  Puasa
Menjelang bulan Ramadan, puasa bagi pengidap diabetes yang beragama Islam mungkin dikhawatirkan tidak bisa menjalankan dengan maksimal. Namun pada kenyataannya, puasa justru dapat membantu menyembuhkan diabetes, lho! Inilah beberapa manfaat puasa untuk diabetes:

  • Menyeimbangkan kadar glukosa dalam darah
  • Mengurangi resiko peningkatan kadar kolesterol serta terkontrolnya retensi insulin
  • Menurunkan tekanan darah dan trigliserida
  • Memperbaiki sistem kekebalan tubuh, sehingga tak mudah terserang penyakit


Pada dasarnya segala jenis penyakit tentu bisa disembuhkan, termasuk diabetes. Namun tentu saja dibutuhkan komitmen dan kesabaran selama proses penyembuhan tersebut kamu tempuh. Diskusikan apapun masalah kesehataan kamu kepada dokter spesialis pilihan melalui pilihan metode komunikasi yaitu chat, video call, dan voice call di aplikasi Halodoc. Rasakan kemudahan berdiskusi hanya dengan Halodoc yang bisa kamu download secara GRATIS di App Store dan Google Play.