23 April 2018

Pakai Slippers di Dalam Ruangan, Perlu atau Tidak?

Pakai Slippers di Dalam Ruangan, Perlu atau Tidak?

Halodoc, Jakarta – Saat pergi ke luar rumah, kamu biasa memilih menggunakan sepatu atau alas kaki apapun sesuai dengan acara yang dihadiri. Namun ada sebaian orang yang tetap menggunakan sandal meski di dalam ruangan. Memakai sandal atau slippers di dalam ruangan merupakan hal yang lumrah dilakukan di Amerika atau Eropa, namun dalam budaya Asia, memakai pelindung kaki di ruangan bukanlah hal yang biasa. Terlepas dari itu semua, yang menjadi permasalahan utama ialah, apakah berbahaya jika kita tetap mengenakan sepatu yang telah kita pakai dari luar di dalam rumah?

Menurut pendapat Dr. Janna Truck dari American College of Allergy, Asthma, and Immunology, sepatu yang dikenakan ke dalam rumah adalah penyebab umum alergi yang menyerang penghuni rumah. Saat berada di luar, kamu telah menginjak berbagai hal, entah itu rerumputan atau aspal jalanan. Meski kamu mengklaim bahwa lantai rumahmu terlihat bersih, namun partikel debu dan kuman masih bisa bersemayam di sana. “Aku lebih memilih agar sepatu yang habis digunakan di luar rumah tetap berada di luar rumah” ungkap Dr. Kanna Truck.

(BACA JUGA: Trik Cepat untuk Cerahkan Punggung Kaki Hitam)

Kuman dari jalan raya, lantai kantor, atau toilet umum dapat terbawa ke rumahmu melalui sepatu. Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Arizona mengungkapkan bahwa terdapat sekitar 421.000 kuman yang bersemayam di sepatumu. Kuman yang bisa saja ada di sepatumu misalnya bakteri E. Coli yang merupakan penyebab infeksi usus, diare, dan bahkan meningitis. Contoh bakteri lain, misalnya Klebsiella pneumoniae yaitu bakteri penyebab infeksi saluran kemih atau Serratia ficaria yang dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan.

Sisa pestisida dan bahan kimia lain yang diinjak sepatumu pun dapat mengendap dan berpindah ke dalam rumahmu. Apabila kamu masih berani masuk rumah mengenakan sepatu yang sudah digunakan di luar rumah, berarti kamu sudah membiarkan kuman-kuman dan zat kimia berbahaya tersebut menyebarkan penyakit di rumahmu.

Untuk menjaga rumahmu tetap bersih, terdapat beberapa cara untuk meminimalkan masuknya kuman. Kamu dapat membersihakan rumahmu setiap hari dengan cara menyapu lantai, membersihkan sofa dan karpet dengan vacuum cleaner, serta mengepel lantai menggunakan cairan pembersih yang mengandung zat antikuman.

Solusi lain yang dapat dilakukan adalah, kamu bisa melepaskan sepatumu di rak sepatu dekat pintu rumah dan menggantinya dengan sandal bersih untuk dikenakan di dalam rumah. Tetapi apabila kamu merasa rumahmu sudah cukup bersih, kamu diperbolehkan untuk bertelanjang kaki di dalam rumah. Tanpa mengenakan alas kaki di rumah, kakimu akan lebih kuat. Kamu pun bisa lebih rileks, sebab otak mengirimkan sinyal yang berarti aktivitasmu sudah selesai dan kamu pun bisa santai.  

Jadi menggunakan sepatu yang telah dipakai di luar rumah ke dalam rumah adalah hal yang sangat berbahaya. Sebagai alternatif, kamu bisa memilih untuk menggunakan sandal di dalam rumah atau bertelanjang kaki, tergantung kenyamananmu. Untuk beragam pertanyaan tentang hidup sehat lainnya, kamu bisa bertanya ke dokter dengan fitur Contact Doctor di aplikasi Halodoc kapan saja dan di mana saja melalui Chat, Voice Call, dan Video Call. Jadi, ayo download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play!

(BACA JUGA: 5 Cara Mudah Usir Kulit Kaki Kapalan)