17 June 2017

Patut Dicoba! 4 Cara Mengecilkan Perut Saat Puasa

Patut Dicoba! 4 Cara Mengecilkan Perut Saat Puasa

Halodoc, Jakarta – Salah satu cara untuk mengecilkan perut adalah dengan berpuasa. Di bulan suci Ramadan, kamu bisa memanfaatkan satu bulan dengan beribadah sambil melangsingkan badan atau mengecilkan perut saat puasa. Salah satu cara sehat mengecilkan perut saat puasa tentunya tidak melakukan usaha menurunkan berat badan secara sembarangan agar kesehatan tubuh selama satu bulan tetap terjaga.

Berikut langkah dalam menurunkan berat badan yang tepat selama berpuasa untuk mendapatkan badan yang ideal:

1.  Perhatikan Asupan Makanan dan Atur Pola Makan
Kurangi jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Dengan mengurangi jumlah makan dari porsi biasanya, kamu tentu sudah mengurangi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Jadi sebaiknya jangan jadikan waktu berbuka puasa sebagai balas dendam untuk memuaskan rasa lapar yang kamu tahan seharian. Akan lebih baik jika kamu berbuka puasa secukupnya, berhenti makan jika kamu sudah terasa cukup kenyang.

2.  Perhatikan Jadwal Makan
Jika biasanya kamu makan tiga kali sehari, saat puasa ada baiknya porsi makan siang dibagi ke porsi sahur dan berbuka. Jika biasanya makan pagi, siang dan malam, saat puasa jadwal makan kamu diubah 50 persen ke makan sahur dan 50 persen ke makan saat berbuka. Porsi makan yang dipindahkan ini tentu setelah dikurangi dari porsi biasanya.

3.  Perhatikan Jenis Makanan
Makanan yang sehat adalah kunci sukses dari menurunkan berat badan. Hasil maksimal jika kamu rutin berolahraga, makan teratur dan mengonsumsi jenis makanan yang mengandung rendah lemak. Jenis makanan yang harus kamu hindari saat berbuka puasa adalah makanan yang mengandung banyak gula, tepung, minyak. Hindari berbagai jenis makanan yang dimasak dengan cara digoreng, karena pada risiko penyumbatan pembuluh darah. Akan lebih membantu jika kamu berbuka puasa dengan mengonsumsi banyak sayur dan buah-buahan.

4. Banyak Konsumsi Air Putih
Mengonsumsi air putih yang cukup juga menjadi salah satu faktor penting dalam cara sehat mengecilkan perut saat puasa. Saat berbuka, sebaiknya kamu banyak minum. Pola minum tetap delapan gelas air putih sehari. Kamu bisa mengaturnya dengan minum dua gelas air putih saat berbuka puasa, empat gelas saat malam hingga menjelang tidur dan dua gelas lagi saat sahur. Polanya bebas yang penting asupan air atau cairan dalam tubuh tercukupi untuk menunjang program diet kamu dalam menurunkan berat badan dan menjadi cara sehat mengecilkan perut saat puasa.


Cara sehat mengecilkan perut saat puasa bisa kamu lakukan dengan berbagai metode dan didukung dengan olahraga tertentu yang tidak mengganggu puasa kamu. Datangnya bulan puasa seringkali membuat sebagian orang malas untuk menurunkan berat badan termasuk berolahraga. Mereka berpikir tidak perlu untuk berolahraga saat bulan puasa, padahal olahraga tetap bisa dilakukan saat kamu sedang berpuasa agar badan tetap sehat dan bugar.


Itulah cara sehat mengecilkan perut saat puasa. Jika kamu melakukan tips tersebut dengan benar dan konsisten serta rutin, dijamin lingkar perut kamu mengecil. Kamu akan tetap sehat dan tampil menarik. Selain mengikuti cara sehat mengecilkan perut saat puasa, jangan ragu untuk menghubungi dan berdiskusi dengan berbagai dokter spesialis dari Halodoc menggunakan aplikasi kesehatan Halodoc. Kamu bisa memilih metode komunikasi via chat, video call atau voice call. Download aplikasi Halodoc pada sekarang juga!


BACA JUGA: Wajib Coba, 3 Cara Mengecilkan Lengan dan Perut Saat Puasa