16 January 2018

Payudara Besar Sebelah Normal atau Masalah?

Payudara Besar Sebelah Normal atau Masalah?

Halodoc, Jakarta – Biasanya wanita memberikan perhatian lebih pada setiap bagian tubuhnya. Apakah kaki yang terlihat kurang jenjang, atau bulu mata yang kurang lentik. Namun pernahkan kamu memberikan perhatian pada bentuk payudara?

Pada wanita dewasa, bentuk payudara kanan dan kiri bisa jadi berbeda. Lalu apakah kondisi ini normal? Dari sisi medis, kondisi ukuran payudara yan besar sebelah ternyata dianggap sebagai hal yang wajar. Namun yang perlu diperhatikan adalah perbedaan antara payudara kanan dan kiri sebaiknya tidaklah signifikan.

Penyebabnya sendiri, perbedaan ukurna payudara ini adalah karena hormon yang dialami oleh wanita itu sendiri. Payudara ada yang sangat produktif, ada pula yang tidak. Jadi payudara yang terlihat produktif pastilah ukurannya lebih besar. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan payudara. Cara paling sederhana adalah dengan berolahraga dan juga menjaga pola makan dengan teratur dan sehat.

Selain itu, dilansir dari situs Allwomenstalk, ada enam cara untuk menjaga keindahan payudara. Yuk, cari tahu berikut ini:

 

  • Pilih Bra yang Pas

 

Jangan asal pilih bra karena warna atau bentuknya yang kamu suka. Tapi pilih bra yang memang kamu butuhkan dan tentu saja bisa pas dikenakan. Kondisi payudara bisa berubah sesuai dengan hormon. Ada saat payudara membesar dan meregang, sehingga memilih bra yang tepat sangat penting agar bentuk dan kenyamanan payudara tetap terjaga.

 

  • Payudara juga Butuh Pelembab

 

Tidak hanya bagian kulit yang terbuka saja yang butuh pelembab. Payudara kamu pun butuh pelembab agar kulit tetap lembut dan lembab. Kamu bisa menggunakan lotion pelembab kulit yang biasa kamu gunakan untuk tangan dan kaki, namun sebelum mencobanya aplikasikan sedikit dahulu untuk mengetes apakah kulit bagian payudara sensitif atau tidak.

 

  • Bikini? Pakai Sunscreen

 

Menikmati liburan di pantai mungkin membuat kamu hanya fokus melindungi bagian kulit yang “umum” saja seperti, tangan, kaki, leher, dan wajah. Padahal, kalau kamu menggunakan pakai yang terbuka di bagian dada atau punggung, kamu juga butuh tabir surya di bagian tubuh itu. Jadi, aplikasikan menyeluruh pada kulit yang terbuka, jangan hanya pada bagian tubuh yang umum saja, ya.

 

  • Pijat Payudara

 

Sangat penting untuk menjaga kesehatan payudara, dan pemeriksaan dini terhadap payudara agar terhindar dari ancaman kanker atau tumor sebaiknya dilakukan rutin. Pemeriksaan payudara sendiri bisa dilakukan dengan meraba payudara atau memberikan pijatan pada payudara. Jika kamu menemukan benjolan yang tidak wajar, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan lebih lanjut.

 

  • Konsumsi Makanan Sehat

 

Menjaga kesehatan payudara pun bisa dilakukan dari dalam, yakni dengan konsumsi makanan seperti peach, salmon, brokoli, minyak zaitun, kopi, dan kacang-kacangan. Jenis makanan-makanan ini bisa membantu menutrisi payudara dari dalam. Jadi jangan lupa tambahkan menu ini dalam daftar makanan kamu, ya.

Untuk menjaga kesehatan payudara, tak cukup hanya pemeriksaan di rumah saja. Ada saatnya kamu perlu melakukan pemeriksaan langsung ke rumah sakit. Jadi, segera hubungi dokter jika dirasa kondisi kesehatan terganggu, ya.

Sedia selalu aplikasi Halodoc untuk bicara dengan dokter jika kamu belum sempat datang langsung ke rumah sakit. Dengan Halodoc, dokter bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Selain itu, kamu juga bisa melakukan pemeriksaan laboratorium sesuai dengan saran dokter jika diperlukan. Jika butuh obat, vitamin, atau suplemen, kamu juga bisa membelinya di Halodoc, lho. Pesanan akan diantar dalam satu jam ke tempat tujuan. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.