30 May 2018

Pengaruh Sosial Media pada Remaja

Pengaruh Sosial Media pada Remaja

Halodoc, Jakarta — Zaman sekarang, hampir semua orang menghabiskan banyak waktu mereka di media sosial, terutama remaja. Kebiasaan ini tidak mengatasi depresi pada remaja. Justru sebaliknya, sosial media berisiko meningkatkan faktor penyebab depresi pada remaja.

Banyak remaja yang mengekspresikan keluhan mereka di media online untuk mendapatkan dukungan dari teman-temannya. Meski begitu, hal ini juga mengekspos mereka ke komentar atau tuduhan negatif dari orang-orang yang melihatnya. Reaksi negatif yang didapatnya dari orang sekitar ini bisa meningkatkan gejala depresi yang dialami.

Kasandra Putranto, seorang psikolog, mengatakan bahwa banyak remaja akhir-akhir ini rentan kehilangan identitas mereka. Ketika mereka kehilangan kualitas individual dan nilai moral mereka, para remaja ini mulai menjadi melankolis dan akhirnya menggunakan media sosial untuk menyalurkan perasaan tersebut.

Selain itu, sebuah penelitian menunjukkan adanya ‘ketularan’ depresi. Teman-teman dari orang yang mengidap depresi lebih mungkin merasakan depresi juga. 60 persen remaja yang menyakiti diri mereka sendiri juga ditemukan memiliki teman yang sudah lebih dulu melakukannya. Media sosial dapat menyebarkan faktor ini dengan lebih mudah. Oleh sebab itu, ibu sebaiknya membimbing anak dalam penggunaan sosial media agar tidak memberikan pengaruh negatif.

Cara terbaik mengatasi depresi pada remaja adalah dengan melakukan pencegahan. Orang tua sebaiknya menanamkan nilai moral yang kuat pada anak sejak kecil dan bantu mereka untuk membangun kepercayaan diri yang sehat tanpa perlu terpengaruh oleh orang lain. Gejala-gejala depresi yang dibiarkan tanpa perawatan dapat berpengaruh dalam jangka panjang di kehidupan anak. Kurangnya energi dan konsentrasi yang diakibatkan depresi akan memengaruhi kehidupan akademi dan sosialnya.

Bagaimana cara lain menghindari atau mengatasi depresi pada remaja? Bicarakan langsung dengan dokter di aplikasi Halodoc, yuk! Di sini, ibu bisa mendapatkan informasi lebih banyak lagi soal cara mengatasi depresi pada remaja. Selain itu, ibu juga bisa cek lab dan beli obat/vitamin dari rumah, lho! Pesanan akan sampai ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Download segera aplikasinya di App Store atau Google Play!