24 April 2018

Pengobatan Timur dan Barat, Bisa Digabungkan

Pengobatan Timur dan Barat, Bisa Digabungkan

Halodoc, Jakarta – Saat ini banyak sekali berbagai macam pengobatan, baik melalui penggunaan obat-obatan maupun pengobatan secara herbal. Salah satu penyebabnya mungkin karena banyak sekali terobosan baru dalam mengatasi berbagai penyakit. Termasuk pengobatan gaya Timur dan juga gaya Barat.

Pengobatan gaya Barat biasanya lebih mengatasi gejala atau menghilangkan rasa sakit. Sedangkan, pengobatan gaya Timur biasanya bertujuan untuk memulihkan atau memperbaiki fungsi tubuh agar kembali seimbang. Karena ketidakseimbangan fungsi tubuh ini lah yang terkadang menimbulkan berbagai penyakit pada tubuh.

Namun, pengobatan gaya Timur dan gaya Barat rupanya bisa digabungkan untuk menyembuhkan beberapa masalah kesehatan kamu:

Menyembuhkan Flu dan Batuk

Dalam pengobatan gaya Barat, untuk menyembuhkan flu dan batuk, kamu hanya dianjurkan untuk beristirahat dengan cukup, banyak mengonsumsi air putih, dan mengonsumsi obat-obatan seperti asetaminofen atau ibuprofen jika kamu merasa demam. Dalam beberapa kasus, dokter juga akan memberikan obat penangkal virus seperti oseltamivir atau Tamiflu.

Sedangkan untuk pengobatan gaya Timur, khususnya Traditional Chinese Medicine atau TCM, biasanya kamu akan dianjurkan untuk menjaga suhu tubuh kamu agar tidak terlalu tinggi, melakukan olahraga ringan, dan mengatur pola tidur kamu agar bisa beristirahat dengan baik. Mengonsumsi makanan yang hangat juga diperkirakan dapat membantu penyembuhan flu dan batuk tanpa obat-obatan.

Nah, sebaiknya dalam melakukan pengobatan Barat maupun Timur untuk menyembuhkan flu dan batuk, kamu perlu mencuci tanganmu sampai bersih setelah melakukan aktivitas apapun. Sebab, itu akan menjauhkan kamu dari bakteri yang menempel di tangan kamu. Selain itu, kamu harus memastikan imunitas tubuh kamu baik dengan mengonsumi beberapa vitamin, seperti Vitamin C atau mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi dan gizi yang mampu membuat imunitas tubuh kamu baik.

(Baca juga: Jangan Asal Minum Vitamin, Ini Anjuran & Larangannya)

Mengobati Insomnia

Dalam pengobatan gaya Barat, beberapa peneliti menyarankan untuk menghindari bermain gadget bahkan buku sebelum kamu tidur. Selain itu, dokter biasanya akan menyarankan kamu untuk mengonsumsi beberapa obat yang dapat membantu kamu agar terhindar dari insomnia. Obat yang disarankan dokter biasanya mengandung ambien atau sonata. Namun, sebaiknya kamu tidak mengonsumsi obat-obatan ini dalam jangka waktu yang panjang, karena dikhawatirkan kamu akan mengalami ketergantungan terhadap obat-obatan ini. Ya, cara ini memang paling ampuh, tapi kalau kamu tidak perhatikan dengan baik penggunaannya, tentu juga akan membahayakan kesehatan kamu.

Dalam pengobatan gaya Timur, terkait insomnia, kamu hanya perlu melakukan olahraga ringan seperti yoga sebelum tidur agar tubuhmu merasa rileks. Selain itu, hindari makanan yang mengandung karbohidrat atau daging merah sekitar empat sampai enam jam sebelum kamu tidur.

Dalam menghindari insomnia, kamu bisa mencoba pengobatan gaya Timur terlebih dahulu. Melakukan meditasi atau yoga sebelum tidur dapat membantu kamu untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Selain itu, penggunaan obat juga harus di bawah pengawasan dokter, sehingga kamu tidak merasa ketergantungan dengan obat-obatan.

Banyak macam-macam pengobatan yang bisa kamu temui untuk menyelesaikan masalah kesehatan kamu. Nah, jika kamu memiliki pertanyaan seputar pengobatan Barat dan pengobatan Timur, kamu bisa langsung bertanya melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan kamu. Yuk, langsung download aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store.