• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perhatikan Protokol Kesehatan Ini Selama PSBB Transisi

Perhatikan Protokol Kesehatan Ini Selama PSBB Transisi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Pemprov DKI Jakarta kembali menerapkan PSBB transisi. Artinya, sudah dilakukan “pelonggaran” setelah sebelumnya diterapkan pembatasan yang cukup ketat. Meski begitu, tetap ada sejumlah protokol kesehatan yang wajib diperhatikan selama masa PSBB transisi di Jakarta. 

Melalui media massa, Pemprov mengumumkan sejumlah kebijakan dan keputusan selama PSBB transisi. Termasuk di antaranya dibuka kembali beberapa tempat hiburan, seperti mall, bioskop, dan taman bermain, restoran kembali diizinkan menerima pelanggan makan di tempat, dan lain sebagainya. Pelonggaran dilakukan karena PSBB ketat yang sebelumnya dilakukan disebut bisa memperlambat laju penularan COVID-19. 

Baca juga: 3 Tips Memilih Sabun Cuci Tangan yang Tepat

Nah, biar PSBB transisi tetap aman dan tidak memicu peningkatan angka infeksi Corona, ada beberapa protokol kesehatan yang perlu diperhatikan dan dipatuhi, di antaranya:

1.Menjaga Jarak 

Salah satu cara mencegah penularan Corona yang selama ini digaungkan adalah menjaga jarak. Hal itu bertujuan untuk menghindari penularan virus, misalnya melalui interaksi langsung, berjabat tangan, atau percikan air liur. Pada masa PSBB transisi, pengaturan jaga jarak juga diterapkan. Meski bioskop dan beberapa tempat hiburan lain dibuka, kapasitas pengunjung dibatasi sehingga protokol kesehatan jaga jarak bisa diterapkan dengan baik. 

2.Menjaga Kebersihan 

Restoran diizinkan untuk kembali buka dan menerima pelanggan makan di tempat. Meski begitu, ada hal yang harus diperhatikan terutama terkait kebersihan. Peralatan makan yang digunakan harus disterilkan, sehingga tidak menjadi sarana penularan virus. Jika memungkinkan, kamu bisa membawa sendok dan garpu sendiri dari rumah. Penggunaan botol minum sendiri juga disarankan untuk membantu mencegah penularan COVID-19.

3.Mencuci Tangan 

Selain menjaga jarak, cuci tangan juga disebut ampuh mencegah penularan virus corona. Sebab, virus ini disebut bisa mati jika terkena sabun dan air. Virus corona bisa menempel di tangan, terutama setelah memegang benda atau permukaan yang sudah terkontaminasi sebelumnya. Kemudian, saat tangan yang mengandung virus tidak sengaja menyentuh area mata, hidung, dan mulut, virus corona bisa masuk ke dalam tubuh dan menginfeksi. 

Baca juga: Ditemukan pada Seafood Asal Indonesia, Corona bisa Menular lewat Makanan?

4.Pakai Masker

Saat harus keluar rumah di masa PSBB transisi diwajibkan untuk memakai masker. Lagi-lagi hal ini dilakukan untuk menjaga diri dan mencegah risiko tertular COVID-19. Pastikan untuk memilih jenis masker yang tepat agar perlindungan yang diberikan lebih maksimal. 

Masker bisa melindungi diri dari paparan droplets yang menjadi penyebab utama penularan virus corona penyebab dari COVID-19. Untuk perlindungan, kamu bisa menggunakan masker kain. Studi yang dipublikasikan dalam The Annals of Occupational Hygiene menyebutkan bahwa masker dengan bahan kain dapat memberikan perlindungan terhadap nanopartikel, termasuk dalam kisaran ukuran partikel yang mengandung virus dalam napas yang dihembuskan. Namun, jenis masker ini kurang ideal digunakan saat sakit. 

5.Virtual Dulu

Saat masa PSBB transisi, memang diizinkan untuk keluar rumah. Namun, ada baiknya hal itu hanya dilakukan jika memang ada keperluan mendesak. Untuk sementara, kamu bisa memilih cara virtual terlebih dahulu, termasuk dalam mencari hiburan, berbelanja, hingga bersosialisasi dengan teman-teman. 

Baca juga: Perkiraan Harga Vaksin Corona: 200 Ribu Rupiah per Dosis

Kalau sakit, kamu juga bisa coba berbicara dengan dokter tanpa harus keluar rumah. Sampaikan gejala awal yang muncul pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Dokter bisa dengan mudah dihubungi melalui Video/Voice Call atau Chat. Dapatkan tips hidup sehat dari ahlinya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!

 

Referensi:
Kompas. Diakses pada 2020. Dimulai Hari Ini, Berikut Sederet Aturan Saat PSBB Transisi di Jakarta.
S., Rengasamy, et al. 2010. Diakses pada 2020. Simple Respiratory Protection--Evaluation of the Filtration Performance of Cloth Masks and Common Fabric Materials against 20-1000 nm Size Particles. The Annals of Occupational Hygiene 54(7): 789-98.
Corona.jakarta.go.id. Diakses pada 2020. Waspada Penularan Covid-19.