Perkembangan Janin Usia 11 Minggu

Perkembangan Janin Usia 11 Minggu

Halodoc, Jakarta – Memasuki usia 11 minggu kehamilan, ibu tentunya sangat bahagia sekaligus penasaran dengan perkembangan janin di minggu ini. Ibu mungkin bertanya-tanya apakah Si Kecil di dalam kandungan sudah bisa menghirup dan menghembus? Bagian tubuh apa lagi yang terbentuk di minggu ini? Yuk, cari tahu perkembangan janin di usia 11 minggu di sini.

Pada minggu kesebelas usia kehamilan, ukuran janin ibu sudah sebesar bola golf dengan panjang badan dari kepala sampai kaki bisa lebih dari 3 sentimeter. Kini, bayi ibu sudah resmi bergelar janin dan bukan lagi embrio. Sebab pada usia ini, ekor berudunya sudah menghilang, serta mata, telinga, hidung, dan semua organ dalam Si Kecil sudah terbentuk secara perlahan.

Wajah janin saat ini juga sudah mulai terlihat bentuknya, terutama telinganya yang semakin mendekati posisi akhir di kedua sisi. Di bawah gusinya yang mungil, sudah mulai muncul kuncup-kuncup gigi kecil.

Bila ibu melihat gambar bayi di USG sekarang ini, ibu mungkin akan mengira memiliki bayi yang jenius karena ukuran kepalanya lebih besar daripada tubuhnya. Tapi, ukuran kepala janin memang belum proporsional dibandingkan tubuhnya sekarang ini. Perlahan tapi pasti, proporsi tubuhnya akan terus berkembang pada minggu-minggu berikutnya dan bayi ibu akan semakin terlihat seperti manusia mungil.

Tidak hanya bagian wajahnya saja yang sudah berkembang, tubuh bagian bawah janin pun juga mengalami banyak perkembangan. Tulang-tulangnya kini sudah mulai mengeras. Jari-jari pada tangan dan kakinya pun sudah mulai terpisah serta selaput yang menyelimutinya sudah menghilang. Tungkai kakinya sebenarnya sudah mulai bergerak, namun ibu baru bisa merasakan tendangannya sekitar satu atau dua bulan lagi.

Di usia 11 minggu ini, bayi sudah bisa menghirup dan menghembuskan cairan ketuban yang membantu paru-parunya untuk tumbuh dan berkembang. Meskipun organ reproduksi janin sedang berkembang pesat, namun alat kelamin eksternalnya tidak akan muncul sampai akhir minggu ke-11.

Baca juga: Fakta Tentukan Kelamin Bayi Saat Hamil

Perubahan dalam Tubuh Ibu pada Usia 11 Minggu Kehamilan

Pada masa perkembangan janin usia 11 minggu kehamilan ini, ibu akan mulai merasa bertenaga kembali. Ini karena gejala, seperti mual dan pusing yang dirasakan pada minggu awal kehamilan mulai menghilang secara perlahan.

Tapi sayangnya, pada minggu ini muncul masalah baru, yaitu sembelit akibat hormon yang memperlambat pencernaan dan juga panas ulu hati (heartburn), karena hormon melemaskan katup antara perut dan kerongkongan ibu.

Jangan khawatir bila ibu masih merasa mual di minggu ini, sehingga tidak bisa mengonsumsi berbagai makanan sehat atau berat badan belum bertambah. Kebanyakan wanita hanya mengalami penambahan berat badan sebanyak 1–2,5 kilogram selama tiga bulan pertama kehamilan. Nafsu makan ibu akan bertambah secara perlahan tapi pasti dan dari saat itu berat badan ibu akan mulai naik 0,5 kilogram per minggu.

Baca juga: Cara Agar Bumil Dapat Tingkatkan Berat Badan

Gejala Kehamilan di Usia 11 Minggu

Gejala mual dan muntah yang disebut morning sickness, biasanya akan mulai berkurang dalam minggu ini, namun nada juga sebagian ibu hamil yang masih mengalami gejala tersebut. Selain itu, ibu mungkin juga akan mengalami sakit kepala, migren, perubahan suasana hati yang disertai dengan kelelahan, stres, dan perubahan emosi. Jangan khawatir, semua ini akan membaik seiring berjalannya waktu.

Kabar baiknya adalah ibu akan merasa lebih lega dan nyaman pada trimester kedua yang akan datang sebentar lagi. Di usia 11 minggu kehamilan ini, ada sebagian ibu hamil yang merasa payudaranya terasa penuh dan areolanya menggelap. Kondisi ini wajar terjadi karena tubuh sedang menyiapkan diri untuk kehadiran sang bayi.

Baca juga: Cara Mengatasi Nyeri Payudara di Trimester Pertama

Perawatan Kehamilan di Usia 11 Minggu

Meskipun ibu hamil dianjurkan untuk tetap aktif bergerak, namun ada beberapa jenis aktivitas yang sebaiknya dihindari mulai minggu kesebelas ini, seperti melakukan pekerjaan rumah tangga yang berat atau mengangkat barang bawaan yang berat. Inilah saatnya ibu mengajak si ayah untuk membantu mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

Nah, itulah perkembangan janin di usia 11 minggu. Ibu juga bisa bertanya-tanya tentang masalah apa saja selama kehamilan maupun minta saran kesehatan dari dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc, lho. Ibu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.