03 August 2018

Perut Kram saat Hamil, Pertanda Apa?

Kram saat hamil, kram perut, perut keram, perut kram saat hamil

Halodoc, Jakarta - Tidak sedikit wanita yang menantikan kehamilan terjadi. Banyak yang menganggap bahwa kehamilan adalah momen terindah dalam kehidupan wanita. Meskipun begitu, kehamilan bukan lah sesuatu yang mudah. Sebab, wanita akan mengalami berbagai macam perubahan selama masa kehamilan.

Perubahan yang biasanya terjadi saat kehamilan adalah perubahan pada tubuh ibu hamil. Perubahan tersebut termasuk rasa sakit pada beberapa bagian tubuh, seperti kaki, punggung, payudara, bahkan perut.

Salah satu penyebab rasa sakit pada perut yang dirasakan oleh ibu hamil adalah karena kram perut. Kram perut saat hamil merupakan sesuatu yang wajar terjadi. Hal tersebut bisa disebabkan karena sembelit atau peningkatan aliran darah pada rahim ibu hamil. Selain itu, kram perut saat hamil juga bisa menjadi pertanda lain. Apa saja pertanda yang ditunjukkan oleh kram perut saat hamil? Berikut ulasannya!

Baca juga: Ini Penyebabnya Perut Terasa Kencang Saat Hamil

Penyebab Kram Perut

Dalam beberapa kondisi, kram perut bisa menjadi pertanda munculnya penyakit serius pada ibu hamil. Namun, sebaiknya ibu juga mengetahui penyebab umum terjadinya kram perut.

Secara umum, kram perut bisa disebabkan oleh beberapa kondisi yang dialami oleh ibu hamil. Di antaranya disebabkan oleh peningkatan aliran darah, masalah pada lambung, rahim yang mengembang, orgasme, dan peregangan ligamen.

  1. Peningkatan Aliran Darah

Ketika ibu sedang hamil, janin akan membutuhkan suplai darah untuk bertahan hidup. Maka dari itu, tubuh ibu hamil akan lebih banyak mengalirkan darah ke rahim. Perubahan ini akan menyebabkan ibu mengalami penekanan di daerah rahim. Tekanan ini juga bisa menyebabkan ibu mengalami kram perut. Untuk mengatasinya, ibu bisa berbaring istirahat atau berendam dengan air hangat.

  1. Masalah pada Lambung

Saat masa kehamilan, ibu mungkin saja mengalami masalah pada lambung. Masalah ini disebabkan oleh peningkatan gas. Peningkatan gas ini dapat membuat ibu mengalami kram saat hamil.

Peningkatan gas ini disebabkan karena terjadinya peningkatan hormon progesteron. Hormon ini memungkinkan ibu hamil mengalami relaksasi pada otot, termasuk otot saluran pencernaan. Alhasil, ibu hamil akan merasakan tekanan pada rahim dan usus karena sistem pencernaan ibu berjalan dengan lebih lambat dari biasanya.

Selain kram perut, ibu hamil juga akan mengalami kembung, sembelit, atau perut bergas. Untuk mengatasi kram perut dan kondisi lainnya, ibu bisa mengonsumsi makanan berserat tinggi. Selain itu, jangan lupa untuk tetap selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya.

  1. Rahim yang Mengembang

Hal lain yang bisa menyebabkan kram perut saat hamil adalah karena rahim yang mengembang. Sudah sewajarnya rahim mengembang ketika ibu sedang mengandung buah hati. Oleh karena itu, ibu pun bisa saja mengalami kram perut karena kondisi tersebut. Selain rasa sakit pada perut, kondisi ini juga bisa menyebabkan rasa sakit pada pinggul dan pangkal paha.

Umumnya, kram perut ini akan terjadi pada trimester kedua kehamilan. Seringnya rasa sakit yang ditimbulkan akan terjadi ketika ibu hamil sedang berolahraga, bersin, tertawa, bangun dari tempat tidur, dan pergerakan yang tiba-tiba.

Baca juga: Ini Dia 5 Jenis Kontraksi Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

  1. Orgasme setelah Berhubungan Intim

Berhubungan intim juga dapat mengakibatkan kram perut saat hamil. Hal ini disebabkan karena saat ibu mengalami orgasme, alirah darah ke daerah panggung akan meningkat. Alhasil, perut akan mengalami kram. Ibu tidak perlu khawatir, karena kondisi ini tidak akan membahayakan kesehatan ibu dan janin.

Kram Perut saat Hamil Pertanda Penyakit Lain

Tidak selamanya kram perut saat hamil menunjukkan kondisi yang wajar. Dalam beberapa kondisi, kram perut bisa saja menjadi pertanda munculnya penyakit lain. Pasalnya, bisa saja kram perut tersebut disebabkan oleh kondisi lain bukan kehamilan. Di antaranya adalah batu ginjal, radang usus buntu, kista ovarium, atau infeksi saluran kemih.

Apabila ibu hamil mengalami beberapa gejala ini, sebaiknya perhatikan lebih baik kesehatan ibu. Di antaranya adalah rasa sakit saat buang air kecil, demam, muntah, menggigil, atau keluar flek dari Miss V.

Baca juga: Mag pada Ibu Hamil, Harus Apa?

Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai kram perut saat hamil? Ibu bisa menghubungi dokter tepercaya melalui aplikasi Halodoc. Dengan menggunakan aplikasi ini, ibu dapat bertanya pada dokter melalui Chat atau Voice/Video Call. Selain itu, ibu juga bisa membeli produk kesehatan dan suplemen di Halodoc tanpa perlu keluar rumah. Pesanan akan sampai dalam waktu satu jam. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!