31 May 2018

Pilih Baju Lebaran untuk Si Kecil, Ini yang Perlu Diperhatikan

Pilih Baju Lebaran untuk Si Kecil, Ini yang Perlu Diperhatikan

Halodoc, Jakarta – Sebentar lagi muslim di seluruh dunia akan menyambut hari kemenangan atau hari raya Idul Fitri. Ya, dalam menyambut hari raya Idul Fitri, Indonesia memiliki satu tradisi yang tidak mungkin dilewatkan, yaitu membeli pakaian baru untuk lebaran. Biasanya seminggu menjelang hari raya, pusat-pusat perbelanjaan akan ramai dipenuhi konsumen yang akan mencari barang keperluan untuk lebaran, termasuk mencari pakaian untuk anak-anak.

(Baca juga: 5 Tips Agar Anak Enggak Rewel Diajak Mudik)

Tentu anak-anak akan sangat gembira jika lebaran nanti menggunakan baju baru. Namun, saat pemilihan baju baru untuk anak-anak saat lebaran nanti, orangtua harus memperhatikan beberapa hal agar anak tetap nyaman selama bersilahturahmi dengan keluarga.

Pilih Pakaian dengan Bahan yang Nyaman

Saat lebaran, biasanya anak-anak akan bertemu dengan saudara yang sebaya, sehingga anak-anak pasti akan bermain dan kemungkinan mengeluarkan keringat. Orangtua harus jeli untuk memikirkan kenyamanan anak dengan memilih bahan pakaian yang mudah menyerap keringat. Pilih bahan jenis katun karena bahan katun mudah menyerap keringat dan juga lembut di kulit.

Jika anak memiliki kulit yang sensitif, memakaikan pakaian yang terbuat dari bahan katun juga tidak akan membuat kulit anak iritasi. Hindari bahan-bahan pakaian yang tidak mudah menyerap keringat agar anak tidak rewel dan tidak menimbulkan penyakit untuk anak ke depannya.

Pilih Pakaian dengan Model yang Simpel

Carilah baju yang memiliki model simpel untuk anak-anak. Hindari pakaian yang memiliki banyak perhiasan atau manik-manik karena bisa mengganggu anak saat berkumpul bersama keluarga. Cari model yang tidak mengganggu aktivitas anak. Misalnya, jangan memakaikan anak baju terusan dengan panjang yang menjuntai. Sebab, dikhawatirkan akan membahayakan anak saat anak bermain dan berkumpul dengan keluarga.

Pilih Warna yang Cerah dan Pakaian Bermotif

Model boleh simpel, tapi untuk urusan warna pilihlah warna-warna pastel yang cerah dan menunjukkan sisi ceria dari anak-anak. Hindari warna putih, karena dikhawatirkan akan cepat terlihat kotor saat anak menikmati makanan khas lebaran saat bersilaturahmi. Selain itu, pilih pakaian yang bermotif untuk anak-anak. Pilih motif yang menarik atau yang bergambar agar anak senang memakai pakaian tersebut. Dengan menggunakan pakaian yang bermotif, tentu anak juga akan terlihat menggemaskan dan penuh gaya.

Pastikan Ukuran Sesuai

Pakaian yang kebesaran atau kekecilan pasti tidak akan nyaman saat dipakai oleh Si Kecil. Pastikan saat membeli, orangtua harus mengetahui ukuran yang pas untuk anak. Jika anak tidak ikut saat orangtua membeli pakaian, orangtua bisa membawa contoh pakaian yang pas dan nyaman dipakai oleh anak, sehingga ukurannya bisa disamakan. Jangan terlalu besar apalagi kekecilan karena akan membatasi gerak anak dan membuat anak tidak nyaman saat beraktivitas.

(Baca juga: 4 Cara Agar Si Kecil Tetap Semangat dan Sehat pada Puasa Pertamanya)

Nah itu adalah tips untuk memilih pakaian yang nyaman bagi Si Kecil. Jangan lupa untuk memadu padankan dengan sepatu atau sandal yang juga nyaman untuk digunakan dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, jangan lupa dicuci sebelum dipakai oleh Si Kecil, dikhawatirkan akan menjadi penyakit untuk anak ke depannya. Nah, jika anak sudah mengalami masalah kulit sensitif dengan pakaian barunya, ibu bisa langsung bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Dengan fitur Contact Doctor, ibu bisa terhubung langsung dengan dokter yang ahli di bidangnya melalui Voice Call, Video Call, atau Chat. Yuk, download langsung aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play!