02 October 2018

Pori-Pori Wajah Membesar? Mungkin Ini Penyebabnya

pori-pori wajah membesar? mungkin ini penyebabnya

Halodoc, Jakarta – Selain komedo dan jerawat, masalah lain pada wajah yang cukup mengganggu adalah masalah pori-pori kulit yang semakin membesar. Pori-pori yang semakin membesar nyatanya bisa menjadi salah satu masalah yang mengurangi rasa percaya diri kamu. Hal ini membuat wajah kamu terlihat memiliki lubang-lubang kecil dan juga memberikan efek kasar saat menggunakan make up.

Banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat pori-pori wajah mengecil. Namun, sebaiknya ketahui beberapa kebiasaan buruk yang bisa menjadi penyebab pori-pori wajah membesar.

1. Malas Membersihkan Wajah Setelah Penggunaan Make Up

Wajah yang tidak menggunakan make up saja sudah sangat rentan terhadap masalah pori-pori wajah yang membesar. Hal ini akibat adanya paparan kotoran dan debu dari polusi sepanjang kamu melakukan aktivitas seharian. Apalagi jika kamu rajin menggunakan make up, tetapi malas untuk membersihkan wajah. Tentu ini bisa menjadi salah satu penyebab pori-pori wajah membesar pada kamu. Semakin malas kamu membersihkan sisa make up pada wajah, tentu pori-pori akan tampak lebih besar karena tersumbat oleh kotoran sisa make up. Kotoran ini nyatanya juga bisa berubah menjadi komedo dan jerawat.

2. Membersihkan Komedo Bukan pada Ahlinya

Ketika terlihat komedo di wajah, sebaiknya jangan kamu bersihkan sendiri dengan tangan kosong. Jika dilakukan tanpa teknik yang baik tentu hal ini malah akan menyebabkan pembesaran pada pori-pori wajah, khususnya bagian wajah yang memiliki komedo. Tidak hanya itu, membersihkan komedo secara asal juga bisa menyebabkan bagian wajah meradang bahkan menyebabkan jerawat. Sebaiknya, bersihkan komedo atau jerawat ke tenaga ahli atau tim medis agar hasilnya lebih baik dan tidak membuat pori-pori wajah kamu semakin membesar.

3. Menggosok Wajah dengan Kasar saat Mengeringkan Wajah

Kebiasaan mengeringkan wajah dengan cara menggosok wajah dengan kasar terkadang menjadi kebiasan yang selalu dilakukan. Banyak dampak buruk bagi wajah jika kamu terus-menerus melakukan hal tersebut. Salah satunya adalah membuat pori-pori wajah membesar. Sebaiknya saat mengeringkan wajah hindari menggosok wajah. Apalagi menggosok dengan arah dari atas ke bawah. Hal ini akan membuat pori-pori semakin terlihat besar. Karena itu, tepuk-tepuk wajah dengan halus saat mengeringkan wajah.

4. Membiarkan Wajah Terpapar Sinar Matahari Langsung

Saat akan melakukan aktivitas di luar ruangan, sebaiknya gunakan tabir surya untuk menjaga kesehatan kulit wajah kamu. Tidak hanya tabir surya, kamu bisa gunakan topi untuk menghindari paparan sinar matahari langsung ke wajah. Membiarkan wajah terpapar sinar matahari langsung nyatanya dapat membuat pori-pori wajah kamu terlihat lebih besar. Tidak hanya itu, banyak dampak buruk lainnya untuk kesehatan kulit wajah saat terpapar sinar matahari langsung. Misalnya, wajah kamu bisa menjadi kering, belang, dan yang paling parah wajah bisa saja terbakar paparan sinar matahari.

5. Wajah Memproduksi Minyak Secara Berlebihan

Minyak pada wajah memang memiliki manfaat untuk melembapkan kulit wajah. Namun saat wajah memproduksi minyak secara berlebihan, hal ini dapat membuat pori-pori wajah kamu terlihat lebih besar. Ini dikarenakan banyaknya minyak di wajah dan penumpukan kotoran maupun sel-sel kulit yang mati.

Tidak ada salahnya untuk menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung mengenai kesehatan dan merawat kulit wajah kamu. Yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: