06 February 2018

Punya Alergi Makeup? Tetap Cantik dengan Trik Dandan Ini

Punya Alergi Makeup? Tetap Cantik dengan Trik Dandan Ini

Halodoc, Jakarta – Wanita dan makeup adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Kebanyakan wanita dan mungkin kamu juga salah satunya enggak akan percaya diri keluar rumah tanpa menggunakan makeup. Bahkan kemana pun kamu pergi, kantung makeup pasti selalu ada di dalam tas agar bisa touch up.

Tapi bagi kamu yang punya kulit sensitif, makeup yang mengandung bahan-bahan tertentu mungkin bisa menyebabkan alergi. Oleh karena itu, sebaiknya baca dulu tips dandan ini kalau kamu punya alergi makeup  

Pemakaian makeup yang tidak cocok di kulit adalah salah satu alasan munculnya alergi pada wajah. Selain itu, ada juga produk-produk makeup yang memiliki kandungan bahan yang berat dan berbahaya seperti merkuri dan lainnya. Untuk kamu si pemilik kulit sensitif, produk-produk tersebut harus dihindari karena dapat memicu alergi. Kulit wajah bisa memerah, gatal-gatal, bahkan timbul jerawat jika alergi sudah mulai muncul. Jangan khawatir, buat kamu yang punya alergi makeup, kamu tetap masih bisa dandan kok. Cari tahu cara tetap cantik dengan trik dandan ini, ya:

1. Pilih Kosmetik Sesuai Jenis Kulit

Setiap wanita punya jenis kulit yang berbeda-beda. Ada yang kulitnya kering, berminyak, kombinasi, sampai sensitif. Memilih produk kosmetik sesuai jenis kulit adalah salah satu cara untuk mencegah timbulnya alergi kulit. Kamu bisa mengetahui jenis kulit kamu dengan membicarakannya kepada dokter kecantikan melalui aplikasi Halodoc. Namun, bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, kamu sebaiknya menggunakan produk makeup berbahan ringan yang terbuat dari bahan alami.

2. Cuci Tangan dan Wajah

Sebelum mulai berdandan, cucilah dulu tangan dan wajah agar kosmetik tidak tercampur dengan keringat, bakteri atau debu yang terdapat di tangan atau wajah. Kosmetik yang bercampur dengan kotoran dapat memicu timbulnya alergi. Selain itu, mengaplikasikan kosmetik pada kulit wajah yang bersih tentunya akan memberikan hasil yang maksimal.

3. Tes Terlebih Dahulu

Sebelum membeli produk kosmetik baru, mintalah free sample agar kamu bisa mencobanya terlebih dahulu di kulit wajah. Lihat reaksinya minimal dalam 8 jam. Jika tidak terjadi reaksi apa-apa, maka kosmetik tersebut aman kamu gunakan. Tapi jika muncul gejala-gejala alergi tidak lama setelah memakainya, jangan lanjutkan pemakaian. Atau jika tidak memungkinkan meminta tester, pilihlah produk berlabel “telah teruji oleh ahli kulit”, “allergic free” atau “hypoallergenic”.

4. Jangan Pinjam-Meminjam Kosmetik

Berbagi kosmetik sama saja dengan berbagi kuman. Walaupun kosmetik tersebut adalah miliki sahabat sendiri yang sangat menjaga kebersihannya, tetap hindari meminjam kosmetik orang lain jika tidak ingin muncul alergi.

5. Hati-hati Menggunakan Maskara

Aplikasikan maskara mulai dari bagian tengah bulu mata dan jangan mulai dari akar. Saat memakai eyeliner juga hindari mengaplikasikan pada margin kelopak mata bagian dalam.

6. Pengguna Lensa Kontak Hindari Pakai Eyeshadow

Serbuk-serbuk berwarna dari eyeshadow sangat mungkin untuk masuk ke mata dan menempel pada lensa kontak, sehingga bisa menyebabkan kornea matamu iritasi.

7. Jangan Terkecoh Dengan Label “Natural”

Produk berbahan alami belum tentu tidak akan menyebabkan alergi, karena ada sebagian orang yang alergi terhadap bahan alami, seperti lanolin yang diambil dari bulu domba.

Itulah tips-tips bagi kamu yang punya kulit sensitif untuk mencegah timbulnya alergi saat mengenakan makeup. Kamu bisa membicarakan masalah kulit kepada dokter Halodoc melalui Video/Voice Call dan Chat. Halodoc juga memudahkan kamu untuk mendapatkan produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan. Tinggal order melalui aplikasi dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Ingin melakukan tes kesehatan? Halodoc kini memiliki fitur Lab Service yang memudahkanmu melakukan berbagai macam tes kesehatan. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.