04 September 2017

Rahasia Probiotik Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Rahasia Probiotik Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Halodoc, Jakarta -  Gangguan pencernaan bisa membuat aktivitas sehari-hari kamu terganggu. Bergerak jadi tidak nyaman karena kondisi pencernaan tidak baik. Kamu tidak bisa melakukan hal-hal yang kamu sukai seperti berolahraga atau hangout bersama teman-teman di akhir pekan. Tak hanya itu, kamu pun harus lebih hati-hati dalam memilih makanan jika pencernaan sedang terganggu.

Menurut penelitian sekitar 80 persen dari sistem imun manusia itu terletak pada saluran cerna. Sehingga para ahli medis sepakat bahwa saluran cerna yang sehat merupakan cermin dari kesehatan tubuh secara umum.

Namun tahukah kamu jika saluran cerna dapat dikatakan sehat apabila memiliki kandungan bakteri baik (probiotik) yang cukup? Probiotik dapat melawan berkembangnya bakteri jahat yang diakibatkan oleh kebiasaan makan yang tidak baik, kebersihan yang tidak terjaga, diare, atau efek dari penggunaan obat.

Manfaat Probiotik
Tak hanya untuk kesehatan pencernaan, probiotik memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Keberadaan probiotik dalam tubuh manusia sendiri bertugas untuk menyeimbangkan jumlah bakteri baik dan jahat sehingga tidak memberikan efek negatif bagi kesehatan. 

Ada banyak jenis probiotik namun yang paling banyak digunakan adalah jenis lactobacillus. Jenis bakteri ini memiliki sekitar 50 jenis yang secara alami ada di saluran pencernaan, kemih, dan sistem genital. Bakteri ini juga bisa ditemukan dalam makanan hasil fermentasi seperti yogurt.

Selain lactobacillus juga ada bakteri lain seperti Bifidobacteria yang baik untuk meringankan sindrom iritasi usus, streptococcus thermophilus yang baik mencegah alergi susu sapi, dan probiotik dari jamur jenis saccharomyces boulardi yang baik untuk mencegah dan mengobati diare.

Selain untuk mengatasi masalah pencernaan, probiotik juga bermanfaat untuk mengatasi masalah kesehatan seperti alergi pilek, gangguan kesehatan saluran kemih dan alat vital wanita, gangguan kulit seperti eksim, gangguan kesehatan mulut, dan gangguan sistem pernafasan.

Sumber Probiotik
Saat ini sudah banyak produk makanan, minuman, hingga suplemen yang mengandung probiotik. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan sumber probiotik untuk dikonsumsi sehari-hari. Beberapa sumber probiotik yang mudah ditemui adalah:

1.  Yogurt
Salah satu sumber probiotik yang sudah banyak diketahui dan paling mudah ditemukan. Yogurt berasal dari susu yang difermentasikan dan mengandung lactobacillus atau acidphilus. Produk olahan susu yang satu ini sudah diproduksi dengan banyak merek dan rasa. Sehingga kamu bisa memilih jenis yang kamu sukai.

2.  Kefir
Dibuat dari susu kambing yang difermentasi dan tepung kefir membuat produk olahan susu yang satu ini kaya akan antioksidan.

3.  Sauerkraut
Sayuran ini mungkin masih asing bagi kamu. Namun umumnya dibuat dari hasil fermentasi kol yang kaya probiotik dan berguna untuk mengurangi alergi dan menjadi salah satu makanan asal Jerman yang populer. Selain itu, makanan ini pun kaya akan vitamin seperti A, B, C, dan E.

4.  Tempe
Bagi orang Indonesia tentu sudah tak asing dengan makanan hasil fermentasi dari kacang kedelai ini. Mengandung B12, makanan ini termasuk jenis makanan vegetarian, lho.

5. Kimchi
Bisa dikatakan bahwa makanan asal negeri Ginseng ini adalah Sauerkraut versi Asia. Umumnya makanan ini difermentasi dari sawi atau lobak dan memiliki rasa yang asam seklaigus pedas. Tak hanya mengandung bakteri baik, kimchi juga mengandung beta-carotene, kalsium, zat besi, dan serta vitamin yang bermanfaat bagi tubuh.

Probiotik Terbaik
Probiotik memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun demikian bukan berarti setiap orang aman mengonsumsi probiotik. Ada beberapa yang menunjukkan reaksi alergi jika dikonsumsi secara berlebihan. Oleh karena itu openting untuk memilih jenis asupan probiotik yang tepat terutama bagi bayi, anak-anak, ibu hamil dan menyusui, lansia, dan orang yang memiliki gangguan sistem imun.

Yang paling aman adalah memilih suplemen probiotik untuk dikonsumsi sehari-hari. WHO menyatakan syarat-syarat suplemen probiotik yang baik adalah yang memiliki kriteria:

  • Berasal dari manusia
  • Dapat tumbuh dan bertahan di mukosa saluran cerna
  • Tahan terhadap asam lambung dan cairan empedu
  • Menghasilkan zat antimikroba
  • Mampu melawan mikroorganisme jahat (pathogen)
  • Terdokumentasi penelitian klinis yang baik


INTERLAC merupakan suplemen probiotik yang telah memenuhi syarat baik dari WHO. Kamu bisa mengonsumsi INTERLAC untuk menambah asupan probiotik yang kamu butuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan pencernaan. Tak hanya bagi orang dewasa, INTERLAC baik dikonsumsi untuk segala usia, mulai dari bayi baru lahir dan prematur, ibu hamil dan menyusui, anak-anak dan remaja, hingga orang dewasa dan lansia. Jadi tak usah ragu untuk memilih INTERLAC sebagai produk suplemen pilihan untuk kamu dan keluarga, ya!

Atasi masalah pencernaan dengan cara yang tepat. Kamu juga bisa bicara dengan dokter untuk menjaga daya tahan tubuh tetap prima. Kamu gunakan aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter spesialis atau ahli gizi pilihan. Dengan Halodoc, kamu dapat menghubungi dokter kapan saja, dimana saja melalui Voice/Video Call dan Chat.

Tak hanya itu, produk kesehatan yang dibutuhkan pun tersedia di Halodoc, cukup order melalui Halodoc dan pesanan pun siap diantar. Khusus selama bulan September sampai Oktober, Halodoc memberikan diskon spesial hingga Rp 30.000 untuk pembelian produk INTERLAC. Jadi download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang!