18 December 2017

Ramuan Alami untuk Membersihkan Usus

Ramuan Alami untuk Membersihkan Usus

Halodoc, Jakarta – Menjaga kebersihan tubuh adalah hal yang harus dilakukan agar tetap sehat. Tak hanya organ luar yang terlihat, sejumlah organ dalam pun harus dijaga kebersihannya. Seperti usus yang berfungsi dalam proses pencernaan manusia.

Tentunya cara membersihkan organ dalam tidak sama dengan organ-organ luar tubuh. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk membersihkan usus adalah dengan meminum ramuan alami. Lalu apa saja jenis-jenis ramuan yang dapat dibuat di rumah untuk membersihkan usus?

1. Jahe

Jahe ternyata dapat bertindak sebagai antitoksin pada usus. Selain itu, mengonsumsi jahe pun dapat membantu proses pembersihan usus, sehingga pencernaan akan menjadi lebih lancar.

Menariknya, untuk mendapatkan manfaat dari jahe kamu bisa mengonsumsinya dengan banyak cara seperti diparut, dipotong atau dijus dan direbus. Untuk membersihkan usus, cobalah untuk mengonsumsi dua cangkir rebusan jahe yang dicampur dengan perasan lemon dan madu.

2. Buah Alpukat

Rutin mengonsumsi buah-buahan terbukti dapat menjaga usus tetap sehat. Salah satu yang terbaik adalah alpukat. Buah yang satu ini banyak mengandung serat baik jenis larut maupun tidak. Kandungan tersebut baik untuk tubuh dan dapat menjaga usus tetap bersih.

3. Jus Apel

Tak hanya serat, apel juga banyak mengandung pektin yang merupakan komponen karbohidrat yang memiliki peran sebagai zat pengental dalam lambung. Kandungan ini disebut mampu untuk menjaga usus agar tetap bersih. Pasalnya saat mengonsumsi pektin, toksin dan zat berbahaya lain dalam tubuh dapat dikeluarkan. Zat yang satu ini juga dapat menguatkan dinding usus.

4. Perasan Lemon

Lemon banyak mengandung antioksidan dan vitamin C terbaik. Kedua zat tersebut sangat baik untuk dikonsumsi tubuh, termasuk untuk melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, mengonsumsi perasan lemon secara teratur pun dapat membuat usus tetap bersih.

Untuk membuat ramuan lemon, campurkan perasan dari satu butir lemon dan tambahkan dengan satu gelas air hangat. Kamu juga bisa menambahkan sedikit garam dan madu untuk memperkaya manfaatnya.

5. Produk Probiotik

Untuk membersihkan usus, kamu bisa mencoba dengan mengonsumsi makanan atau produk yang mengandung probiotik. Yaitu bakteri sehat yang akan mendorong dan melancarkan pencernaan yang kemudian mengeluarkan makanan dalam bentuk kotoran alias feses.

Di pasaran,  ada banyak  produk yang mengandung probiotik seperti yogurt, makanan korea kimchin dan miso. Namun hati-hati, penting untuk membedakan antara probiotik dengan prebiotik. Yang membedakannya adalah prebiotik merupakan serat larut yang berfungsi untuk membantu dinding usus besar menjadi lebih halus sehingga pergerakan feses di usus besar menjadi lebih cepat.

6. Air

Untuk menjaga usus tetap bersih, perbanyaklah minum air. Pada dasarnya segala jenis cairan baik untuk menjaga usus dan mencegah masalah pencernaan, seperti sembelit. Namun yang terbaik adalah air putih. Salah satu cara untuk menjaga kebersihan usus adalah dengan memenuhi kebutuhan dalam tubuh, yaitu setidaknya dua  liter setiap hari.

Jika kamu kurang minum air putih, maka risiko mengalami dehidrasi akan meningkat. Sebab sebagian besar tubuh manusia terdiri dari cairan. Selain itu, menjaga kebersihan usus pun dapat dilakukan dengan menjaga pola makan yang sehat.

Kalau kamu memiliki keluhan seputar masalah kesehatan atau butuh saran dokter untuk merencanakan pola hidup sehat, pakai aplikasi Halodoc saja. Halodoc bisa di-download di App Store dan Google Play. Lewat Halodoc kamu bisa bicara dengan dokter menggunakan Video/Voice Call dan Chat. Kamu pun bisa membeli produk kesehatan dan obat di Halodoc. Pesanan akan diantar dalam waktu satu jam ke rumah!