• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ramuan Alami untuk Membersihkan Usus
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ramuan Alami untuk Membersihkan Usus

Ramuan Alami untuk Membersihkan Usus

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 25 Februari 2022
Ramuan Alami untuk Membersihkan UsusRamuan Alami untuk Membersihkan Usus

Mengonsumsi makanan tertentu bisa membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan, terutama usus. Faktanya, ada jenis makanan yang bisa membantu membersihkan usus, seperti jahe, probiotik, serta buah dan sayur-sayuran. “


Halodoc, Jakarta – Membersihkan usus bisa dilakukan dengan cara alami, yaitu mengonsumsi makanan dan minuman tertentu. Mengapa hal ini penting? Sebab, usus yang terjaga dan sehat bisa menunjang sistem pencernaan agar tetap baik. Dengan begitu, kondisi serta kesehatan tubuh secara menyeluruh juga akan selalu terjaga. 

Faktanya, sistem pencernaan memegang peran yang penting bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Pencernaan yang terjaga dengan baik bisa memberi perasaan senang, bahagia, dan memudahkan aktivitas sehari-hari. Nah, sebagai bagian dari sistem pencernaan, usus merupakan organ yang harus selalu dirawat dengan baik.

Beragam Cara Membersihkan Usus  

Usus besar merupakan salah satu organ paling penting dalam saluran pencernaan. Karena itu, menjaga kesehatan dan kebersihannya adalah hal yang penting dilakukan. Oleh karena alasan tersebut, banyak orang yang kemudian mencari cara untuk bisa membersihkan usus secara alami. Meskipun begitu, penelitian menyebut bahwa efek dari pembersihan usus sebenarnya tidak terlalu berpengaruh. 

Namun tidak dapat dimungkiri, kondisi usus yang terjaga kebersihannya bisa membantu menurunkan risiko gangguan, seperti sembelit atau buang besar yang tidak teratur. Selain itu, usus yang bersih juga bisa menurunkan risiko kanker usus besar. Lantas, apa saja cara pembersihan usus secara alami yang bisa dilakukan? 

1.Banyak Minum Air Putih 

Tidak hanya untuk menghidrasi tubuh, banyak minum air putih faktanya bisa memberi manfaat bagi kesehatan pencernaan. Orang dewasa disarankan untuk minum air putih setidaknya 6 hingga 8 gelas setiap hari atau setara dengan 2 liter air. Kamu juga bisa mencoba mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air, seperti buah-buahan dan sayuran. Banyak minum air putih faktanya bisa membantu pencernaan lebih lancar. 

2.Makanan Kaya Serat 

Selain kandungan air, serat dalam makanan juga baik untuk pencernaan dan bisa membantu membersihkan usus. Kamu bisa coba mengonsumsi jenis makanan kaya serat, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Mengonsumsi makanan kaya serat juga bisa membantu menurunkan risiko susah buang air besar alias sembelit. 

3.Probiotik 

Menambahkan probiotik ke dalam menu makan harian juga menjadi satu cara untuk membersihkan usus besar. Selain itu, mengonsumsi probiotik juga bisa meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Ada beberapa jenis makanan yang kaya akan probiotik, seperti yoghurt dan kimchi

4.Teh Herbal 

Mengonsumsi teh herbal atau ramuan dari rempah-rempah juga baik untuk kesehatan pencernaan, termasuk usus. Ada beberapa jenis herbal yang bisa dicoba, seperti jahe, lidah buaya, atau lemon. Mengonsumsi makanan pedas dari cabai juga dipercaya bisa memberi efek pembersihan pada sistem pencernaan, karena dianggap bisa menekan bakteri jahat. 

Kelola Stres dengan Baik 

Selain mengonsumsi makanan tertentu, menjaga kesehatan organ pencernaan juga bisa dilakukan dengan mengelola stres. Faktanya, stres merupakan penyebab paling umum terjadinya berbagai gangguan kesehatan, tidak terkecuali gangguan pencernaan. Saat mengalami perasaan tertekan, cobalah untuk menguranginya dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan. 

Selain itu, pastikan juga untuk menerapkan gaya hidup sehat, seperti berolahraga dan cukup tidur setiap hari. Kamu juga bisa melengkapinya dengan mengonsumsi suplemen atau multivitamin harian. Biar lebih mudah, cek kebutuhan vitamin kamu di aplikasi Halodoc saja. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim segera ke rumah. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2022. How to Do a Natural Colon Cleanse at Home.
MBG Food. Diakses pada 2022. A Definitive 3-Day Gut Reset Diet, From A Functional M.D.