27 March 2018

Sariawan Tak Kunjung Hilang, Coba 5 Obat Alami

Sariawan Tak Kunjung Hilang, Coba 5 Obat Alami

Halodoc, Jakarta – Meski terlihat sepele, sariawan yang muncul di sekitar mulut bisa sangat mengganggu. Pasalnya, tak hanya membuat sulit berbicara dan membuka mulut, munculnya sariawan juga bisa mengganggu proses mengunyah makanan.

Sariawan adalah sebuah luka yang muncul di jaringan lunak mulut, bibir, lidah atau gusi. Biasanya kondisi ini terjadi karena kebiasaan sehari-hari misalnya menyikat gigi terlalu keras, makanan pemicu sariawan dan tidak menjaga kebersihan mulut sehingga timbul jamur. Pada beberapa kasus, sariawan juga bisa terjadi sebagai tanda tubuh kurang vitamin C dan tidak mendapat asupan air yang cukup.

Meski sariawan bisa sembuh dan hilang dengan sendirinya, pengobatan yang tepat masih diperlukan. Sehingga aktivitas menjadi tidak terganggu. Nah, kamu bisa mencoba untuk meredakan sariawan dengan bahan makanan alami. Apa saja?

  1. Madu

Mengonsumsi madu bisa menjadi penawar bagi luka sariawan. Sebab madu asli mengandung antibakteri yang ampuh untuk mengobati sariawan. Selain itu, madu pun dapat membantu meningkatkan kelembaban bibir sehingga terhindar dari bibir pecah-pecah dan kering.

Kalau kamu mengalami sariawan yang tak kunjung sembuh, cobalah untuk mengoleskan madu ke area yang terluka secara rutin. Kamu juga bisa mencoba mencampurkan kunyit sehingga proses penyembuhan luka akan semakin optimal. Oleskan ramuan ini setiap beberapa jam sekali untuk mendapatkan bibir yang sehat dan terhindar dari sariawan.

  1. Jeruk

Salah satu pemicu sariawan adalah tubuh kekurangan asupan vitamin C. Dan cara terbaik untuk mengobatinya adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin ini, salah satu sumber vitamin C terbaik adalah buah jeruk.

Buah yang satu ini terkenal memiliki rasa yang sedikit asam, tapi memberikan sensasi menyegarkan. Dan ternyata, ada banyak manfaat lain yang bisa didapat salah satunya untuk mengobati sariawan. Cobalah untuk minum dua gelas perasan jeruk untuk meredakan nyeri pada luka sariawan.

  1. Air Garam

Pernah dengar nasihat untuk berkumur dengan air garam saat sakit gigi? Ternyata ramuan ini juga dipercaya dapat membantu menyembuhkan sariawan di mulut, lho. Air garam memiliki efek menenangkan pada luka sariawan. Selain itu, garam juga bermanfaat untuk membantu mempercepat proses penyembuhan jaringan lunak. Saat sariawan enggak juga hilang, cobalah berkumur dengan segelas air hangat yang  sudah dicampur dengan satu sendok makan garam.

  1. Minyak Kelapa

Salah satu obat alami sariawan adalah minyak kelapa. Mengoleskan minyak kelapa di area sariawan dapat membantu mengurangi pembengkakan dan membuat mulut jadi lebih nyaman. Minyak kelapa juga mengandung anti imflamasi yang bisa meredakan nyeri akibat sariawan.

Pertama-tama cuci bagian mulut yang sariawan dengan air bersih. Lalu teteskan minyak kelapa pada sebuah bola kapas yang bersih, dan oleskan secara teratur ke mulut dan bibir. Agar hasil maksimal, ulangi cara ini beberapa kali dalam satu hari.

  1. Cuka Sari Apel

Cara pengobatan yang satu ini mungkin akan terasa sedikit perih dan menyakitkan. Namun, mengobati sariawan dengan cuka sari apel sangat patut untuk dicoba. Sifat asam yang dimiliki cuka sari apel nyatanya ampuh untuk meredakan luka sariawan.

Selain mengaplikasikan obat alami, sariawan juga bisa diobati dan dicegah dengan rutin membersihkan rongga mulut. Selain itu, cobalah untuk memenuhi asupan vitamin C dan air sehingga terhindar dari kekeringan. Kalau sariawan tak kunjung hilang, coba bicarakan kondisi kamu ke dokter di aplikasi Halodoc. Dokter bisa dihubungi lewat Video/Voice Call dan Chat. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!