• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Sebelum Donor Darah, Konsumsi 3 Makanan Ini Dulu

Sebelum Donor Darah, Konsumsi 3 Makanan Ini Dulu

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta –  Donor darah adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membantu orang lain yang membutuhkan. Biasanya, donor darah dilakukan oleh orang-orang yang dianggap cukup sehat kepada orang lain yang membutuhkan tambahan darah.

Tentu saja hal itu tidak dilakukan dengan sembarangan. Ada banyak faktor yang diperatikan dalam kegiatan donor darah, mulai dari kecocokan darah antara pendonor dan penerima, hingga kondisi kesehatan calon pendonor. Nyatanya faktor yang satu ini cukup penting untuk dipastikan.

(Baca juga:  Ingin Jadi Pendonor Darah? Cek Syaratnya Di sini)

Orang yang ingin mendonorkan darah harus memiliki tubuh yang sehat karena akan ada bagian yang “diambil” dari tubuh. Salah satu unsur penting yang harus diperhatikan pendonor adalah persiapan makanan dan minuman, terutama yang banyak mengandung zat besi. Sebab saat melakukan donor darah, tubuh akan kehilangan zat besi dalam tubuh. Saat kadar zat besi rendah, maka kamu akan lebih mudah lemas bahkan bisa memicu penyakit lain.

Nah, agar tubuh tetap sehat setelah donor darah, pastikan untuk menyantap makanan yang sehat terlebih dahulu. Yuk cari tahu jenis makanan apa yang baik dikonsumsi sebelum donor darah!

1. Sumber zat besi

Nyatanya zat besi yang akan paling banyak banyak hilang saat seseorang melakukan donor darah. Padahal, zat besi merupakan mineral yang sangat penting untuk membentuk hemoglobin. Hemoglobin berperan dalam pengangkutan oksigen dari paru-paru  ke seluruh tubuh.

Jadi untuk menjaga kadar zat besi tidak menurun drastis, perbanyak konsumsi makanan sumber zat besi. Sebab jenis makanan tersebut akan membantu tubuh menyimpang cadangan zat besi dalam tubuh. Hal itu pun akan berguna untuk menggantikan zat besi yang hilang.

Beberapa jenis makanan sumber zat besi yang dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum donor darah adalah daging sapi, domba, ayam, dan makanan laut seperti ikan, kerang, tuna, serta udang. Selain itu zat besi juga bisa didapat dari telur dan hati ayam.

(Baca juga: 5 Makanan Penambah Darah)

2. Vitamin C

Tak hanya zat besi, tubuh juga membutuhkan cadangan vitamin C sebelum donor. Pasalnya, asupan vitamin ini sangat penting dan dapat membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Ada beberapa jenis makanan yang mengandung jenis vitamin ini. Beberapa yang paling populer adalah buah jeruk, kiwi, manga, papaya, nanas, semangka. Selain itu buah asam seperti stroberi dan blueberry ternyata juga menyimpang banyak vitamin C yang baik untuk tubuh.

3. Air putih

Selain vitamin dan mineral, tubuh juga membutuhkan cairan yang cukup sebelum melakukan donor darah. Salah satu cara terbaik untuk menjaga cairan tubuh adalah dengan mengonsumsi cukup air putih. Sebab saat donor, kadar air dalam tubuh juga akan mengalami penurunan.

Jika tubuh kekurangan cairan, risiko mengalami dehidrasi pun akan semakinn tinggi. Selain itu, kurang asupan cairan juga bisa menyebabkan tekanan darah mengalami penurunan dan membuat kamu jadi lebih mudah lemas dan merasa pusing.

Jadi, penting untuk selalu mengonsumsi setidaknya dua gelas air putih sebelum mendonorkan darah. Asupan cairan juga akan membantu mengembalikan volume darah menjadi normal.

(Baca juga: Ini Alasan Kenapa Harus Rutin Donor Darah)

Kamu juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melakukan donor darah. Cobalah untuk berbicara dengan dokter di aplikasi Halodoc. Dokter bisa dihubungi lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan rekomendasi hidup sehat dan tips sebelum melakukan donor darah. Ayo, download Halodoc di App Store dan Google Play!