21 May 2018

Selamat Tinggal Depresi

Selamat Tinggal Depresi

Halodoc, Jakarta – Depresi bisa terjadi pada setiap orang di usia berapapun. Walaupun ternyata depresi lebih sering menyerang wanita ketimbang laki-laki. Depresi merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang wanita.

Depresi adalah perubahaan perasaan yang membuat pengidapnya merasa sedih dan kehilangan minat secara terus-menerus. Depresi memengaruhi perasaan, cara berpikir, dan berperilaku seseorang. Gangguan perasaan ini bisa berlangsung selama berhari-hari atau berminggu-minggu sehingga merusak hubungan sosial dengan orang lain. Kondisi ini membuat si pengidap perlu mendiskusikan gangguan perasaan yang mereka alami kepada dokter atau psikolog.

(Baca juga: 5 Penyebab Depresi yang Sering Diabaikan)

Kamu bisa bertanya kepada dokter ahli di aplikasi Halodoc melalui voice/video call atau chat. Agar bisa mengucapkan selamat tinggal kepada depresi, kamu bisa coba  tips berikut ini!

Meditasi

Untuk menghilangkan stres sehari-hari, sisihkan 30 menit waktu kamu setiap hari memfokuskan pikiran dan bermeditasi. Meditasi ini dapat mengatasi kecemasan dan gangguan suasana hati lainnya. Bayangkan dirimu berada di tempat damai sehingga suasana hati yang buruk bisa menjadi baik.

Tambah asupan vitamin B

Vitamin B dan B-12 membantu membentuk produksi senyawa kimia dalam otak yang memengaruhi suasana hati, seperti serotonin, epinephrine, dan dopamin. Kebutuhan vitamin ini bisa terpenuhi dengan mengkonsumsi makanan seperti ikan salmon, bayam, paprika, daging, telur, susu rendah lemak, dan lainnya.

Tambahkan suplemen vitamin B agar nutrisi yang kamu butuhkan terpenuhi. Tanyakan dokter untuk mendapatkan suplemen yang tepat ya. Di aplikasi Halodoc kamu juga bisa memesan vitamin dan obat lewat smartphone kamu lho. Kamu juga bisa melakukan cek lab tanpa perlu keluar rumah. Mudah dan praktis.

Tetapkan tujuan kamu

Depresi cenderung membuat seseorang merasa tidak bisa berbuat apa-apa. Merasa tidak berdaya dan tidak berarti. Untuk mengusir perasaan itu, kamu bisa menetapkan tujuan kamu setiap hari. Perlahan, perasaan bahagia bisa muncul akibat pencapaian tersebut.

Tidur yang teratur

Depresi justru sering membuat seseorang susah tidur. Tapi ini justru memperburuk keadaan. Karena itu sebaiknya ubah gaya hidup kamu, tidurlah setiap malam di waktu yang sama dan bangunlah di waktu yang sama pula. Padamkan televisi dan gadget kamu saat akan istirahat agar tidak terganggu.

Mencoba hal baru

Mencoba hal baru akan membuat diri merasa tertantang. Tantangan ini merangsang perubahan senyawa kimia di otak, meningkatkan kadar dopamin yang berhubungan dengan rasa senang dan pembelajaran.

Bicara dengan orang yang kamu percaya

Menceritakan perasaan dan masalah kepada orang yang kita percaya selalu melegakan. Selain bisa mendapatkan solusi, kamu juga akan mendapatkan dukungan emosional dari orang lain.

Olahraga ringan

Jalan pagi, peregangan ringan, atau olah pernapasan yang sederhana membantu mengatasi gejala depresi. Olahraga merangsang produksi endorfin sehingga kamu bisa berpikir lebih positif dan percaya diri.

(Baca juga: Fakta Depresi pada Remaja Perempuan)

Depresi merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang wanita. Jika kamu merasakan gejala depresi, jangan simpan sendiri tekanan emosional kamu, diskusilah dengan dokter seperti dengan dokter di aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang.