Serangan Jantung pada Wanita, Ini Dia Gejalanya!

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Serangan Jantung pada Wanita, Ini Dia Gejalanya!

Halodoc, Jakarta – Salah satu penyakit yang sering menyerang wanita adalah serangan jantung. Gejala serangan jantung pada wanita berbeda dengan yang terjadi pada pria. Ciri-ciri nyeri dada yang turun ke satu lengan tidak selalu bisa ditemukan pada wanita. Gejalanya sering samar-samar, sehingga sering terabaikan.

Kenali gejala serangan jantung pada wanita lewat tanda-tanda berikut ini. Jika kamu mungkin merasakan gejala seperti ini, sebaiknya kamu menanyakannya kepada dokter. Kamu bisa menghubungi dokter ahli di aplikasi Halodoc melalui video/voice call atau chat. Para dokter akan membantu kamu mengenali apakah tanda-tanda yang kamu alami merupakan gejala serangan jantung. Mencegah pasti selalu lebih baik dari mengobati kan? Ini dia gejala serangan jantung pada wanita.

  1. Nyeri Dada

Nyeri dada pada wanita seperti terasa kepenuhan. Rasa sakit tersebut tidak hanya di sisi kiri saja, tetapi bisa di mana saja dan membuat si pengidapnya benar-benar merasa tidak nyaman.

  1. Nyeri di Lengan, Punggung, Leher, atau Rahang

Berbeda dengan pria, pada wanita, gejala serangan jantung lebih sering terjadi tidak hanya di dada tetapi juga punggung dan rahang. Bahkan, di bagian tubuh lainnya di atas pinggang mungkin akan terasa sakit yang bisa membangunkan kamu saat sedang tidur.

  1. Sakit Perut

Banyak yang beranggapan, sakit perut hanya gejala mag, flu, atau tukak lambung. Ahli jantung Nieca Goldberg, MD, Direktur Medis Joan H. Tisch Center for Women’s Health di NYU Langone Medical Center, New York, Amerika Serikat mengatakan bahwa gejala serangan jantung pada wanita bisa menyebabkan tekanan di perut yang terasa sangat menyiksa.

  1. Sesak Napas, Mual, atau Pusing

Jika kamu merasakan kesulitan bernapas tanpa alasan yang jelas, ini merupakan gejala lain dari serangan jantung.

  1. Keringat Dingin

Berkeringat dingin seperti karena stres bisa terjadi pada wanita dengan gejala serangan jantung, bukan berkeringat seperti habis berolahraga.

  1. Kelelahan

Gejala lain serangan jantung adalah mudah merasa sangat lelah meskipun hanya duduk sementara waktu dan tidak bergerak banyak.

Nah, itu tadi gejala serangan jantung, penyakit yang sering menyerang wanita. Gejala untuk tiap orang mungkin bisa berbeda-beda. Jika kamu merasa menemukan beberapa gejalanya, sebaiknya hubungi dokter. Bisa melalui aplikasi Halodoc, lho. Di aplikasi ini kamu juga bisa melakukan cek lab dan membeli obat-obatan dengan layanan Apotek Antar. Mudah dan praktis. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.