29 January 2018

Serba Serbi Hilangkan Tahi Lalat

Serba Serbi Hilangkan Tahi Lalat

Halodoc, Jakarta – Tahi lalat adalah kondisi kulit yang normal dan dimiliki oleh hampir semua orang. Tahi lalat bisa muncul di bagian tubuh mana saja, dan terkadang bisa mempermanis wajah. Namun, ada juga orang yang merasa terganggu dengan kehadiran si bintik hitam ini karena letaknya yang tidak pas. 

Kamu pastinya sudah kenal dengan benjolan kecil berwarna cokelat atau hitam yang muncul pada kulit yang disebut dengan tahi lalat. Seseorang bisa memiliki tahi lalat sejak masih kecil, dan benjolan tersebut masih bisa berkembang selama 20 tahun pertama kehidupannya.

Memiliki tahi lalat sebanyak 10-40 buah saat dewasa masih termasuk kondisi yang normal, karena tahi lalat bersifat jinak dan tidak membahayakan. Namun, ada juga tahi lalat yang sifatnya ganas, yaitu kanker kulit melanoma. Tahi lalat jenis itu harus dihilangkan dari tubuh. Kamu pun juga boleh menghapus tahi lalat yang tidak ganas jika kamu merasa terganggu dengan kehadirannya.

Sebelum menghilangkan tahi lalat, periksa dulu apakah ada perubahan terhadap diameter, ketebalan, bentuk, dan warnanya. Selain itu, perhatikan apakah tahi lalatmu menimbulkan rasa nyeri atau berdarah.

Tahi lalat bisa dihilangkan dengan operasi maupun secara alami. Menghilangkan tahi lalat dengan cara operasi hanya butuh waktu yang singkat dan tidak perlu menjalani rawat inap. Berikut beberapa cara menghilangkan tahi lalat dengan metode operasi:

  • Bedah Cukur

Metode ini tidak memerlukan jahitan dan dapat digunakan untuk menghilangkan tahi lalat yang berukuran kecil. Pertama-tama, dokter akan membius jaringan yang berada di daerah tahi lalat yang ingin dihilangkan. Lalu, dengan menggunakan sebuah pisau kecil, area di sekitar tahi lalat akan dipotong sampai ke bagian bawahnya.

  • Bedah Eksisi

Untuk menghilangkan tahi lalat yang berukuran cukup besar bisa dengan cara bedah eksisi. Caranya hampir mirip dengan bedah cukur, yaitu pertama-tama, jaringan di sekitar tahi lalat akan dibius, kemudian dokter akan memotong tahi lalat beserta jaringan kulit di sekitarnya dengan menggunakan pisau bedah. Setelah itu, dokter akan menutup luka dengan jahitan.

  • Membakar Tahi Lalat

Pilihan cara lainnya untuk menghilangkan tahi lalat adalah dengan cara dibakar. Dokter akan membakar lapisan atas tahi lalat dengan cara menempelkan logam panas bertenaga listrik pada tahi lalat. Metode ini tidak akan menyebabkan pendarahan, namun butuh dilakukan berkali-kali agar tahi lalat dapat hilang sepenuhnya.

  • Membekukan dengan Cairan Nitrogen

Selain dengan cara dibakar, tahi lalat juga bisa dihilangkan dengan cara dibekukan. Dokter akan menyemprotkan cairan super dingin yang berasal dari nitrogen dalam dosis kecil pada tahi lalat. Dalam beberapa saat, tahi lalat akan hilang, tapi akan meninggalkan luka lepuh seukuran tahi lalat. Namun, jangan khawatir, luka lepuh ini akan hilang dengan sendirinya.

Selain dengan bantuan dokter, kamu pun bisa menghilangkan tahi lalat sendiri di rumah dengan cara alami berikut:

  • Bawang Putih

Iris bawang putih menjadi dua, lalu tempelkan pada tahi lalat. Tutup dengan perban dan biarkan semalaman. Lakukan perawatan dengan bawang putih selama beberapa hari hingga tahi lalat menghilang.

  • Cuka Sari Apel

Cuka apel sudah dikenal berkhasiat untuk menghilangkan tahi lalat. Asam malat dan tartarat yang terkandung dalam cuka ampuh untuk merontokkan tahi lalat. Caranya adalah bersihkan dahulu wajah, lalu oleskan sedikit cuka ke tahi lalat.

  • Yodium

Bahan alami ini adalah pilihan yang paling baik digunakan untuk orang dengan kulit wajah sensitive, karena tidak akan menimbulkan efek terbakar seperti bawang putih dan cuka apel. Caranya pun sangat mudah, cukup oleskan yodium langsung ke tahi lalat tiga kali dalam sehari. Dan lakukan perawatan ini setiap hari hingga tahi lalat menghilang.

Jika ingin memilih metode bedah, pastikan kamu memilih dokter bedah tepercaya dan sudah berpengalaman. Segera hubungi dokter, jika kulit mengalami efek tertentu setelah menjalani metode menghilangkan tahi lalat. Kamu juga bisa bertanya mengenai gangguan kulit yang kamu alami kepada ahlinya di Halodoc.

Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan dimana saja. Kini, Halodoc juga sudah memiliki fitur Lab Service yang akan memudahkanmu melakukan tes kesehatan. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Tanpa perlu repot-repot keluar rumah, tinggal order saja dan pesanan akan diantarkan dalam satu jam. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.