06 February 2019

Sering Alami Tangan Kesemutan, Hati-Hati Tanda 5 Gangguan Ini

Sering Alami Tangan Kesemutan, Hati-Hati Tanda 5 Gangguan Ini

Halodoc, Jakarta - Tangan kesemutan adalah hal yang lumrah terjadi pada seseorang. Namun, apabila hal tersebut sering terjadi, mungkin saja disebabkan oleh gejala dari penyakit tertentu. Tangan kesemutan yang terjadi dapat bersifat ringan dan terjadi hanya sebentar. Misalnya ketika tekanan saraf kaku ketika menyilangkan tangan terlalu lama. Hal tersebut dapat diatasi dengan menghilangkan tekanan yang menyebabkannya.

Pada kebanyakan kasus, tangan kesemutan sering terjadi dan disertai gejala lainnya. Misalnya seperti rasa sakit, gatal, mati rasa, dan pengecilan otot. Gejala-gejala tersebut dapat menjadi pertanda gangguan penyakit lain. Hal tersebut mungkin saja disebabkan karena kerusakan saraf, yang dapat disebabkan cedera traumatis atau cedera stres berulang, infeksi bakteri, dan penyakit sistemik (seperti diabetes).

Baca Juga: Sering Kesemutan, Tanda Masalah Kesehatan

Kerusakan saraf yang terjadi atau disebut dengan neuropati perifer, karena dapat memengaruhi saraf yang jauh dari otak dan sumsum tulang belakang, dan seringnya terjadi di tangan dan kaki. Lama-kelamaan, neuropati perifer dapat menjadi lebih buruk, sehingga mengakibatkan mobilitas yang menurun dan bahkan cacat. Umumnya, neuropati perifer sering terjadi pada orang yang sudah tua.

Sangat penting untuk mencari tahu apa yang menyebabkan tangan kesemutan. Semakin dini diketahui penyebab tangan kesemutan, maka kondisi tersebut dapat diidentifikasi dan dikendalikan dengan mudah. Di samping itu, penyakit juga akan semakin mudah untuk ditanggulangi.

Baca Juga: Sering Kesemutan, Tanda Adanya Penyakit Ini

Gangguan yang Terjadi dengan Gejala Tangan Kesemutan

  1. Diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit yang gejalanya tangan kesemutan,  yaitu sekitar 30 persen kasus yang pernah terjadi. Pada seseorang yang mengidap diabetes, kesemutan umumnya terasa di kaki lalu naik ke tangan. Sekitar dua pertiga dari pengidap diabetes memiliki kerusakan saraf yang ringan hingga parah.

  1. Stroke

Seseorang yang merasakan tangan kesemutan hingga mati rasa, dapat menjadi tanda stroke. Tanda lainnya apabila kamu mengidap penyakit stroke adalah kesulitan untuk berbicara atau memahami orang lain, pusing mendadak, atau hilang keseimbangan. Di samping itu, gejala lainnya adalah sakit kepala yang parah dan bermasalah pada salah satu atau kedua mata. Apabila kamu merasakan gejala-gejala tersebut, segeralah untuk periksakan diri ke dokter.

Baca Juga: Kesemutan Bisa Jadi Tanda 3 Penyakit Langka Ini

  1. Saraf Terjepit

Saraf terjepit juga dapat menyebabkan kesemutan pada leher, punggung, tangan, hingga kaki. Saraf terjepit dapat terjadi karena cedera, postur tubuh yang buruk, hingga radang sendi. Selain tangan kesemutan, cedera dapat menyebabkan gangguan saraf dan menimbulkan rasa nyeri pada pengidapnya.

  1. Penyakit Carpal Tunnel

Penyakit carpal tunnel merupakan sebuah penyakit yang terjadi karena gerakan berulang atau getaran yang akhirnya menekan saraf di pergelangan tangan kamu. Hal tersebut dapat menyebabkan tangan kesemutan. Selain itu, gerakan yang berulang tersebut dapat menyebabkan jaringan di sekitar saraf tangan membengkak dan menekan saraf. Pada akhirnya, tekanan tersebut dapat menyebabkan kesemutan disertai dengan mati rasa, terasa sakit, dan salah satu tangan menjadi lemah.

  1. Gangguan Tiroid

Kelenjar tiroid pada leher kamu berfungsi untuk menghasilkan hormon yang mengatur metabolisme tubuh. Tiroid yang kurang aktif atau hipotiroidisme dapat terjadi ketika tiroid kamu memproduksi terlalu sedikit hormon tersebut. Kelainan tersebut yang tidak diobati dapat merusak saraf yang mengirim sinyal ke tangan sehingga menyebabkan kesemutan, mati rasa, hingga lemah.

Itulah gangguan-gangguan yang gejalanya berupa tangan kesemutan. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal kesemutan, dokter dari Halodoc siap membantu. Komunikasi dengan dokter bisa dilakukan dengan mudah melalui Chat atau Voice/Video Call. Selain itu, kamu juga bisa beli obat di Halodoc. Praktis tanpa perlu keluar rumah, pesananmu akan diantarkan sampai tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play!