17 October 2017

Sering Diabaikan Kebiasaan yang Berbahaya untuk Gigi

Sering Diabaikan Kebiasaan yang Berbahaya untuk Gigi

Halodoc, Jakarta – Tahukah kamu jika email gigi merupakan bagian terkuat dalam tubuh manusia? Yang lebih menakjubkan adalah struktur email gigi dapat menjadi halus karena tidak memiliki sel hidup serta tidak dapat diperbaiki jika retak atau rusak. Inilah alasananya mengapa menyikat gigi saja tidak cukup untuk melindungi gigi kamu dari patah dan berlubang.

Kebiasaan sehari-hari kamu dapat memengaruhi kebersihan dan kesehatan mulut. Jadi kalau kamu enggak menjaga kesehatan gigi dan mulut tentu saja akan timbul masalah yang membuat rasa tidak nyaman, misalnya saja gigi berlubang dan nafas tak sedap. Untuk itu, sebaiknya kamu menghindari kebiasaan yang bisa mengganggu kesehatan gigi, ya.

Nah, berikut ini adalah beberapa kebiasaan berbahaya untuk gigi yang mesti kamu hindari:

1.  Menggigit Kuku
Kebiasaan ini seringkali tanpa sadar dilakukan jika sedang berpikir atau sedang gugup. Selain membuat tampilan kuku jadi tidak menarik, dampak negated dari menggigit kuku adalah dapat menyebarkan bakteri dari mulut dan mengikis email gigi. Kebiasaan ini juga bisa membuat gigi bagian depan melemah, lho. Untuk menghindarinya, sebaiknya alihkan kebiasaan menggigit kuku ini dengan meremas bola atau mengetukan jaru ke meja.

2.  Membuka Tutup Botol
Kamu mungkin merasa gigi kamu sangat kuat sehingga kamu menggunakannya tak hanya untuk makan namun juga membuka botol. Padahal, dengan melakukan ini gigi berisiko patah, lho. Lebih baik gunakan pembuka tutup botol daripada menggunakan gigi untuk membuka botol. Toh, kalau kamu mesti ke dokter gara-gara gigi patah membuka botol biayanya lebih besar daripada membeli alat pembuka botol, bukan?

3.  Mengunyah Es
Nikmatnya mengunyah es batu ternyata dapat membuat tempratur gigi menurun drastis sehingga gigi bisa mudah patah. Jadi alangkah baiknya jika menghindari kebiasaan mengunyah es batu dan menggantinya dengan permen karet xylitol tanpa gula. Xylitol dalam permen karet ini dapat melawan asam yang tidak baik untuk email gigi.

4.  Menggigit Alat Tulis
Lagi-lagi kebiasaan ini dilakukan ketika kamu sedang iseng atau berpikir atau bahkan merasa gugup. Sama seperti menggigiti kuku, kebiasaan ini dapat menyebabkan gigi retak dan berlubang jika dilakukan terus menerus.

5.  Asal-Asalan Menggunakan Tusuk Gigi
Gigi berlubang menyebabkan sisa makanan menyempil dan butuh untuk dikeluarkan. Kamu tentu memilih tusuk gigi, bukan? Namun mesti hati-hati karena tusuk gigi yang salah digunakan bisa membuat gusi terluka.

Apapun masalah gigi yang kamu rasakan, ingat untuk langsung membicarakannya dengan dokter gigi yang tepat. Lakukan langkah pencegahan dengan menggunakan pasta dan sikat gigi Pepsodent setiap hari. Idealnya, gosok gigi dua kali sehari, setelah makan, dan sebelum tidur untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Untuk kamu yang punya masalah gigi sensitif, kamu bisa memilih Pepsodent Sensitive Expert dan sikat gigi Pepsodent Double Care Sensitive.

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter gigi Pepsodent yang siap membantu mengatasi masalah gigi kamu. Dokter gigi Pepsodent di Halodoc dapat dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Kamu juga bisa membeli produk Pepsodent yang kamu butuhkan melalui Halodoc, lho. Dalam satu jam pesanan kamu akan langsung diantar ke tempat tujuan. Jadi kamu bisa selalu menjaga kesehatan gigi kamu setiap hari. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.