19 July 2018

Sering Kerja Lembur? Jangan Lupakan 4 Hal Ini

 makanan yang perlu dikonsumsi saat lembur, hal yang harus diperhatikan selama lembur, lembur, makanan pekerja lembur.,sering kerja lembur

Halodoc, Jakarta - Lembur rasanya enggak akan bisa dihindari ketika pekerjaan menumpuk, ditambah waktu deadline yang makin “mepet”. Permasalahannya, bekerja delapan jam sehari saja sudah membuat tubuh kelelahan, apalagi ditambah lembur. Nah, agar kesehatan tubuh tetap terjaga selama lembur, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Misalnya, memperhatikan pola makan dan makanan yang perlu dikonsumsi saat lembur. Selain makanan, ada pula hal lain yang harus diperhatikan selama lembur.

1. Atur Pola Makan

Kata ahli, makanan yang mesti dikonsumsi pekerja lembur harus mengandung gizi lengkap. Misalnya, karbohidrat, lemak, protein, mineral, dan vitamin. Namun, sumbernya mesti diperhatikan, seperti memilih sumber karbohidrat sebaiknya dari karbohidrat kompleks yang berasal dari beras merah atau roti gandum.

Sedangkan protein, pilihlah dari sumber-sumber yang tinggi protein ,tapi minim lemak. Contohnya, ikan atau ayam tanpa kulit. Andaikan kamu harus lembur hingga larut malam bahkan pagi hari, cobalah tambah waktu makan jadi empat kali sehari (makan terakhir dilakukan saat lembur). Meskipun begitu, jumlahnya harus tetap sesuai yang direkomendasikan.

Baca juga: Orang yang Sering Lembur Hati-hati Kena Dampak Begadang

Contohnya, bila seseorang memiliki kebutuhan makan 2.000 kalori per hari, berarti satu porsi makan sebaiknya enggak melebihi 500 kalori. Kamu bisa memilih makanan yang berbentuk camilan yang kaya serat dan antioksidan. Misalnya, agar-agar yang diberi buah, sandwich roti gandum dengan putih telur, sayuran, hingga susu low fat beserta crackers.

2. Olahraga Ringan

Aktivitas fisik ringan merupakan hal yang harus diperhatikan selama lembur. Ingat, terlalu lama duduk selama berjam-jam di depan layar komputer bisa menimbulkan banyak masalah. Misalnya, sakit punggung hingga badan terasa lemas. Oleh sebab itu, enggak ada salahnya kok berolahraga di sela-sela waktu lembur agar badan tetap fit. Kira-kira olahraga seperti apa ya yang bisa dicoba?

Berjalan kaki

Kamu bisa melakukan aktivitas ringan ini di sekitar kantor. Dengan berjalan kaki selama 30 menit sehari, bisa memberikan berbagai manfaat bagi tubuhmu, lo. Contohnya, mengurangi risiko sakit jantung dan stroke. Menurut ahli, berjalan selama 30 sampai 45 menit setiap hari bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah.

Naik Turun Tangga

Naik turun tangga juga bisa membuat tubuh tetap  aktif kok. Bahkan, kata ahli hal ini sama dengan berjalan santai atau jogging. Selain meningkatkan stamina dan energi, naik turun tangga sama halnya dengan olahraga lainnya. Olahraga ringan ini bisa merangsang tubuh untuk mengeluarkan horman endorphin, yaitu hormon yang membuatmu merasa tenang dan senang. Selain itu, naik turun tangga juga bisa membantu jantung memasok lebih banyak darah dan oksigen ke jaringan otot, sehingga membuat tubuh terasa lebih nyaman.

Baca juga: Olahraga Ringan Punya Efek Setara Pijat

3. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Cairan tubuh merupakan hal yang harus diperhatikan selama lembur. Nah, alih-alih mengonsumi kopi saat lembur, lebih baik penuhi asupan cairan kamu dengan air putih. Tujuannya jelas, agar terhindar dari dehidrasi dan menjaga pikiran tetap fokus. Lalu, kira-kira berapa banyak air yang mesti diminum?

Pada dasarnya orang dewasa memerlukan sekitar dua liter perhari, atau setidaknya 8 gelas perhari, atau setara 250 mililiter tiap gelasnya. Namun, takaran ini bergantung pada aktivitas fisik, kondisi lingkungan (panas/dingin), kondisi fisik (sehat/tidak/wanita hamil), dan hal lainnya. Kata ahli, yang paling baik adalah segera minum setiap kali dirimu merasa haus.

Baca juga: Kerja Keras itu Perlu, Kenali Dampaknya Bagi Kesehatan

4. Konsumsi Suplemen

Jika kamu enggak bisa mencukupi asupan nutrisi dari makanan sehari-hari, enggak ada salahnya kok untuk mengonsumsi suplemen agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Namun, sebaiknya berdiskusilah terlebih dahulu dengan dokter sebelum menentukan suplemen apa yang akan kamu konsumsi.

Nah, agar pekerjaan berjalan dengan lancar dan tubuh tetap bugar, jangan lupakan tips lembur di atas, ya. Jika kamu memiliki keluhan kesehatan selama lembur, kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk berdiskusi mengenai masalah tersebut. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.