06 July 2018

Simak 5 Cara Mudah Membuat Anak Cerdas Sejak Kecil

Cara mudah membuat Si Kecil Cerdas, tumbuh kembang anak, pola didik untuk anak

Halodoc, Jakarta – Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya menjadi anak yang cerdas dan memiliki tumbuh kembang yang baik. Namun, ada beberapa orangtua yang kurang mengetahui bagaimana mengajarkan anak sejak kecil untuk bertumbuh menjadi anak yang cerdas dan juga pintar sesuai dengan yang mereka harapkan.

Baca juga: Timbang-menimbang Pola Asuh untuk Anak

Salah satu hal yang membuat anak ibu menjadi cerdas adalah pola didik orangtua terhadap anaknya. Dengan pola didik yang baik, tentu anak juga akan memiliki tumbuh kembang yang baik pula dan tidak menutup kemungkinan bahwa anak-anak akan tumbuh menjadi anak yang cerdas dan aktif.

Berikut adalah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan ibu agar Si Kecil tumbuh menjadi jiwa yang cerdas dan aktif.

  • Ajarkan Anak untuk Mandiri dan Tanggung Jawab Sejak Dini

Hilangkan rasa khawatir yang ibu rasakan terhadap anak. Berikan anak kepercayaan untuk memutuskan hal-hal yang kecil dan bertanggung jawab kepada dirinya sendiri. Dengan memberikan kepercayaan dan rasa tanggung jawab, anak bisa tumbuh menjadi anak yang cerdas. Tidak hanya kesempatan belajar untuk anak, ibu juga bisa belajar percaya terhadap apa yang menjadi pilihan Si Kecil. Biarkan Si Kecil melakukan apa yang menjadi pilihannya. Tugas ibu hanya memantau kegiatan Si Kecil dan tentu tetap memberikan perhatian berupa saran atau pun nasihat.

  • Berikan Waktu Istirahat yang Cukup untuk Anak

Memiliki waktu istirahat yang cukup tentu akan membantu anak untuk memulihkan kondisinya setelah seharian beraktivitas. Anak yang memiliki waktu tidur yang cukup tentu akan merasa lebih tenang, sehingga otaknya akan berfungsi secara optimal. Selain memberikan waktu istirahat yang cukup, menetapkan waktu tidur untuk anak juga bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan tingkat kecerdasan anak. Dengan waktu tidur yang konsisten, anak akan terbantu untuk tetap fokus pada aktivitas yang akan dilakukan setiap harinya, terutama jika anak sudah memasuki usia sekolah.

  • Berikan Pujian yang Membuatnya Merasa Percaya Diri

Tidak ada salahnya jika memberikan pujian pada anak yang telah berhasil melakukan sesuatu yang menjadi keputusannya. Tentu dengan memberikan pujian, anak akan merasa lebih percaya diri dan akan tetap semangat untuk menjalani aktivitas selanjutnya. Tidak hanya itu, dengan memberikan pujian pada anak, anak akan merasa bahwa ia mendapatkan kepercayaan dari orang di sekelilingnya, khususnya ibu.

  • Perhatikan Asupan Makanan Anak

Tentu anak yang cerdas juga tidak terlepas dari asupan nutrisi dan gizi yang dikonsumsi oleh anak. Perhatikan pola makan anak dan kesehatannya. Jangan lupa juga untuk memberikan anak makanan yang memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi, terutama jika anak masih dalam usia tumbuh kembang. Berikan vitamin untuk menunjang kecerdasannya atau makanan yang menjadi sumber nutrisi.

  • Berikan Teladan yang Baik untuk Anak

Sebagai orangtua, sebaiknya ibu memberikan contoh yang baik kepada anak dalam bersikap dalam lingkungan maupun keluarga. Lakukan hal-hal yang ingin ibu ajarkan pada anak. Misalnya, jika ingin anak menjadi anak yang sopan dan bertutur baik, sebaiknya ibu juga menjadi teladan yang baik agar anak bisa mencontoh dan ibu menjadi teladan bagi anak.

Baca juga: Alasan Pola Asuh Otoriter Enggak Baik untuk Anak

Beda orangtua, tentu akan berbeda pola asuh pada setiap keluarga. Namun, tidak ada salahnya jika ibu berkonsultasi pada dokter melalui aplikasi Halodoc mengenai pola asuh yang baik pada anak. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!