Suka Ngemil Rumput Laut, Ini Manfaatnya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Suka Ngemil Rumput Laut, Ini Manfaatnya

Halodoc, Jakarta – Buat kamu yang suka makan makanan khas Jepang, seperti ramen, sushi, atau onigiri, pasti sudah tidak asing lagi dengan rumput laut atau yang sering disebut juga seaweed. Selain dimasukkan ke dalam makanan, rumput laut juga hadir dalam bentuk camilan. Ternyata makanan yang kaya akan serat ini enggak cuma enak, tapi juga punya banyak manfaat, lho. Bila dikonsumsi setiap hari, bisa membuat tubuh sehat.

Rumput laut merupakan bagian dari keluarga ganggang multi sel yang terdiri dari ganggang hijau, ganggang merah, dan ganggang cokelat. Khusus jenis rumput laut yang berwarna cokelat, kandungan iodiumnya sangat tinggi. Zat ini sangat diperlukan tubuh untuk memproduksi hormon tiroid. Sehingga, rumput laut juga sering dikonsumsi untuk mencegah atau mengobati penyakit gondok. Selain itu, rumput laut juga memiliki sejumlah nutrisi baik, antara lain asam amino esensial, antioksidan, mineral, trace element, serat, dan asam lemak tak jenuh ganda. Berikut manfaat kesehatan yang bisa kamu peroleh dari mengonsumsi rumput laut:

1. Kaya akan Vitamin dan Mineral

Kandungan nutrisi yang dimiliki rumput laut cukup lengkap. Selain mengandung sejumlah nutrisi yang sudah disebutkan di atas, rumput laut juga kaya akan vitamin dan mineral. Di antara adalah vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, zat besi, mangan, magnesium, zinc, fiboflavin, niacin, tiamin, serta kalsium. Itulah sebabnya rumput laut dianggap sebagai salah satu makanan yang menyehatkan dan baik untuk dikonsumsi secara rutin.

2. Kandungan Antioksidannya Tinggi

Rumput laut mengandung antioksidan yang melimpah mulai dari karotenoid, flavonoid dan alkoid. Antioksidan bermanfaat untuk menetralkan radikal bebas. Selain itu, antioksidan seperti vitamin C dan mineral seperti mangan dan zinc dalam rumput laut berwarna cokelat juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

3. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Rumput laut disebut juga sebagai sayuran laut atau marine vegetable yang memiliki kalori rendah. Semangkuk rumput laut mentah atau rumput laut wakame mengandung kurang dari 20 kalori. Jadi, mengonsumsi rumput laut tidak akan membuatmu gemuk. Selain itu, jenis rumput laut berwarna cokelat juga mengandung pigmen fucoxanthin yang dapat membantu metabolisme tubuh untuk mengubah lemak menjadi energi. Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada Food Chemistry juga menemukan bahwa kandungan serat alami atau alginate pada rumput laut cokelat dapat membantu menghalangi penyerapan lemak pada usus hingga 75 persen.   

4. Membantu Mempercepat Penyembuhan Luka

Sejak zaman dulu, kebudayaan Romawi sudah memanfaatkan rumput laut untuk mengobati luka, luka bakar, dan ruam kulit. Nyatanya, rumput laut memang dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Kandungan vitamin K yang tinggi pada rumput laut akan mengirimkan sinyal kimia agar ketika kamu terluka dan darah yang mengalir akan cepat berhenti.  

5. Baik Dikonsumsi Pengidap Diabetes

Sejumlah penelitian juga menemukan bahwa rumput laut cokelat atau kelp dapat memengaruhi kontrol glikemik dan menurunkan kadar gula dalam darah. Sehingga, makanan ini sangat bermanfaat untuk pengidap diabetes tipe 2.

Nah, sudah tahu kan manfaat rumput laut, khususnya yang berjenis cokelat atau kelp. Kelp bisa kamu temukan dalam pengental makanan, termasuk es krim dan saus salad. Kamu bisa mengonsumsi jenis rumput laut ini secara mentah dalam bentuk suplemen atau dimasak. (Baca juga: Tak Hanya Diet, Kimchi Juga Baik untuk Kesehatan)

Kalau kamu ingin tahu lebih banyak seputar diet dan nutrisi makanan, tanyakan saja pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.