Tak Hanya Masakan, Ketahui Manfaat Garam Laut untuk Kecantikan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Tak Hanya Masakan, Ketahui Manfaat Garam Laut untuk Kecantikan

Halodoc, Jakarta – Selama ini, garam hanya dikenal sebagai penyedap rasa makanan. Tapi tahukah kamu, bahwa garam juga sangat bermanfaat untuk kecantikan lho. Garam dapat mengatasi sejumlah masalah kulit, seperti jerawat dan bibir pevah-pecah,  serta dapat dijadikan sebagai bahan untuk perawatan kecantikan. Yuk, simak kehebatan apa saja yang dimiliki si pemberi rasa asin ini.

Murah, mudah didapatkan, dan memiliki khasiat yang cukup besar, membuat garam cukup sering digunakan sebagai bahan untuk perawatan kecantikan

Untuk Tubuh

  • Membuat Tubuh Kembali Segar

Jika setelah pulang bekerja,  kamu merasa lelah dan otot-otot tubuh terasa kaku, cobalah mandi berendam di bak berisi air hangat yang sudah dicampur dengan sedikit garam laut. Kandungan mineral dan magnesium di dalam garam laut berkhasiat melemaskan otot yang tegang dan menenangkan pikiran menjadi lebih rileks. Mandi menggunakan garam laut juga akan membuat kulitmu lembap serta bersih dari bakteri-bakteri yang suka menyumbat pori-pori.

  • Mendetoksifikasi Kulit

Berendam di dalam campuran air hangat dengan secangkir garam laut juga dapat membantu proses detoksifikasi kulit serta meredakan bagian tubuh yang bengkak. Selain itu, garam laut juga dapat digunakan untuk mengobati masalah kulit, seperti psoriasis atau penyakit radang kulit.

  • Mengangkat Sel Kulit Mati

Garam laut yang mempunyai tekstur kasar, dapat dijadikan scrub yang dapat mengangkat sel kulit mati. Tidak hanya sel kulit mati yang hilang, kulit pun akan menjadi lembut dan halus berkat kandungan mineral dalam garam laut. Cara membuat scrub dari garam laut sangat mudah. Kamu cukup mencampurkan beberapa tetes minyak essential beraroma dengan garam laut dalam sebuah wadah, lalu aduk sampai merata. Kemudian, balurkan campuran tersebut pada seluruh bagian tubuh dan gosok secara perlahan. Lakukan perawatan ini seminggu sekali untuk mendapatkan kulit yang bersih dan mulus.

  • Mengatasi Jamur Kuku

Kukumu berwarna kuning dan sering sekali patah? Bisa jadi kamu terkena jamur kuku. Gunakan saja garam laut untuk mengatasinya. Kandungan mineral pada garam sangat baik untuk merawat kuku dan mengatasi berbagai masalah pada kuku. Cara meramu garam laut ini menjadi obat kuku adalah dengan mencampur dua sendok garam laut dan beberapa tetes air lemon dalam sebuah wadah berisi air hangat. Kemudian rendam kaki dan tanganmu selama 10 menit sambil digosok-gosok, lalu bilas dengan air bersih dan keringkan.

Untuk Wajah

  • Membuat Wajah Tidak Terlalu Berminyak

Garam laut mengandung potassium dan belerang yang bermanfaat untuk mengontrol produksi sebum berlebih, penyebab kulit berjerawat. Kamu bisa menjadikan garam sebagai scrub dan mengoleskannya langsung ke wajah. Atau kamu bisa mencampurkan garam laut ke dalam sebuah wadah berisi air hangat dan uapi wajah dengan campuran air garam tersebut selama 10 menit.

  • Mengatasi Bibir Kering

Kalau bibirmu sering kering dan pecah-pecah, garam merupakan bahan alami yang dapat mengangkat sel kulit mati pada bibir sekaligus melembapkannya. Caranya, tempelkan garam di tangan yang telah dibasahi, lalu gosokkan pada bibir seperti scrub.

  • Sebagai Toner Wajah

Daripada menggunakan toner berbahan kimia yang banyak dijual di toko-toko kosmetik, lebih baik menggunakan ‘toner’ alami yang terbuat dari air garam. Menyemprotkan air garam ke wajah dapat mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah. Hasilnya, wajahmu akan terbebas dari masalah kulit wajah seperti jerawat dan komedo.

Nah, selamat mencoba ya. Kamu bisa bertanya seputar kecantikan tubuh dan wajah kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter untuk meminta saran kecantikan melalui Video/Voice Call dan Chat. Halodoc juga memudahkanmu untuk membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan tanpa harus keluar rumah. Tinggal order dan pesananmu akan diantar dalam satu jam.  Tunggu apa lagi? Download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.