29 March 2018

Tanda-tanda Ibu Hamil Anak Kembar

Tanda-tanda Ibu Hamil Anak Kembar

Halodoc, Jakarta – Wanita yang hamil anak kembar memang termasuk jarang dan tidak banyak. Berdasarkan hasil penelitian, hanya satu di antara 30 wanita hamil yang mengandung anak kembar. Dan yang berpotensi lebih besar untuk bisa hamil anak kembar adalah pasangan yang punya riwayat keluarga anak kembar. Makanya, tidak sedikit ibu yang sudah hamil tidak mengetahui bahwa dirinya mengandung  bayi kembar. Yuk, ketahui apa saja tanda-tandanya ibu hamil anak kembar.

  1. Intuisi Ibu

Sejak awal kehamilan, biasanya seorang ibu bisa mempunyai intuisi atau perasaan hati jika dirinya hamil anak kembar. Hanya saja, bagi ibu yang baru pertama kali menjalani kehamilan, memang akan sulit membedakan antara kehamilan tunggal dan kehamilan kembar.  Namun, biasanya wanita yang punya riwayat keluarga kembar bisa mempunyai intuisi bahwa dirinya mengandung anak kembar.

  1. Morning Sickness yang Lebih Parah

Morning sickness merupakan tanda kehamilan yang umum dirasakan oleh para ibu di masa awal kehamilannya. Tapi, ibu yang hamil anak kembar biasanya akan mengalami morning sickness yang jauh lebih parah. Hal ini disebabkan karena hamil bayi kembar membuat kadar hormon hCG atau hormon kehamilan meningkat jauh lebih tinggi daripada kehamilan biasa. Hormon hCG berperan untuk menjaga plasenta agar tumbuh dan berkembang. Rasa mual atau morning sickness merupakan reaksi tubuh ketika beradaptasi dengan hormon ini. Semakin tinggi kadar hormone hCG, maka ibu akan mengalami rasa mual yang semakin parah. Itulah sebabnya, ibu yang hamil anak kembar merasakan mual yang parah.  (Baca juga: 5 Tips Atasi Morning Sickness)

  1. Nafsu Makan Meningkat Drastis

Setiap ibu hamil akan mengalami peningkatan napsu makan di masa awal kehamilan, terlebih lagi ibu yang hamil bayi kembar. Namun, masalahnya, morning sickness yang parah bisa menghambat masuknya asupan nutrisi di dalam tubuh. Sedangkan janin sangat membutuhkan berbagai macam nutrisi, terutama asam folat, sejak minggu pertama kehamilan. Jadi, untuk mengatasi masalah ini, ibu dianjurkan untuk makan makanan sehat dalam porsi sedikit tapi sering.

  1. Perut Membesar di Trimester Pertama

Ukuran rahim wanita hamil umumnya akan membesar secara bertahap sesuai dengan usia kehamilan. Begitu juga dengan ibu yang hamil anak kembar. Tapi bedanya, pada kehamilan tunggal, ukuran rahim mungkin hanya mencapai sekitar 38x40 sentimeter, sedangkan pada kehamilan kembar, ukuran rahim bisa mencapai 48 sentimeter. Inilah pertanda yang paling menunjukkan bahwa ibu hamil anak kembar. Walaupun usia kehamilan masih muda, tapi ukuran perut sudah cukup besar.

  1. Mudah Lelah

Setiap ibu hamil akan menjadi mudah lelah, tapi ibu yang hamil bayi kembar akan merasa jauh lebih lelah, karena harus menanggung beban dua bayi di dalam perutnya. Selain itu, kebanyakan ibu hamil kembar juga merasakan mood yang lebih cepat berubah.

  1. Tidak Bisa Mengonsumsi Makanan Tertentu

Beberapa ibu hamil memiliki penciuman yang sangat sensitif, tapi pada ibu yang hamil kembar, kondisi ini bisa terjadi cukup parah sampai ibu sama sekali tidak bisa mentolerir jenis-jenis makanan tertentu. Beberapa makanan yang biasanya dihindari adalah makanan laut, daging, kopi, teh, dan beberapa makanan lain yang berbau menyengat.

Itulah beberapa hal yang menandakan bahwa ibu hamil anak kembar (Baca juga: 5 Tips Agar Memiliki Anak Kembar). Menjaga kehamilan bayi kembar tentu membutuhkan perhatian yang lebih khusus. Jadi, agar ibu dan Si Kembar tetap sehat, ibu bisa sering-sering meminta saran kesehatan kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Ibu bisa bertanya lebih lanjut seputar kehamilan anak kembar kepada dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.