22 May 2018

Tanpa Hitung Kalori, Diet Paleo Bantu Turunkan Berat Badan

Tanpa Hitung Kalori, Diet Paleo Bantu Turunkan Berat Badan

Halodoc, Jakarta — Apa itu diet Paleo? Program diet sehat yang sedang naik daun ini mirip seperti pola makan nenek moyang kita, yaitu makan bahan makanan apa adanya tanpa diproses lebih dulu. Hebatnya lagi, program diet Paleo terbukti dapat membantu turunnya berat badan tanpa repot-repot menghitung jumlah kalori dan meningkatkan kualitas kesehatanmu.

(Baca juga: Kenalan dengan Diet Fleksibel untuk Turunkan Berat Badan)

Mengenal Konsep Diet Paleo

Di program diet sehat ini, tidak ada yang namanya ‘makanan paling tepat’, karena zaman dulu, nenek moyang kita makan hampir semua jenis makanan yang tersedia di bumi. Beberapa dari mereka makan makanan hewani yang rendah karbohidrat, dan beberapa lainnya makanan tinggi karbohidrat bersama sayuran dalam jumlah banyak.

Jika menjalanankan program diet Paleo, kamu disarankan untuk makan daging, ikan, telur, sayuran, buah, kacang-kacangan, biji-bijian, rempah-rempah, lemak sehat dan minyak. Makanan yang perlu dihindari dalam program ini adalah makanan yang sudah diproses, gula, soft drink, sebagian besar produk dairy, pemanis buatan, minyak sayur, margarin dan lemak jenuh.

Gampangnya, hindari makanan yang dibuat di pabrik. Pilihlah bahan makanan segar dari pada makanan yang sudah ada di dalam kemasan. Kamu bisa mengonsumsi daging sapi, domba, ayam, salmon, udang, telur, dan semua jenis buah-buahan dan sayuran yang bukan makanan kemasan. Meski begitu, kamu masih bisa mengubah sedikit aturan program diet Paleo ini agar sesuai dengan situasimu.

Untuk minuman, kamu masih boleh kok untuk minum teh dan kopi. Teh sangatlah sehat dan kaya antioksidan yang baik untuk tubuh. Jenis teh yang paling baik adalah teh hijau. Kopi juga mengandung antioksidan yang tinggi dan beberapa penelitian sudah memperlihatkan bahwa kopi punya banyak manfaat kesehatan.

Saat kamu makan di luar dengan sahabat atau keluarga, kamu masih bisa kok mengikuti program diet sehat Paleo ini. Caranya adalah dengan mengutamakan menu ikan dan tukar nasi atau kentang dengan sayuran. Siapkah kamu mencoba program diet populer ini? Kalau kamu masih penasaran dan mau tahu lebih banyak lagi, bisa kok! Langsung download aplikasi Halodoc dan tanyakan ke dokter melalui aplikasi ini.

(Baca juga: Kenalan dengan Diet Paleo dan Mayo untuk Turunkan Berat Badan)

Di Halodoc, kamu juga bisa pesan antar obat dan vitamin serta produk kesehatan lainnya. Kalau kamu mau cek tingkat kolesterolmu juga bisa, lho! Buat janji melalui aplikasi Halodoc dan masukkan tanggal serta tempat yang kamu inginkan, nanti petugas lab akan datang sesuai dengan waktu yang kamu tentukan untuk melakukan pemeriksaan lab. Aplikasinya bisa kamu download di Google Play atau di App Store.