• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tanpa Operasi, Inilah 4 Cara Mengobati Mata Ikan

Tanpa Operasi, Inilah 4 Cara Mengobati Mata Ikan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Pernah mengalami mata ikan? Bulatan kecil yang paling sering muncul di bagian atas telapak kaki ini terbentuk dari permukaan kulit yang menebal dan mengeras. Biasanya, mata ikan muncul akibat gesekan dan tekanan yang terjadi secara berulang pada kaki. Mata ikan sebenarnya bukan kondisi yang berbahaya, tetapi bisa mengganggu kenyamanan kamu saat berjalan. Oleh karena itu, mata ikan tetap perlu diobati. Kamu bisa menghilangkan mata ikan tanpa perlu operasi, kok. Simak cara alami mengatasi mata ikan di bawah ini.

Banyak orang sering mengira mata ikan sama dengan kapalan, padahal kedua kondisi tersebut berbeda. Mata ikan atau yang dikenal juga dengan nama clavus adalah tumpukan kulit berbentuk bulat yang biasanya berukuran lebih kecil dibanding kapalan serta memiliki bagian tengah yang keras dan dikelilingi kulit yang meradang. Penebalan kulit secara berlebihan yang akhirnya berubah menjadi mata ikan ini juga bisa menimbulkan rasa nyeri. Dibanding pria, mata ikan lebih sering dialami oleh wanita, karena wanita lebih sering menggunakan sepatu yang tertutup dengan ukuran yang tidak nyaman.

Baca juga: Sering Dianggap Sama, Apa Beda Kapalan dan Mata Ikan?

Penyebab Mata Ikan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penyebab mata ikan adalah tekanan dan gesekan di area kulit yang sama berulang kali. Berbagai hal yang dapat menyebabkan terjadinya tekanan dan gesekan pada kaki, antara lain:

  • Penggunaan sepatu yang tidak nyaman, misalnya terlalu sempit, terlalu longgar, maupun penggunaan sepatu berhak tinggi yang terlalu sering.

  • Malas menggunakan kaus kaki. Mengenakan sepatu tanpa kaus kaki bisa menyebabkan terjadinya gesekan antara kaki dengan sepatu.

Baca juga: Hati-Hati Pilih Alas Kaki agar tak Kena Mata Ikan

Pengobatan Mata Ikan

Pada dasarnya, mata ikan bisa diobati tanpa harus dioperasi. Dokter hanya akan merekomendasi operasi bila posisi tulang kurang baik, sehingga mengakibatkan terjadinya gesekan yang berujung pada munculnya mata ikan. Berikut ini cara-cara mengobati mata ikan tanpa operasi:

1. Menggunakan Batu Apung

Untuk mengobati mata ikan dengan batu apung, pertama-tama, kamu perlu merendam kaki terlebih dahulu di dalam air hangat agar kulit kaki menjadi lebih lunak. Kemudian, gosok mata ikan di telapak kaki dengan menggunakan batu apung secara perlahan untuk mengikis penumpukan kulitnya. Setelah selesai, oleskan pelembap ke area kulit yang dikikis agar kulit tetap lembap dan halus. Ini adalah cara yang paling ampuh untuk mengobati mata ikan

2. Menipiskan Kulit dengan Pisau

Prosedur yang biasanya dilakukan oleh dokter ini bertujuan untuk mengurangi rasa nyeri akibat mata ikan yang sudah tebal. 

3. Menggunakan Obat-obatan Penghilang Mata Ikan

Beberapa obat-obatan yang mengandung asam salisilat juga berkhasiat untuk melunakkan dan mengangkat kulit mati, sehingga mata ikan dapat dihilangkan. Obat dengan asam salisilat sudah bisa kamu dapatkan di apotek atau toko obat yang tersedia dalam bentuk krim maupun salep. Namun, orang yang mengidap penyakit arteri perifer, diabetes, dan neuropati perifer sebaiknya jangan menggunakan asam salisilat, karena malah dapat menyebabkan kulit bahkan saraf menjadi rusak.

4. Menggunakan Bantalan Sepatu yang Sesuai dengan Bentuk Kaki

Untuk mencegah area yang terkena mata ikan bergesekkan dengan sepatu, kamu bisa menggunakan bantalan atau pads yang sudah disesuaikan dengan bentuk telapak kaki.

Ingat, jangan mencoba memotong sendiri mata ikan di telapak kakimu, karena hal ini bisa menyebabkan infeksi yang berpotensi membahayakan jaringan di sekitarnya. Memotong mata ikan hanya boleh dilakukan oleh dokter.

Baca juga: Perhatikan Hal Ini Agar Tidak Salah Pilih Obat Mata Ikan

Nah, itulah 4 cara untuk mengobati mata ikan tanpa operasi. Bila kamu ingin membeli losion atau obat salep untuk mata ikan, gunakan saja aplikasi Halodoc. Enggak usah repot-repot keluar rumah, tinggal order melalui aplikasi dan obat pesanan kamu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. How to Get Rid of Corns at Home.