28 May 2018

Telinga Sering Berdenging? Hati-Hati Gejala Meniere!

Telinga Sering Berdenging? Hati-Hati Gejala Meniere!

Halodoc, Jakarta – Saat melakukan aktivitas sehari-hari, terkadang tiba-tiba telinga kita terasa berdenging. Hal ini wajar terjadi bila telinga merasakan tekanan akibat perubahan tekanan udara. Namun, jika ini sering terjadi, kamu harus berhati-hati. Mungkin ini gejala penyakit langka meniere.  

Penyakit meniere adalah kelainan yang terjadi pada telinga bagian dalam. Efek yang ditimbulkannya berupa sensasi berputar pada diri sendiri atau sekeliling (vertigo), kehilangan kemampuan pendengaran, dan telinga terasa penuh akibat tekanan.

(Baca juga: 4 Fakta & Mitos Vertigo pada Wanita)

Meniere paling sering dialami pada usia 20 hingga 60 tahun. Namun perempuan memiliki kecenderungan lebih tinggi terserang penyakit ini. Serangan meniere biasanya secara tiba-tiba dengan gejala umum seperti vertigo sering kambuh, telinga berdenging, kehilangan kemampuan pendengaran. Biasanya gejalanya terjadi berulang-ulang disertai sensasi penuh tekanan di telinga.

Pada tiap pengidap, durasi serangan meniere berbeda-beda. Ada yang hanya beberapa menit tapi ada yang mencapai beberapa jam. Begitu pula frekuensinya. Ada yang hanya beberapa hari, minggu, bahkan beberapa tahun.

Tingkat perkembangan penyakit ini harus kamu waspadai jika sudah mengalami frekuensi serangan yang tinggi. Jika itu terjadi, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Di aplikasi Halodoc, kamu juga bisa sampaikan keluhan kesehatanmu kepada dokter ahli yang selalu siap membantu melalui layanan video/voice call atau chat.

Penyebab Meniere

Sebenarnya apa sih penyebab meniere? Sampai saat ini, belum diketahui dengan pasti apa yang menjadi penyebabnya. Namun, para ahli menduga penyakit ini terjadi akibat keabnormalan cairan pada telinga bagian dalam. Ada beberapa penyebab lain yang diduga bisa memicu meniere.

  1. Faktor keturunan. Ini  berisiko terjadi jika ada anggota keluarga yang mempunyai riwayat penyakit yang sama
  2. Respons abnormal dari sistem kekebalan tubuh akibat kondisi autoimun
  3. Terjadi ketidakseimbangan senyawa kimia dalam cairan pada telinga bagian dalam. Ini terjadi akibat terlalu rendahnya kadar natrium atau kalium tubuh
  4. Mengidap migrain
  5. Infeksi virus, misalnya meningitis
  6. Mengalami trauma kepala

(Baca juga: Kurangi Dampak dan Gejala Meniere dengan Cara Ini)

Gejala penyakit yang terjadi di tubuh sebaiknya jangan diabaikan ya. Penanganan yang cepat bisa mencegah terjadinya komplikasi. Penyakit langka seperti meniere ini memang tidak banyak terjadi. Tapi bukan berarti kamu enggak perlu berhati-hati. Oh ya, kebutuhan obat-obatan kamu bisa dipesan melalui layanan Apotek Antar di aplikasi Halodoc lho. Lebih praktis dan mudah. Kamu juga bisa cek laboratorium di aplikasi ini. Yuk, download Halodoc di Play Store dan App Store sekarang.