Temukan Cara Awet Muda Melalui Yoga

Temukan Cara Awet Muda Melalui Yoga
KECANTIKAN 06 March 2018

Halodoc, Jakarta – Selain konsumsi makan bergizi dan istirahat yang cukup, olahraga juga bisa menjadi cara untuk mendapatkan hidup awet muda. Salah satu olahraga yang bisa kamu coba adalah yoga. Awet muda dengan yoga bukan sesuatu yang enggak mungkin kok.

Sebelumnya kamu perlu tahu, awet muda di sini enggak hanya menyangkut masalah wajah saja, tapi seluruh anggota tubuh (penuaan secara biologis) akibat pertambahan usia. Nah, kata ahli menjadi awet muda melalui yoga sebenarnya adalah “produk sampingan” dari olahraga tersebut. Sebab yoga sendiri bertujuan untuk menyelaraskan tubuh, pikiran, dan jiwa.

Orang yang terlihat lebih tua dari usiannya akbiat stres berkepanjangan atau organ tubuh yang tidak sehat, bisa "diselamatkan” dengan beryoga. Peran yoga konsepnya memang enggak seperti operasi plastik yang hasilnya bisa terlihat cepat. Namun, melalui perjalanan waktu yoga bisa memberikan kondisi ideal bagi tubuh, pikiran, dan jiwa untuk berkembang secara maksimal.

Nah, menurut buku Mitos dan Fakta Olahraga & Yoga, ada tiga asana (olahpostur) yang mampu melawan proses penuaan dan membuat kamu jadi awet muda dengan yoga. Namun, syaratnya kamu harus melakukan posenya dengan benar. Penasaran seperti apa gerakannya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini:

  1. Sirsasana (Headstand)

Pose ini paling penting dalam asana yoga. Orang sering belum dianggap sebagai pelaku yoga kalau enggak bisa melakukan pose ini dengan baik. Lalu, apa hubungannya pose ini dengan awet muda? Ternyata sirsasana bisa memberi suplai darah segar kaya oksigen ke otak. Menurut ahli yoga, otak yang sehat bisa membuat seluruh fungsi tubuh terjaga dengan prima. Manfaatnya tidak hanya baik bagi fisik saja, tapi juga psikis.

Menariknya lagi, pose ini juga baik untuk wajah kamu. Sebab pose ini bisa membuat otot wajah mengalami sensasi dari gravitasi sehingga tidak akan mudah mengendur. Kata ahli yoga, kamu sebaiknya melakukan pose ini minimal 5-10 menit perhari. Nah, karena posenya terbilang sulit, kamu bisa kok menggunakan alat bantu agar bisa dilakukan dalam waktu lama tanpa risiko.

  1. Salamba Sarvangasana (Shoulder Stand)

Awet muda dengan yoga juga bisa kamu dapatkan melalui pose ini. Pose primer ini memang enggak mudah dilakukan dengan benar. Namun, manfaatnya dapat memberikan rasa kesatuan pada tubuh, pikiran, dan jiwa. Pose ini bisa membuat kelenjar edokrin di leher akan dipenuhi darah segar kaya oksigen, sehingga memaksimalkan metabolisme tubuh.

Ahli yoga mengatakan, kamu bisa menggunakan kursi sebagia alat bantu agar kamu bisa melakukan pose ini dengan benar dan dalam durasi yang lebih lama. Namun, kamu perlu hati-hati, sebab tidak mudah melakukan pose ini secara benar tanpa memberikan risiko  cedera bagi tubuh. Alangkah lebih baik, bila kamu didampingi oleh instruktur yoga.

  1. Bharadvajasana (Twisting)

Pose ini punya kontribusi untuk upaya awet muda dengan menstimulasi kerja sistem saraf tubuh. Alhasil, pengaturan fungsi organ-orang jadi prima tiap saat. Menarik, kan? Menurut ahli yoga, kamu boleh kok menggunakan kursi sebagai alat bantu.

Tujuannya agar orang yang punya keterbatasan fisik tetap bisa melakukannya dengan benar dengan hasil yang maksimal. Agar hasinya makin maksimal, sebaiknya kamu melakukan pose ni selama 30-60 detik untuk tiap sesinya.

Harus Konsisten

Karena konsep yoga bukan “simsalabim” seperti pisau bedah, maka kamu perlu melakukan tiga pose ini dengan konsisten. Yang perlu kamu tahu, ketiga pose ini bisa memberikan kontribusi besar bagi kesehatan. Secara langsung atau tidak, kemampuan kamu dalam memperlambat proses penuaan dalam tubuh akan terpengaruh.  Enggak percaya?

Ada sebuah penelitian mengenai yoga yang menarik untuk diketahui. Penelitian itu dilakukan terhadap ahli yoga yang berusia 80-an tahun yang telah berlatih yoga selama puluhan tahun. Nah, setelah diteliti, secara fisiologis memperlihatkan elastisitas kulit, kerja paru-paru, jantung, dan  pencernaannya masih seperti orang yang berusia 20-an tahun. Wow!

Nah, kalau kamu mau tahu lebih lanjut mengenai awet muda dan manfaat yoga, kamu bisa lho menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc untuk berdiskusi mengenai masalah ini. Yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.


Rekomendasi Artikel

IBU & ANAK

17 September 2018

Agar perkembangan bicara anak lancar, sebaiknya ibu perlu mengetahui dampak gadget bagi dirinya....

Selengkapnya

KECANTIKAN

17 September 2018

Masih bingung dengan tipe kepribadian? Berikut pengertian introvert, ekstrovert, dan ambivert. ...

Selengkapnya

KECANTIKAN

17 September 2018

Selain di wajah, jerawat di area punggung juga bisa sangat mengganggu. Apalagi bagi kamu yang suka memakai bus...

Selengkapnya