12 March 2018

Ternyata Tidak Mengenakan Bra Punya Manfaat Ini

Ternyata Tidak Mengenakan Bra Punya Manfaat Ini

Halodoc, Jakarta – Mengenakan bra sudah menjadi kewajiban yang harus dilakukan setiap wanita. Selain untuk menjaga kesopanan, mengenakan bra juga bermanfaat untuk melindungi payudara. Tapi sesekali melepas bra, terutama menjelang tidur, ternyata juga memberi manfaat baik untuk tubuh, lho. Ini beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan saat tidak mengenakan bra:

  • Melegakan Pernapasan

Hal pertama yang akan kamu rasakan saat melepas bra adalah bisa bernapas dengan lega dan nyaman. Seharian beraktivitas dengan mengenakan bra yang ketat memang akan membuat kamu merasa sesak dan bahkan nyeri di bagian punggung. Jadi, penting untuk sesekali melepas bra agar kamu bisa bernapas dengan lega.  

  • Melancarkan Sirkulasi Darah

Tidak hanya melancarkan pernapasan, melepas bra juga dapat membuat darah mengalir lebih lancar di sekitar dada. Hal ini juga akan membantu membangun jaringan otot dan menjaga kulit tetap kencang.

  • Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Kamu juga disarankan untuk melepas bra saat  tidur, karena dengan begitu, kamu bisa tidur lebih nyenyak dan berkualitas. Hal ini karena saat tidak mengenakan bra, sirkulasi darah dalam tubuh menjadi lebih lancar dan pernapasan menjadi lebih ringan.

  • Membuat Payudara Lebih Sehat

Penelitian yang dilakukan Profesor Comte Jean dan Denis Rouillon dari University of Franche menemukan bahwa tidak mengenakan bra justru membuat payudara wanita lebih kuat. Tidak mengenakan bra dalam jangka panjang juga bisa membuat lebih banyak jaringan otot yang tumbuh pada payudara.

  • Membuat Bentuk Payudara Semakin Seksi

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa puting wanita yang tidak mengenakan bra rata-rata 7 milimeter lebih tinggi dibandingkan wanita yang mengenakannya. Dan kalau kamu ingin bentuk payudaramu terlihat lebih penuh dan bulat, melepas bra bisa membantu mewujudkannya. Tapi, jangan berharap kamu akan mendapat bentuk payudara yang indah dalam waktu cepat. Otot-otot dalam dada perlu waktu untuk menjadi kuat dan kencang, untuk membentuk payudara menjadi lebih indah.

  • Memperbesar Ukuran Payudara

Tidak mengenakan bra dipercaya dapat menambah ukuran payudaramu lho. Dengan membiarkan payudara kamu menggantung secara alami, otot pektoral dalam dada secara otomastis akan bekerja dan menahan gravitasi. Lama kelamaan, otot-otot tersebut akan menjadi kencang dan membuat payudara menjadi lebih penuh.

  • Membuat Nyaman Saat PMS

Sebagian wanita bisa mengalami nyeri payudara sebagai gejala PMS. Memakai bra terlalu lama, apalagi bra dengan penyangga kawat, dapat membuat kamu semakin menderita saat PMS. Karena itu, melepas bra bisa menjadi solusi sederhana untuk mengatasi masalah nyeri dada saat tamu bulanan datang menghampiri.

  • Mudah Menyadari Perubahan

Ketika melepas bra, kamu bisa dengan mudah melakukan gerakan SADARI (periksa payudara sendiri) untuk mengetahui apakah ada benjolan yang bisa menjadi pertanda kanker payudara. Tapi SADARI akan lebih efektif jika dilakukan 7-10 hari setelah masa menstruasi.

  • Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Mengenakan bra yang terlalu ketat dalam waktu yang lama ternyata bisa meningkatkan risiko kanker kelenjar getah bening, dan jika dibiarkan terlalu lama, maka dapat berakhir menjadi kanker payudara. Jadi, saat membeli bra, sangat penting untuk memastikan bahwa bra tersebut sesuai dengan ukuran payudara dan nyaman dipakai.

Nah, itulah manfaatnya tidak mengenakan bra untuk kesehatan kamu (Baca juga: Cara Cuci Bra Pengaruhi Kesehatan). Kalau kamu punya pertanyaan seputar kesehatan, tanyakan saja langsung dengan dokter di Halodoc. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan lewat aplikasi Halodoc. Jadi, enggak perlu repot-repot lagi deh ke apotek. Tinggal order dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google.