13 August 2018

Terong Belanda Aman atau Tidak untuk Ibu Hamil?

terong belanda untuk ibu hamil, jus terong belanda

 

Halodoc, Jakarta - Menjaga kesehatan selama hamil adalah hal yang penting. Sebab, jika ibu hamil terserang penyakit, kesehatan bayi di dalam kandungan juga akan terganggu. Cara paling utama untuk menjaga kesehatan ibu hamil adalah dengan menjaga asupan makanan, seperti selalu memasukkan buah, sayur, daging, atau ikan ke dalam menu harian.

Ibu hamil juga wajib untuk menghindari beberapa jenis makanan seperti makanan mentah, makanan pemicu alergi, minuman beralkohol, minuman berkafein, makanan dengan tinggi kalori dan lemak, serta suplemen makanan tanpa anjuran dokter.

Nah, salah satu cara yang baik untuk merawat kesehatan ibu hamil adalah dengan meminum jus buah. Salah satu jus kesukaan banyak orang adalah jus terong belanda. Buah terong belanda untuk ibu hamil biasanya lebih banyak diolah menjadi jus. Sebab, jika dikonsumsi secara langsung rasanya sangat asam dan bisa memicu bahaya bagi pencernaan. Oleh karena itu, penambahan gula atau madu ke dalam jus terong belanda sangat dianjurkan untuk membuat rasanya menjadi lebih enak dan lebih aman untuk pencernaan.

Nah, terong belanda untuk ibu hamil memiliki beberapa manfaat, antara lain:

Baca juga: 4 Asupan Nutrisi Penting Saat Kehamilan Trimester Kedua

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Terong belanda adalah buah dengan kandungan vitamin C yang cukup banyak. Vitamin C ini akan mampu menjaga dan meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang terjaga ini, maka tubuh ibu hamil akan selalu merasa fit, lebih sulit terserang penyakit, dan terhindar dari rasa lelah.

Kandungan vitamin C dalam terong belanda juga dapat mencegah ibu hamil terserang sariawan. Sariawan sendiri jika menyerang akan membuat kegiatan makan menjadi sulit, sehingga asupan gizi menjadi terhambat.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Terong belanda mengandung zat antioksidan yaitu flavonoid yang ampuh menangkal radikal bebas. Dengan kadar antioksidan yang cukup di tubuh ibu hamil, maka ia akan terhindar dari berbagai penyakit. Dengan perlindungan dari radikal bebas ini, tubuh pun akan terhindar dari penuaan dini.

  1. Mencegah Anemia

Ibu hamil akan sangat rentan terserang anemia karena meningkatnya kebutuhan tubuh ibu hamil akan zat besi. Ketika ibu mengalami anemia, maka sel darah di dalam tubuh menjadi lebih sedikit. Sehingga, pasokan oksigen dan nutrisi penting ke bayi di dalam rahim akan terganggu.

Dalam 100 gram buah terong belanda terdapat kandungan zat besi sebanyak 0,4-0,9 miligram. Dengan kebutuhan zat besi yang cukup ini, ibu hamil akan terhindar dari lemas, letih, dan lesu.

  1. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat dari buah terong belanda yang cukup tinggi akan membantu melancarkan proses pencernaan, sehingga ibu hamil akan terhindar dari gangguan pencernaan. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks yang juga tinggi akan membantu melancarkan metabolisme tubuh dengan cara membantu pergerakan usus dan mengoptimalkan penyerapan nutrisi dalam tubuh.

Baca juga: Cara Atasi Susah BAB pada Ibu Hamil

Jadi, terong belanda untuk ibu hamil ternyata cukup aman, asalkan dikonsumsi secukupnya. Kalau ibu punya pertanyaan lain mengenai nutrisi yang diperlukan saat hamil atau keluhan seputar kehamilan, jangan ragu untuk berbicara dengan dokter Halodoc. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa bertanya pada dokter tepercaya kapan saja dan di mana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!