04 January 2018

Terungkap! Alasan Kenapa Anak Tetap Sehat Meski Sering Main di Tanah

Terungkap! Alasan Kenapa Anak Tetap Sehat Meski Sering Main di Tanah

Halodoc, Jakarta – Sebagian besar orangtua tampaknya masih terjebak dengan konsep “serba bersih” dalam mendidik anak. Hal itu terlihat dari banyaknya orangtua yang kerap melarang Si Kecil aktif bermain terutama di tempat yang kotor, seperti bermain di taman yang penuh dengan tanah.

Padahal pengalaman bermain di luar ruangan adalah hal yang dibutuhkan anak. Malahan kebiasaan bermain tanah disebut bisa membuat anak menjadi lebih sehat, lho. Kok bisa?

Saat tubuh anak dipenuhi kotorngan seperti debu, tanah atau sekadar sisa makanan, biasanya ibu akan cenderung histeris dan berusaha membersihkannya agar anak bebas dari paparan kuman. Padahal kebiasaan itulah yang bisa memicu anak menjadi rentan terhadap penyakit dan alergi.

Sebab tubuh yang jarang berinteraksi dengan bakteri atau mikroba, organisme, dan lainnya memiliki sistem kekebalan yang rendah. Karena kekebalan tak memiliki cukup pengalaman dalam menjaga tubuh dan mencegah penyakit. Sejumlah ahli bahkan menyebut anak yang sering terpapar organisme yang beranekaragaman pada tumbuhan, tanah dan tanaman bisa mengurangi kemungkinan terkena alergi.

Bermain di luar ruangan juga sangat bermanfaat untuk perkembangan Si Kecil. Tak hanya pada tubuh, bermain di taman juga bisa membantu mengembangkan kemampuan melihat anak serta menjaga kesehatan mata buah hati.

Tapi ibu tetap harus berhati-hati dan memastikan anak tidak mendekati bahaya saat di luar ruangan, ya. Sakit pada anak adalah hal yang wajar namun harus tetap waspada. Pakai Halodoc untuk bicara dengan dokter saat ada masalah dengan kesehatan anak. Halodoc juga bisa dipakai untuk beli obat dan merencanakan cek laboratorium. Ayo download segera!