Terungkap! Fakta Seputar Morning Sickness

Terungkap! Fakta Seputar Morning Sickness

Halodoc, Jakarta — Lebih dari 50% wanita hamil mengalami morning sickness. Morning sickness adalah mual-mual yang dirasakan di pagi hari di tahap awal kehamilan karena meningkatnya hormon di dalam tubuh. Menurut beberapa dokter, morning sickness adalah pertanda bahwa plasenta berkembang dengan baik. Morning sickness ini bisa diikuti oleh muntah-muntah. Rasa tidak nyaman inilah yang memicu banyak wanita hamil mencari banyak cara untuk mengatasi morning sickness.

 

Supaya tidak memperparah morning sickness, hindari berbaring setelah makan. Langsung berbaring setelah makan bisa mempermudah naiknya asam lambung ke kerongkongan. Tidak hanya itu, berbaring setelah makan tidak menyehatkan karena mudah meningkatkan berat badan dan bisa membuatmu gampang mual.

 

Biasakan juga untuk tetap makan, meskipun kamu tidak bisa makan atau tidak ingin makan karena perut yang terlalu lama kosong akan membuat mual. Makanya, daripada perut kosong, lebih baik makan dengan porsi kecil tapi sering untuk menjaga supaya perut selalu terisi.

 

Di masa kehamilan awal ini, sebaiknya kamu juga menjauhi makanan pedas, baik memasak maupun mengonsumsinya. Bau cabai yang menyengat dan pedas dapat menstimulasi rasa mual dan memperparah morning sickness. Kalau kamu merasa bahwa kondisi ini cukup parah dan mengganggu aktivitasmu sehari-hari, bicarakanlah dengan dokter mengenai cara yang tepat untuk mengatasinya melalui voice/video call dan chat saja di aplikasi.

 

Kondisi morning sickness yang parah, seperti muntah-muntah, berat badan berkurang dan kadang juga disertai gangguan elektrolit, bisa jadi adalah indikasi hyperemesis gravidarum. Hyperemesis gravidarum yang masih ringan dapat diobati dengan mengendalikan pola makan, istirahat cukup dan pemberian obat antacid.

 

Mengatasi morning sickness bisa kamu lakukan dengan mengonsumsi vitamin/obat dari dokter dengan membelinya di Halodoc – aplikasi kesehatan yang memudahkan kamu. Cek laboratorium juga bisa dilakukan hanya dari dalam rumah. Tunggu apalagi? Unduh Halodoc sekarang di Play Store atau App Store, ya!.